9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Instagram merupakan salah satu platform media sosial dengan jutaan pengguna aktif di Indonesia bahkan di dunia, tak terkecuali Instagram Bisnis untuk menjual produk. Instagram sendiri merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan vidio pada jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Dikarenakan pengguna aktifnya yang begitu besar, kini Instagram tidak hanya dapat digunakan sebagai media interaksi sosial antar individu saja. Namun kini instagram dapat dimanfaatkan menjadi Instagram Bisnis, yaitu untuk wadah jualan di Instagram yang berinteraksi antara merek  dengan konsumennya. Tampilan yang berbentuk palaroid foto dan vidio,  memudahkan sebuah merek produk untuk membagikan katalog produk di Instagram.

Jika Anda jualan di Instagram, sebaiknya menggunakan Instagram Bisnis, dimana Anda diharuskan untuk mengisi konten yang menarik pada akun Instagram Bisnis Anda. Konten yang menarik, akan mengundang para pengguna Instagram untuk mengunjungi akun Instagram bisnis Anda. 

Selain teknik copywriting yang kreatif dan menarik pada caption foto dan konten Anda, berikut ada beberapa tujuan dari membuat konten kreatif dan menarik untuk konten Instagram Bisnis prduk Anda, diantaranya:

  • Meningkatkan followers
  • Membuat followers Anda lebih familiar dengan produk dan merek Anda
  • Meningkatkan daya beli konsumen
  • Menambah kepercayaan calon pembeli
  • Memberikan manfaat lebih kepada konsumen dan followers

Tetapi membuat konten yang menarik sendiri tidaklah mudah. Diperlukan ide-ide kreatif yang membuat tertarik para pengguna Instagram lainnya. Tak sedikit merek yang berhenti mengisi konten pada akun Instagram Bisnis nya karena kehabisan ide, yang pada akhirnya menyebabkan kalah bersaing. Maka dari itu, Anda diharapkan bisa mengelola akun Instagram Bisnis Anda secara baik, ya.

Maka berikut ini 9 ide konten Instagram Bisnis yang bisa Anda coba!

1. Quotes

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Quotes merupakan salah satu konten yang paling sederhana namun dapat membangun engagement dan menginspirasi audiens di Instagram Bisnis Anda.

Konten ini sendiri sebenarnya berfungsi hanya sebagai konten pengisi agar akun Instagram Bisnis Anda tidak terlalu monoton kepada produk yang Anda jual saja. Maka dari itu, dianjurkan untuk digunakan secara bergilir.

Quotes dapat Anda buat menggunakan aplikasi Canva atau aplikasi typography. Jangan lupa mencantumkan penulisnya, ya!

2. Video Tutorial

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Tutorial video merupakan konten yang menunjukkan cara penggunaan dengan detail step by step. Tutorial video cukup populer terutama di industri kecantikan seperti tutorial make up atau industri home décor seperti tutorial merakit rak. Biasanya tutorial video ini digunakan agar produk yang Anda jual di Instagram Bisnis Anda semakin meningkat. Cara menggunakan suatu produk biasanya akan menarik minat dari followers.

3. Gunakan BTS (Behind The Scene)

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Untuk semakin mendekatakan diri dengan followers di Instagram Bisnis, Anda bisa juga mengunggah konten (foto atau video) behind the scene dari produk atau jasa yang Anda sediakan. Contohnya sebagai berikut:

  • Anda menjual homemade cookies, Anda bisa mengunggah behind the scene saat proses baking atau mendekorasi cookies.
  • Anda memiliki usaha home décor, Anda bisa mengunggah bts salah satu proses pembuatan house shelf di bagian produksi.

