Inilah Cara Mengubah Sales In-Person Menjadi Virtual di Tahun 2021

Inilah Cara Mengubah Sales In-Person Menjadi Virtual di Tahun 2021

PENULISKONTEN.ID - Sekarang penjualan dengan metode tatap muka mulai berubah ke arah virtual. Alasannya karena adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta masalah pandemi corona saat ini. Perubahan cara penjualan ke online ini perlu dilakukan untuk berbagai bisnis, terutama saat new normal.

Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa penjualan dengan tatap muka sangat penting. Beberapa transaksi yang dilakukan harus melalui pertemuan langsung antara Anda dengan klien. Sebab, dari pertemuan tersebut, Anda bisa menjelaskan banyak hal dengan baik. Selain itu, Anda bisa menarik perhatian klien dari mimik wajah, gestur tubuh dan lainnya.

Karenanya, saat corona terjadi mau tidak mau pertemuan ini harus dilakukan secara virtual baik itu video call, zoom, Google Meet, dan lainnya. Bisnis dengan model yang mengharuskan tatap muka seperti asuransi akan memiliki kesulitan tersendiri. Karenanya industri ini harus memakai teknik marketing online yang sedikit berbeda sehingga pesan yang ingin dipaparkan dapat disampaikan dengan baik.

Selain itu perubahan dari in person menjadi online bisnis bisa membuat para salesman menjadi kurang nyaman. Pasalnya, teknik sales yang ada harus disesuaikan kembali, dan hal ini tidak menjamin penjualan akan meningkat atau sama baiknya seperti sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengubah Model Penjualan In-person Menjadi virtual?

Perubahan model penjualan (sales) ini mungkin sulit bagi beberapa jenis industri. Tetapi, hal ini tidak mustahil. Anda bisa melakukan sales meeting secara online dengan strategi dan cara yang baik. 

Berikut beberapa cara mengadaptasikan proses salesmu sekaligus membangun kepercayaan klien tanpa harus bertemu langsung, yaitu:

Manfaatkan Media Sosial secara Maksimal

Para ahli berpendapat bahwa sales in person sebenarnya tidak akan pernah hilang. Hal ini memang benar karena feeling ketika bertemu langsung dengan klien tentu berbeda ketika melalui Zoom. Namun, sales di masa depan mengedepankan metode mobile sehingga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Jadi, pemakaian teknologi dalam dunia sales harus melalui penyesuaian tertentu.

Masyarakat akan terus memakai smartphonenya baik itu untuk komunikasi, mencari informasi, hiburan dan lain-lain. Tapi hampir setiap pemakai smartphone akan menggunakan media sosial. Anda bisa melakukan promosi, kampanye penjualan melalui media sosial. 

Manfaatkan platform media sosial yang ada sehingga bisnis Anda mudah dikenal sehingga mendorong penjualan.

Pasang Trademark di Setiap Konten

Cara lain untuk mengubah bentuk sales ke virtual adalah dengan membuat trademark bisnis, baik berupa logo atau desain grafis lainnya di setiap konten yang dibuat di media sosial. Cara ini tidak hanya menghindari plagiasi akun lain tapi juga menunjukkan profesionalisme. Karenanya, trademark dapat membantu diri Anda saat meeting online dengan klien sehingga meninggalkan impresi yang baik kepada klien tersebut.

Konten ini bisa menjadi bagian dari marketing dan membantu kegiatan sales yang lebih efektif. Karena trademark yang dipasang akan membuat bisnis Anda mudah dikenal.

Berikan Nilai Tertentu

Orang-orang sales selalu berupaya untuk menjelaskan nilai produk ataupun layanan yang akan ditawarkan kepada customer. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara untuk sales online, baik itu melalui artikel, video, infografis, dan lainnya.

Mengetahui nilai lebih dari layanan dan produk Anda akan membuat calon pelanggan tertarik dan akan memperhatikannya dengan lebih baik. Cara lainnya adalah dengan membuat tools, panduan atau workbook yang bermanfaat bagi klien atau customer tertentu. Karena ketika mereka merasa terbantu dengan tools yang Anda buat maka brand yang dimiliki akan semakin mudah dipahami dan dikenal.

Anda dapat mengenalkan produk dan tools ini, baik itu di website dan berbagai platform media sosial. Pastikan isi konten di media sosial dan website sama, agar pelanggan Anda tidak bingung. Selain itu konten yang sama akan menunjukkan bahwa bisnis ANda konsisten, memberikan info yang valid, terpercaya, sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Oleh karena itu, bangunlah sistem sales secara online dengan lengkap dan baik. Selain itu selalu berikan nilai lebih di depan baik berupa keuntungan memakai dan kelebihan bisnis Anda yang dapat membantu pelanggan.

Mendengarkan dan Berempati

Berbagai strategi penjualan dari berbagai bisnis banyak yang terhambat selama pandemi corona berlangsung. Hal ini kemudian berdampak panjang terutama untuk ekonomi. Seorang sales yang baik harus selalu mendengarkan kebutuhan customer walaupun hal ini akan membuat keputusan bisnis menjadi terhambat.

Karena yang terpenting adalah menjaga relasi, dan hal ini akan mudah dicapai jika kamu mau mendengarkan dan berempati terhadap masalah mereka. Mendengarkan keinginan klien dan mampu menyelesaikan masalah mereka tidak hanya baik untuk penjualan saat ini, tapi untuk jangka panjang.

Dampak positif lainnya adalah pelanggan tersebut kemungkinan besar akan memakai jasa atau produk Anda kembali karena mereka merasa puas. Ada kemungkinkan brand Anda direkomendasikan langsung kepada rekannya yang lain sehingga merek bisnis Anda tersebar dengan baik bahkan tanpa harus melakukan pemasaran yang intensif.

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?