Ketahui 3 Teknik Digital Marketing yang Bisa Menguntungkan Bisnis Anda

Ketahui 3 Teknik Digital Marketing yang Bisa Menguntungkan Bisnis Anda


PENULISKONTEN.ID - Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah digital marketing. Saat ini kemajuan teknologi memang membawa banyak perubahan pada berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia bisnis.  

Jika dahulu teknik pemasaran konvensional masih mengandalkan baliho, brosur, dan  “teknik marketing door to door” dengan berkunjung ke rumah-rumah untuk menawarkan produk dan memperluas target pasar mereka, kini berbeda. Pada era teknologi yang sudah berkembang pesat seperti saat ini, muncul teknik pemasaran yang dilakukan secara online atau digital. Hanya menggunakan internet, Anda sudah bisa menjangkau dan mendatangkan target pasar yang begitu luas.


Ini dia 3 teknik digital marketing yang wajib dimanfaatkan untuk melejitkan bisnis Anda.

Teknik Digital Marketing Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu komponen penting dalam strategi digital marketing yang tidak boleh Anda lewatkan sedikit pun. 

Ada banyak jenis platform media sosial yang bisa mendukung kelancaran bisnis Anda secara online, bahkan meningkatkan profit perusahaan. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan yang lainnya sesuai dengan target pasar yang Anda inginkan.

Tantangannya, mengelola media sosial tidak semudah kelihatannya yang hanya cukup memposting konten lalu selesai. Anda harus mempersiapkan konten yang bagus pada setiap platformnya, apalagi jika Anda ingin muncul di seluruh media sosial yang tersedia saat ini.

Semakin banyak bisnis Anda muncul di berbagai sosial media memang semakin bagus, tapi tentu saja hal ini juga akan banyak menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga manusia. Sebaiknya, Anda fokus saja dulu ke salah satunya yang Anda rasa paling tepat.

Contohnya, jika Anda ingin menjangkau seluruh target pasar yang ada di Indonesia, Anda bisa gunakan Facebook yang memang menjadi salah satu media sosial paling banyak penggunanya. 

Namun, apakah artinya setiap teknik digital marketing di Facebook sudah pasti akan berhasil? Belum tentu. Semua tergantung dari strategi iklan atau ads yang Anda jalankan. 

Teknik Digital Marketing menggunakan Situs Web

Bisnis yang memiliki situs website diyakini mampu membuat para pelanggannya yakin, bahwa produk bisnisnya berkualitas dan lebih dipercaya. 

Namun, membuat website yang berkualitas itu juga tak semudah yang dibayangkan. Anda harus memikirkan pembuatan desain web yang menarik, konten marketing atau copywriting yang persuasif, dan elemen-elemen yang tersedia di dalamnya.

Website yang menarik dan mudah diakses merupakan salah satu faktor penting agar bisnis Anda bisa  berkembang lebih baik. Terutama yang berkaitan dengan landing page atau sales page yang Anda buat, akan menentukan apakah target pasar Anda akan gets hooked dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kemudahan akses dari perangkat seluler juga loh! Hal ini dikarenakan saat ini lebih banyak orang melakukan pencarian di internet dari smartphone mereka. 

Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO sangat penting diterapkan dalam digital marketing, agar website Anda berada di peringkat pertama di mesin pencarian Google. 

Mengapa SEO penting? Sebab semakin atas peringkat website Anda di mesin pencarian, maka semakin besar juga peluang orang lain akan mengunjunginya.




Penelitian membuktikan, bahwa 95% orang akan langsung saja mengunjungi situs-situs yang tampil di peringkat pertama. Peringkat lain "hanya" kebagian 5%-nya saja.

Google sangat menyukai artikel yang bermanfaat, berisi, dan relevan. Karenanya, Anda harus mengisi website Anda dengan artikel-artikel yang sesuai kriteria tersebut. 

Banyak sekali ya, PR yang harus Anda kerjakan sebagai pemilik bisnis? Tenang, Anda sebenarnya tak perlu melakukan semuanya sendirian kok.

Anda membutuhkan bantuan untuk membuat website dan melakukan digital marketing untuk bisnis Anda? PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.


1 komentar

Apa pendapat Anda?