4. Kuis dan Giveaway 

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Ide konten untuk Instagram Bisnis Anda dengan membuat kuis ataupun giveaway, dimana ide konten ini sangat berguna untuk membangun awareness, engagement hingga penambahan followers. Biasanya akan dibuat syarat dan ketentuan untuk mengikuti sebuah giveaway. Syarat dapat berupa mengisi komentar, follow akun Instagram yang diberikan, tag teman, dsb. Jika yang mengikuti giveaway terlalu banyak orang, pilihlah  pemenang giveaway menggunakan tools seperti random comment picker.

5. Membuat Konten Informatif Produk Anda

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Ide satu ini mungkin yang sering Anda lakukan bukan?, yaitu mengunggah foto-foto produk dan jasa yang bisnis kalian tawarkan. Terdengar basic sih, tetapi informasi ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasakan di tiap fotonya ya, karena tim Anda pasti sering melihat foto-foto katalog di Instagram yang tidak ada caption lengkap, bahkan sering dibiarkan kosong. Kalau tidak ada informasinya, bagaimana orang lain bisa tertarik membeli?

6. Foto dengan Kualitas dan Resolusi yang Bagus

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Instagram merupakan platform media sosial berbasis gambar. Gambar dengan visual baik tentu akan menarik lebih banyak perhatian. Tempat instagramable dan tone foto warna, dapat menjadi unsur dalam menciptakan high quality pictures. Konten seperti ini biasa berguna di bidang industri kreatif seperti travel, fashion, desain, home decor dsb.

7. User-Generated Content (UGC)

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!


User Generated Content (UGC) adalah konten yang dihasilkan dari user atau pengguna. UGC merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan dengan audiens. Konten ini memberikan rasa yang spesial dan keterikatan pada pengguna. Konten seperti ini juga dapat mendorong pengguna lain tertarik dengan produk yang Anda jual di Instagram Bisnis. UGC tidak sulit untuk dibuat kok. Konten dapat dicari melalui hashtag, tags, mentions ataupun review di blog.

8. Testimoni atau Repost dari Customer

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Kalau kalian sudah mulai mempunyai banyak customer yang memberikan testimoni, tentu hal ini akan mudah dilakukan. Bisa dimulai dari repost foto customer yang sedang memakai produk kalian, atau repost testimoni yang ada di chat messenger. Tentunya konten ini akan membuat calon customer semakin yakin dan percaya kalau bisnis Anda itu terpercaya.

9. Membuat Pertanyaan untuk Konten

9 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Agar Menarik Followers Anda!

Membuat konten pertanyaan adalah salah satu cara terbaik untuk ide konten untuk Instagram Bisnis Anda. Ide konten ini dimana Anda akan berinteraksi dengan followers Anda. Interaksi dengan followers sangat perlu dilakukan oleh penjual, tujuannya agar followers Anda nyaman dan merasa dihargai. Cara berinteraksinya yaitu dengan membalas komentar-komentar yang diajukan oleh followers Anda.

Selain itu, interaksi juga diperlukan untuk menambah kepercayaan followers Anda. Seperti kita tahu, jika kita berinteraksi dengan orang lain seperti mengobrol atau yang lainnya, maka akan terbentuk rasa saling percaya. Hal itu juga berlaku dalam jual beli, jadi Anda bisa mencobanya.

Mungkin Anda perlu contoh seperti apakah konten pertanyaan itu. Contohnya seperti "Warna apa yang kalian suka untuk produk meja terbaru ini ?". Ini bisa Anda Anda posting di Instagram story. Di fitur tersebut, terdapat stiker pertanyaan yang bisa Anda pakai.

9 ide konten untuk Instagram Bisnis yang efektif dan dapat dijadikan konten untuk diunggah di Instagram Bisnis Anda. Jadi jangan hanya posting jualan di Instagram terus ya, Anda harus memberikan service lebih kepada followers Anda.

Jangan khawatir, Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang profesional untuk membantu Anda dalam membuat ide konten untuk akun Instagram Bisnis Anda.

PenulisKonten.id menyediakan jasa membuat ide konten untuk social media marketing Anda.

Anda ingin dibantu oleh PenulisKonten.id?

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?