Teknik Menulis Caption Instagram yang Efektif untuk Meningkatkan Engagement

Teknik Menulis Caption Instagram yang Efektif untuk Meningkatkan Engagement


PENULISKONTEN.ID - Setujukah Anda, bahwa kita harus membuat konten Instagram kita semenarik mungkin, dari mulai foto yang cetar hingga menulis caption Instagram yang memancing orang untuk lebih penasaran?

Ya, semua orang tahu kalau Instagram merupakan aplikasi media sosial berbagi foto dengan lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia. Dari semua penggunanya, Instagram memperkirakan ada sekitar 500 juta pengguna aktif setiap hari. Jumlah itu terkumpul dari survei yang terdiri dari berbagai macam orang yang terlibat di Instagram, termasuk para pemilik bisnis. 

Selain sebagai platform media sosial yang populer, Instagram juga merupakan surga pembelanja. Tahukah Anda, kalau 72% pengguna membeli sesuatu yang mereka minati dari instagram? 

Itulah kenapa situs media sosial ini dengan cepat dikenal sebagai tempat untuk mencari orang-orang yang suka belanja, dari barang yang mewah sampai yang kualitas KW.

Karena itu, banyak brand atau bisnis kini memanfaatkan Instagram sebagai media marketing. Anda jugakah?

Kalau iya, Anda tentu pengin tahu, bagaimana teknik menulis caption Instagram yang menarik sehingga efektif untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan Anda kan?

Yes, kalau begitu, ikuti artikel ini sampai selesai ya.

Teknik Menulis Caption yang Efektif untuk Meningkatkan Engagement

Minta Pendapat

Orang-orang sangat suka dilibatkan dalam conversation atau percakapan, terutama jika topiknya kontroversial atau tren. 

So, kalau Anda pengin membuat orang berkomentar di postingan Instagram Anda, maka Anda bisa menulis caption yang memancing jawaban-jawaban yang kontroversial dan memicu percakapan.

Pertanyaan Anda harus singkat dan jelas ya, karena Instagram biasanya memotong teks setelah tiga baris. Pengguna kemudian harus mengklik "read more" untuk melihat sisa keterangan. Hal ini akan kurang bisa "memberhentikan" orang ketika mereka kebetulan sedang scrolling.

Taruh pertanyaan di depan, agar orang-orang lebih cepat merespons. 

Tonjolkan Visi dan Misi Merek Anda Sendiri

Setiap bisnis atau brand--sebesar dan sekecil apa pun--pasti memiliki perbedaan dalam visi dan misi yang menjadi koridor strategi bisnisnya. Jika Anda punya visi misi unik tersendiri yang membedakanmu dari pesaing bisnis Anda, maka angkatlah ini menjadi konten Instagram Anda.

Ketika menulis caption di Instagram, pastikan Anda sering-sering menyebutkan apa idealisme bisnis Anda, dan visi misi merek milik Anda. 

Tanyakan kepada followers, bagaimana pendapat mereka terhadap merek dan produk yang Anda jual sejauh ini. 

Sertakan Call to Action yang Jelas

Fokuslah pada tujuan Anda untuk eksis di Instagram.

Kalau enggak salah, tujuan Anda membuat akun di Instagram pastinya adalah untuk meningkatkan penjualan melalui keterlibatan pengguna, bukan? 

Betul, namun semua (calon) pelanggan potensial itu tidak akan bergerak seperti yang Anda mau, jika Anda tidak mengajak mereka untuk berbuat sesuatu. 

So, pastikan Anda selalu menyertakan call to action saat Anda menulis caption Instagram Anda. Tak hanya di caption juga, Anda juga bisa memasukkan elemen call to action ini di dalam foto Anda. 

Kekuatan Tagging

Cara terbaik lain untuk meningkatkan engagement ialah dengan memberikan tag kepada mereka. 

Berikan tag balik pada mereka yang sudah memberi kita tag. Hal ini akan meningkatkan kedekatan antara Anda dengan para pelanggan Anda. Bahkan cara ini bisa membuat kita mendapatkan pengikut baru, membuat mereka untuk meng-klik tautan, dan terlibat lebih jauh lagi dengan postingan kita. 


Nah, dari semua strategi menulis caption Instagram di atas, apakah Anda masih beranggapan bahwa digital marketing itu sulit? Mengelola akun Instagram bisnis itu rumit? 

Wajar kok, jika Anda berpikir demikian. Mengelola akun Instagram memang sedikit rumit. Banyak hal detail yang harus diperhatikan demi bisa menjangkau lebih banyak orang dan akhirnya bisa meningkatkan penjualan. 

Meskipun begitu, jangan khawatir, Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang profesional untuk membantu Anda.

PenulisKonten.id menyediakan jasa menulis caption Instagram yang engaging, dengan struktur kalimat yang enak dibaca dan related to people, pun selalu memiliki call to action yang dapat memancing seseorang untuk berkomentar, memberi like, ataupun share konten.

Anda ingin dibantu oleh PenulisKonten.id?

0 komentar

Apa pendapat Anda?