9 Tip Menyusun Strategi Pemasaran Produk untuk Toko Online Pemula di Instagram


Saat ini, banyak orang maupun perusahaan menggunakan Instagram untuk strategi pemasaran produk mereka. Belakangan ini Instagram mengalami perubahan yang signifikan, yaitu tersedianya fitur instastory dan juga IGTV. Adaya fasilitas tersebut tentunya lebih memudahkan para seller online shop untuk bisa mengoptimalisasi penjualannya.

Menurut penerlitian, dapat disimpulkan bahwa:

  • 83% pengguna mengatakan Instagram membantu mereka menemukan produk dan layanan baru.
  • 81% mengatakan mereka meneliti produk atau layanan di Instagram.
  • 80% akhirnya memutuskan apakah akan membeli produk atau layanan dengan bantuan Instagram.

Statistik ini tidak hanya menyoroti betapa pentingnya Instagram untuk membeli produk, tetapi juga pentingnya mencari tahu cara menggunakannya untuk menjual produk Anda!

Dan jangan salah, para pengguna Instagram ini akan mengambil langkah setelah melihat produk yang dicari, langkah-langkah pengguna sebagai berikut:

  • 79% mencari informasi lebih lanjut.
  • 65% mengunjungi situs web atau aplikasi merek.
  • 46% melakukan pembelian secara online atau offline.
  • 37% mengunjungi toko ritel.
  • 31% mengikuti akun merek secara online.
  • 29% berbicara dengan seseorang tentang itu.

Berjualan di dunia maya memang akan terasa berbeda. Para pelaku usaha, baik bisnis online atau offline diperlukan strategi pemasaran produk khusus agar produk yang dijual sampai pada target pasar yang sesuai.

Jika Anda saat ini sedang merintis usaha lewat media sosial Instagram, berikut ini  9 Tip menyusun strategi pemasaran produk untuk toko online pemula di Instagram!

Ready to stop puzzling and start profiting? Let’s get to it!

1. Membuat Akun Bisnis untuk Berjualan


Anda bisa membuat kesan profesional melalui akun Anda. Jangan pernah menampilkan hal bersifat personal di akun ini, karena akun bisnis Anda ini, untuk strategi marketing Instagram bisnis Anda. 

Anda harus mengubah akun Instagram ke fitur bisnis. Sejak Mei 2016, Instagram mengumumkan bahwa mereka merilis Instagram for Business. Fitur ini bisa membuat sebuah profil bisnis gratis. Akun Instagram bisnis akan memberikan banyak keuntungan untuk strategi marketing Instagram Anda, seperti tersedianya fitur insight dan promote yang bisa Anda gunakan untuk mengukur performa bisnis dan strategi pemasaran produk di Instagram.

Insight

Insight memuat tentang informasi penting, seperti tingkat engagement, impression, dan reach. Data yang ditampilkan pada fitur ini bisa anda gunakan dalam menentukan konten yang tepat untuk jualan di Instagram. Adanya informasi ini, Anda bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behaviour) dan demografis audiens Anda. Maka dari itu, Anda bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audiens Anda.

Promote

Anda bisa menggunakan iklan untuk strategi pemasaran produk dengan konten yang memiliki tingkat engagement tinggi. Beriklanlah dengan konten yang mempunyai engagement yang tinggi. Anda bisa memilih target audiens dan biasanya Instagram akan menyarankan target audiens untuk Anda. Tentunya ini menguntungkan, karena setiap biaya yang Anda keluarkan untuk beriklan di Instagram tidak akan sia-sia.

Impression and Reach

Anda perlu melihat data dari impression and reach untuk strategi pemasaran produk di Instagram. Impression menyajikan data tentang seberapa banyak konten Anda dilihat oleh audiens, sementara reach menyajikan data tentang seberapa banyak audiens yang mengekspos konten Anda. Jika pada akhirnya mereka tidak mengikuti akun Anda, setidaknya konten yang disajikan membuat mereka penasaran. Nah ini lah yang dinamakan brand awareness. Meningkatkan brand awareness sangat penting dilakukan jika Anda ingin menghasilkan keuntungan melalui pemasaran online.

2. Visual yang Menarik dan Konsisten

Strategi pemasaran produk di Instagram dengan memang menggunakan foto dan video, upayakan untuk menyajikan konten visual berupa foto atau video yang menarik. Platform ini sudah menyediakan fitur filtrasi digital, Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar tampilan akun lebih menarik. Menggunakan filter yang sama di semua foto akun Instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh followers Anda.

Untuk membuat visual yang konsisten, Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti Snapseed, Lightroom, VSCOcam, Enhance, dsb. Aplikasi ini menyediakan filter dan pilihan editing yang bisa membantu Anda menemukan style yang sesuai dengan produk Anda.

3. Jangan Remehkan Caption dan Teknik Copywriting

Menulis caption foto merupakan salah satu strategi pemasaran produk Anda agar berhasil dan banyak dilihat. Caption merupakan informasi mengenai foto yang di unggah. Tuliskan deskripsi dari produk Anda, misalnya jenis bahan baku produk, rasa, harga, dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda mempelajari teknik copywriting yang menjual, agar lebih banyak mendatangkan audiens. Anda bisa menggunakan copywriting khusus yang ditujukan untuk caption Instagram jualan Anda. Buatlah konten berkualitas yang menyajikan informasi yang diperlukan banyak orang, yang pada akhirnya dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dari strategi jualan di sosmed yang anda lakukan

4. Waktu Posting

Mempunyai waktu posting yang rutin tanpa mengganggu followers Anda dengan update yang berlebihan merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk strategi pemasaran produk Anda . Pilihlah jadwal dengan melakukan di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement paling tinggi. Setelah Anda melihat hasil riset tersebut, Anda bisa membuat list di content calendar atau kalender editorial Anda untuk penjadwalan posting di Instrgram bisnis Anda.

