5 Platform Terbaik yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membangun Personal Branding

5 Platform Terbaik yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membangun Personal Branding


PENULISKONTEN.ID - Membangun personal branding pada era digital saat ini sangat penting dilakukan. Ada banyak situs atau media yang bisa digunakan untuk memfasilitasi dan memperkuat personal branding Anda. Bahkan hampir semua platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan yang lainnya dapat digunakan untuk memperkuat personal branding. Tentu saja kesempatan ini tidak ingin Anda lewatkan bukan?

Sebab, apa pun jenis bisnis atau usaha Anda, membangun personal branding dapat meningkatkan kepercayaan (calon) pelanggan, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis yang sedang dirintis. 

Selain itu, personal branding dibutuhkan sebagai sebuah pembeda, membantu menciptakan koneksi, dan meningkatkan authority. 

Nah, di mana saja Anda bisa membangun personal branding Anda?

Di bawah ini adalah 5 platform yang bisa digunakan untuk membangun personal branding

LinkedIn

LinkedIn merupakan sebuah situs yang sering diandalkan oleh banyak kalangan profesional di dunia. Ada sekitar 575 juta pengguna situs tersebut dari lebih 200 negara dengan 40% pengguna aktif setiap harinya. 

Maka, LinkedIn bukan hanya sekadar tempat untuk mencari pekerjaan saja, tapi lebih dari itu.
Situs ini bisa Anda gunakan untuk membangun dan memperkuat identitas profesional. Bahkan sudah disediakan pula fitur-fitur yang bisa membantu setiap penggunanya untuk membangun personal branding. 

Manfaatkan fitur tersebut untuk memperluas jaringan di seluruh penjuru dunia, menyebarkan konten bermakna, menunjukan karya, hingga produk bisnis Anda.

Anda bisa mulai dengan melengkapi profil LinkedIn dengan menambahkan pencapaian prestasi dan menunjukan jika Anda adalah seorang expert dalam bidang tertentu. Mulailah membangun jaringan dengan bergabung pada sebuah grup, membuat postingan yang menunjukan bahwa Anda memiliki tingkat pemahaman dalam suatu bidang tertentu, mengomentari berbagai postingan. Lalu, berdiskusi dengan banyak orang untuk membangun personal branding Anda!

Facebook

Ada lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap hari di Facebook. Apa pun bisnis atau rencana yang Anda miliki, hampir semua target pasar ada di sana. 

Anda dapat memanfaatkan halaman bisnis (fanpage) Facebook ini dengan mengundang profil pribadi mereka untuk menyukai halaman yang baru Anda buat.

Saat halaman Facebook telah aktif, Anda bisa mulai membuat konten yang sesuai dengan target pasar. Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang sangat bagus untuk meningkatkan brand awareness dan membangun relasi dengan cara meningkatkan followers fanpage.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan iklan Facebook Ads untuk memaksimalkan jangkauannya. Iklan Facebook memberikan opsi yang menjanjikan untuk mendapatkan target ideal yang Anda inginkan berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, dan hobi. 

Untuk memaksimalkannya lagi, pastikan terjadi interaksi secara rutin dengan menyukai dan menanggapi komentar-komentar mereka ya!

Twitter

Mungkin anda akan merasa lebih tertantang saat membangun personal branding di Twitter. Kenapa begitu? Sebab Twitter hanya memberikan 280 karakter untuk setiap tweet yang akan diposting. Walaupun demikian, Twitter juga merupakan salah satu platform terbaik untuk membangun personal branding yang kuat.

Twitter diklaim memiliki pengaruh yang kuat dalam memengaruhi perilaku konsumen dalam memberi barang. Sebanyak 40% pengguna Twitter mengaku sering membeli sesuatu dari postingan yang mereka lihat di Twitter.

Anda bisa mulai membangun personal branding dengan cara rutin mengikuti atau mem-follow akun-akun yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Selain itu, Anda juga bisa ikut serta dalam obrolan yang sedang in atau hangat untuk mendapatkan pengikut baru. Lakukan hal tersebut secara rutin dan konsisten.

Instagram

Instagram merupakan platform media sosial yang banyak menggunakan konten visual berupa foto atau video. Untuk membangun personal branding di Instagram, pastikan Anda membuat konten yang menarik dan kreatif yang relevan dengan keahlian yang dimiliki. 

Posting konten-konten tersebut secara konsisten dengan menambahkan caption berisi informasi penting dan menarik menggunakan hashtag atau tagar yang sesuai.

Untuk membuat feed instagram Anda terlihat menarik, gunakan tema tertentu, sebagai ciri khas Anda, agar terlihat unik dan estetis. Anda juga harus menyempatkan untuk berinteraksi lebih sering dengan membalas komentar orang lain pada setiap postingan. Anda juga bisa ikut terlibat dalam konten orang lain. 
Ingat, kuncinya adalah konsisten saat melakukannya.

YouTube

YouTube bisa menjadi salah satu platform yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, sebanyak 48% pebisnis menggunakan YouTube sebagai salah satu strategi pemasaran mereka. Artinya, kamu juga bisa memanfaatkan platform ini untuk membangun personal branding melalui konten audio visual berupa video.

Untuk memaksimalkan personal branding yang akan Anda bangun di YouTube, pastikan Anda menggunakan kata kunci (keyword) strategis agar mudah ditemukan. 

Berbeda dengan platform lainnya, YouTube ini juga berperan sebagai platform mesin pencari. Sebab itulah, jika Anda ingin sukses membangun personal branding di YouTube, pastikan Anda memiliki niche yang jelas dan selalu memperbarui dan membuat konten relevan.

Anda membutuhkan bantuan untuk membangun personal branding Anda atau bisnis Anda di media sosial. PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?