Panduan Menulis Konten Web yang Efektif

Panduan Menulis Konten Web yang Efektif


Fakta: Ada terlalu banyak konten yang terlalu tak enak dibaca di internet. Ini nyata, karenanya menulis konten web yang efektif itu butuh ketrampilan khusus.

Nah, dalam rangka mengurangi keberadaan konten kurang berkualitas tersebut, ini dia sedikit panduan untuk menulis konten web yang efektif. 

Efektif dalam hal apa? Untuk menjangkau pembaca yang menjadi target pasar Anda. Yuk, simak sampai selesai ya.

Langkah Panduan Menulis Konten Web

1. Buat headline yang mudah diingat

Buatlah artikel dengan judul dan isi yang mudah diingat dan dengan mudah dapat dimengerti oleh semua orang. 

Gunakan kosakata yang jelas dan simpel. Jangan ingin terlihat pintar, tetapi nyatanya malah membuat tulisan yang sulit dipahami. Juga perhatikan penulisan yang baik, serta jumlah kata yang tidak terlalu panjang dalam satu kalimat. 

Anda pasti tahu kan, kalau netizen kita ini bukan orang yang suka baca konten terlalu panjang. 

2. Opening memegang peranan penting

Mulailah dengan hook pada opening. Seratus kata pertama adalah bagian yang paling krusial dari konten sebuah web.

Pembuka konten yang menohok akan membuat mereka mau menyimak konten sampai akhir. Rangsanglah rasa ingin tahu mereka, kenapa mereka harus membaca sampai selesai. 

3. Atur poin-poin pentingnya

Dalam menulis konten web, Anda bertugas untuk memandu orang-orang agar dapat memahaminya dengan baik. 

Supaya pesan yang ingin disampaikan produk tersampaikan dengan apik, Anda perlu mengatur poin-poin penting lebih dulu sebelum menjabarkannya dalam sebuah kalimat. Setelah itu, tulis konten berdasarkan poin-poin tersebut. 

4. Urut dan runut

Dalam menulis konten web, ada kronologi atau struktur urutan tertentu yang harus dipenuhi, agar pesan konten kita sampai kepada pembaca dengan baik. 

Bagaimana urutan yang baik, tentu saja tergantung pada bahasan yang sedang Anda tulis. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali, informasi mana yang harus disampaikan lebih dulu, dan mana yang belakangan.

5. Bahas secara mendalam dengan pas

Tak ada standar konten web yang pasti; panjang, pendek, berapa kata yang paling baik, dan seterusnya. Semua tergantung pada kedalaman topik dan lengkapnya informasi yang bisa disajikan.

Jadi, jangan memanjangkan konten pendek, dan jangan memendekkan konten panjang. Sampaikan pada pembaca, apa yang perlu disampaikan, selengkap mungkin, semendalam mungkin. Sehingga, ketika pembaca keluar dari situs Anda, mereka merasa puas dan tak perlu datang ke situs-situs lainnya.

6. Tambahkan ilustrasi

Menambahkan ilustrasi gambar pada konten web bisa meningkatkan minat baca (calon) pembaca Anda. 

Konon, otak manusia dapat menerima 60.000 kali lebih baik, ketika informasinya disajikan dalam bentuk visual. So, enggak ada ruginya jika Anda menambahkan berbagai macam konten visual untuk mendampingi konten tulisan di web Anda. Bisa berupa foto-foto, ilustrasi vektor, infografis, memes, bahkan video juga termasuk dalam konten visual ini.

Konten visual seperti ini akan memperkaya konten web Anda secara keseluruhan.

7. Atur kenyamanan membaca

Headline yang menarik dan opening yang hooking harus diikuti dengan paragraf yang nyaman untuk dibaca. 

Bicara soal paragraf berarti juga bicara soal susunan kalimat. Agar pembaca web Anda tidak lelah, upayakan paragraf yang Anda tulis pendek-pendek saja. Hal yang sama juga perlu diterapkan pada kalimat di setiap paragraf. Agar pembaca menjadi lebih nyaman lagi gunakan subheading, atau subjudul yang akan membantu mereka lebih paham mengenai konten yang Anda buat. 

Nah, begitulah langkah-langkah panduan menulis konten web yang efektif mendatangkan pembaca.

Apakah hal ini sulit bagi Anda? Jika ya, Anda sebenarnya tak perlu khawatir kok. Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang lebih profesional untuk mengerjakan tugas Anda ini. Salah satunya adalah PenulisKonten.id.

0 komentar

Apa pendapat Anda?