5. Gunakan Hashtag tapi Jangan Berlebihan

Di kalangan pengguna media sosial, hashtag atau tanda pagar (#) sangatlah populer. Tanda pagar ibarat keyword yang akan memudahkan audiens menemukan produk Anda. Menggunakan tagar yang tepat, membuat produk yang Anda jual semakin laris di Instagram.

Upayakan untuk mencantumkan tanda tagar yang sesuai dengan konten Anda. Tanda tagar dapat mendatangkan traffic ke akun Instagram bisnis Anda. Usahakan untuk melakukan riset tanda tagar sebelum memasangnya pada konten yang Anda unggah, ya. Tanda tagar yang tepat mampu memunculkan konten jualan Anda di Instagram pada halaman explore. Sehingga lebih banyak audiens yang melihat konten Anda.

Ingat, jangan pernah memberi tanda pagar berlebihan. Anda akan dianggap sebagai spam oleh sistem. Gunakanlah tanda tagar yang relevan. Anda juga bisa memberi hashtag di Instastory. 

6. Memanfaatkan Instagram Story, Live Instagram, dan IGTV

Sekarang ini banyak orang yang melakukan strategi pemasaran produknya di Instagram menggunakan fitur Instagram Story. Instagram story bisa menjadi fitur yang bagus untuk promosi di Instagram. Anda bisa mengasah kreatifitas dengan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian.

Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan audiens loh. Anda bisa menggunakan fitur live Instagram. Menciptakan engagement langsung dengan followers Anda memang perlu sekali untuk perkembangan bisnis Anda. Anda juga bisa memposting hasil rekaman live tadi di feed. Kalau durasinya melebihi 60 detik, maka otomatis akan menjadi postingan IGTV di feed Anda.

Langkah Anda selanjutnya adalah membuat highlight. Buatlah highlight setelah Anda memposting beberapa produk Anda  di Instagram story. Gunanya, agar customer atau audiens Anda bisa mencari tahu produk Anda yang sudah Anda posting sebelum-sebelumnya tanpa harus skroll ke feed paling bawah, ya. Buat judul sesuai produk yang Anda unggah di Instagram story.

7. Selalu Memakai CTA (Call to Action)

Jual produk Anda di Instagram dengan Call to Action (CTA). Sebanyak 87% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka mengambil langkah setelah melihat informasi produk atau layanan di Instagram. That’s amazing, right?

Saat mereka selesai membaca caption produk Anda, Apakah mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Buatlah CTA sederhana, seperti:

  • "Klik link di bio kami"
  • "Tonton kisah Instagram kami untuk lebih jelasnya"
  • "Geser ke atas"
  • “Tinggalkan komentar di bawah”
  • “Ketuk dua kali jika Anda setuju!”

Anda dapat menggunakan CTA untuk mendapatkan lebih banyak audiens dalam menemukan lebih banyak informasi untuk membeli produk. Sepertli link produk  ke situs web atau toko di marketplace Anda.

8. Make It Happen with Influencer

Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk stategi pemasaran produk yang Anda jual. Cara ini bisa Anda lakukan untuk promosi di Instagram Anda. Pilihlah influencer yang bisa menggaet audiens lebih banyak agar dapat membeli produk Anda. Sesuaikan juga influencer dengan produk yang Anda jual, karena tidak semua influencer mau mempromosikan produk. Mereka juga menyesuaikan sesuai target pasar mereka.

Anda juga harus menentukan budget untuk strategi promosi di Instagram ini, karena setiap influencer mempunyai biaya endorsement yang berbeda-beda sesuai jenis postingan yang dipilih. Misalnya, biaya endorsement untuk upload di Instgram story sebanyak 3 kali akan berbeda dengan biaya endorse yang foto produk di unggah di feed Instagram Si Influencer tersebut.

9. Customer Review

Kepuasan pelanggan menjadi hal utama dalam sebuah bisnis. Apalagi bagi anda yang berjualan di media sosial, khususnya Instagram. Jika Anda mendapatkan ulasan atau testimonial dari pelanggan, sebaiknya Anda mengunggahnya. Cara ini juga berguna untuk menjalin interaksi dengan para pelanggan.

Ulasan positif membuat audiens lebih percaya terhadap produk yang Anda jual. Mengunggah ulasan positif akan mencerminkan bahwa produk yang Anda jual diminati audiens. 

Itulah 9 tip strategi pemasaran produk untuk toko online pemula di Instagram. Faktanya, pengguna Instagram di Indonesia menduduki tertinggi di dunia nomor empat loh. Peringkat ini semakin meningkat setiap tahun, karena pengguna IG tergolong aktif bersosial media. Maka dari itu jualan di Instagram sangat cocok dijalankan oleh pemula.

Hal yang perlu Anda ingat, bahwa pengguna Instagram menghargai konten yang berkualitas tinggi. Buatlah foto dan video yang memberi audiens Anda informasi menarik atau menunjukkan produk Anda dengan cara baru dan unik.

Nah, dari semua strategi pemasaran produk di atas, apakah Anda masih beranggapan bahwa sosial media marketing itu sulit? Mengelola akun Instagram bisnis itu rumit? 

Wajar banget!

Mengelola akun Instagram memang sedikit rumit. Banyak hal detail yang harus diperhatikan demi bisa menjangkau lebih banyak audiens dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan. 

Meskipun begitu, Anda jangan khawatir dong! Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang profesional untuk membantu Anda.

Anda membutuhkan bantuan untuk social media marketing untuk bisnis Anda? PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?