10 Alasan Mengapa Desain Grafis Penting untuk Mengembangkan Usaha Kecil

10 Alasan Mengapa Desain Grafis Penting untuk Mengembangkan Usaha Kecil


PENULISKONTEN.ID - Setiap bisnis tentu memiliki logonya masing-masing. Mengapa? Karena logo ini bisa menjadi identitas atau pembeda bagi pemilik bisnis lainnya. Karenanya, jika Anda pemilik bisnis baru, maka sebaiknya, segeralah memiliki desain logo. Anda bisa membuatnya sendiri, atau hubungi mereka yang menyediakan layanan desain grafis untuk keperluan branding.

Desain grafis memang berperan sangat penting dalam pengembangan bisnis--seberapa pun skala bisnisnya, karena dengan desain grafis, Anda dapat membuat berbagai alat penunjang marketing dalam bentuk brosur, flyer, billboard, situs, media sosial, dan lainnya. 

Jika Anda masih kurang yakin, maka ketahuilah 10 alasan mengapa desain grafis sangat penting untuk setiap usaha yang Anda miliki saat ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Beberapa bisnis terkenal seperti Nike, McDonald, KFC, dan merek terkenal lainnya telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Hal ini terjadi karena logo mereka telah dikenal baik oleh masyarakat dunia. Inilah satu alasan mengapa desain grafis sangatlah penting.

Anda bisa menyampaikan pesan dari desain logo yang dimiliki. Semisal Toyota dengan desain sederhananya ternyata memiliki makna nama brandnya sendiri “TOYOTA” jika Anda lihat dengan teliti. 

Jika logo ini dikembangkan dengan baik maka banyak orang akan mengenali merek Anda, walaupun mereka tidak tahu produk apa saja yang Anda sediakan.

2. Menghemat Waktu dan Uang untuk Jangka Panjang

Desain logo atau brand yang baik jika diikuti dengan marketing yang terencana akan membuat bisnis Anda semakin mudah diingat dan dikenal. 

Namun, tidak setiap logo bisnis berjalan dengan baik. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya karena salah desain, tidak tepat dalam pemilihan warna, dan lainnya. Akhirnya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membuat desain logo yang baru.

Namun, desain grafis yang baik akan membuat usaha Anda berjalan dengan lancar. Sebab, setelah brand mudah diingat, maka biaya untuk promosi juga akan berkurang dan bisa dialokasikan untuk lini lainnya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengenalkan produk baru akan semakin mudah, dan cepat mencapai sasaran pasar yang Anda inginkan.

3. Membangun Identitas Brand Secara Visual

Identitas sebuah brand biasa dilihat dari warna, font, elemen grafis, logo dan gaya fotografi yang digunakan. Mengapa hal ini penting? Karena audiens akan semakin mudah mengenali brand dan produk yang dihasilkan dari desain logo yang baik. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan kepada customer sebagai brand yang terpercaya.

4. Meningkatkan Moral, Kebanggaan, dan Produktivitas Pegawai

Brand bisnis besar yang terpercaya seperti Aqua, Nike, Channel, dan lainnya dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi karyawannya. Sebab, brand profesional yang terkenal identik dengan kualitas dan kepercayaan dari customer. 

Kebanggaan ini kemudian berdampak pada peningkatan moral dan produktifitas sehingga brand tersebut akan terjaga nilainya di mata pegawai dan pelanggan.

5. Membuat Brand Lebih Menonjol dalam Kompetisi

Bisnis merupakan kompetisi yang tiada habisnya. Karena Anda harus berjuang melakukan yang terbaik dari pesaing lainnya untuk memuaskan para konsumen. 

Namun, dengan desain grafis atau logo yang baik, Anda bisa terlihat lebih menonjol dari pesaing lainnya untuk lini bisnis yang sama. Anda akan dikenal lebih mudah dan hal ini adalah sebuah keuntungan tersendiri. Anda memiliki peluang untuk menguasai market share tertentu dari bisnis yang dilakukan.

6. Memperkuat Profesionalisme

Berinvestasi pada desainer grafis yang baik agar dapat menyampaikan pesan tertentu harus dilakukan dengan serius.

 Logo desain perusahaan yang baik secara estetika akan dinilai sebagai perusahaan yang menjalankan kegiatan bisnisnya sehari-hari dengan profesional. Hal ini memiliki nilai yang besar dan dapat menjamin pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

7. Meningkatkan Keterbacaan, Pengaturan, dan Penyampaian untuk Konten yang Berat

Desain grafis tidak hanya baik untuk pembuatan logo bisnis, tapi juga bisa digunakan untuk membuat infografis. Infografis ini berguna untuk menyampaikan poin-poin penting dari yang Anda kampanyekan baik itu presentasi bisnis dan lainnya.

Dengan satu atau beberapa desain infografis yang menarik, Anda bisa membuat para audiens paham dalam waktu yang singkat. Selain itu, menyebarkan infografis di internet sangat mudah sehingga bisa menjadi agenda promosi brand untuk entitas bisnis manapun.

8. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Bisnis yang baru dibangun biasanya berusaha untuk membangun image bisnisnya agar dapat dipercaya dan diterima dengan mudah. 

Anda bisa melakukan hal ini dengan baik, tertata, dan dengan elegan, melalui desain logo. Logo ini akan mendorong customer untuk mengenal dan membeli produk buatan Anda kelak.

9. Memiliki Kemampuan Persuasi yang Kuat

Desain grafis yang baik dapat memberikan persuasi yang kuat kepada pembacanya. 

Contohnya saja poster paman SAM dengan teks “WE WANT YOU FOR US ARMY yang berisi ajakan kepada masyarakat agar mau bergabung menjadi tentara USA. 

Anda juga bisa memikirkan desain grafis beserta teks yang memberikan efek persuasi kepada customer untuk menunjang perkembangan bisnis yang dibangun.

10. Menceritakan Sejarah Bisnis Anda

Desain grafis yang dibuat dengan baik bisa memberikan cerita di baliknya dengan lebih efektif. 

Anda bisa memilih warna, bentuk huruf dan desain khusus untuk memberikan kesan atau kisah tersendiri. Customer sangat peduli akan hal ini dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk Anda.

Karena itu buatlah desain logo Anda dengan baik agar dapat memberikan pesan khusus yang bermakna bagi para customer. Dengan demikian customer akan terus berdatangan sehingga bisnis Anda akan lebih sustain.


Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk menyebarkan brand awareness bisnis Anda ke pasar yang lebih luas? Penuliskonten.id dapat membantu Anda.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?