Ingin Memulai Bisnis di Tahun 2020? Ini yang Harus Anda Lakukan!

Ingin Memulai Bisnis di Tahun 2020


PENULISKONTEN.ID - Kita semua tahu kalau memulai bisnis bukan sesuatu yang mudah. Ketika sedang mulai, kita bisa merasa penuh impian dan harapan untuk sukses. Akan tetapi, di saat yang bersamaan, kita juga menyadari kalau bisnis apa pun bisa mengalami kegagalan. 

Baru kemudian di tahun kelima, barangkali kita baru benar-benar menyadari kalau bisnis yang sudah kita jalankan ternyata gagal. 

Akan tetapi, kekhawatiran ini tidak seharusnya menghentikan ide bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda terus maju, karena faktanya ada begitu banyak bisnis yang berhasil meskipun mengalami kesulitan untuk bertahan di tahun-tahun awalnya. 

Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisnis sukses di tahun pertamanya? Terus terang, tidak ada cara pasti yang berguna untuk mencegah kegagalan bisnis. 

Sebaliknya, ada banyak cara untuk memastikan bisnis kita mencapai sukses.

Berikut adalah 8 cara memulai bisnis pada tahun 2020

Memulai Bisnis

1. Punya Ide Bisnis yang Menguntungkan

Setiap bisnis dimulai dari adanya sebuah ide. Agar bisa menemukan ide bisnis yang tepat, coba untuk tanyakan pertanyaan ini pada diri sendiri:

  • Punya keterampilan dan kemampuan apa?
  • Hobi apa yang bisa kita jadikan profesi? 
  • Apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain sehingga orang-orang bisa mendapatkan solusi dari kita dan belum bisa disediakan oleh pebisnis lain? 
  • Masalah apa yang membutuhkan pendekatan yang berbeda dari yang sudah ada?
  • Produk apa yang bisa kita produksi dengan kualitas yang lebih baik dan bisa dijual dengan harga yang lebih murah daripada produsen lain? 
Terkadang, ide bisnis itu tampak mudah dan biasa saja. Tapi, di saat yang lain, kita akan perlu melakukan pemikian mendalam, apalagi jika mengulik berbagai kemungkinan dan peluang. 

So, take your time untuk merenungkannya. Ide bisnis yang akan Anda putuskan ini bakalan menentukan langkah bisnis Anda di kemudian hari. 

2. Melakukan Penelitian Pasar

Terus terang, nggak setiap ide bisnis layak secara finansial dan bisa diterima pasar. Karena itu, riset pasar penting untuk dilakukan, karena bermanfaat untuk membantu melihat potensi bisnis Anda.

Melakukan penelitian pasar merupakan langkah penting, bahkan seandainya Anda yakin sudah tahu bisnis yang Anda rintis ini akan berhasil. Riset pasar akan dapat membuat ide bisnis Anda menjadi lebih jelas. 

Tuliskan apa saja yang Anda temukan di atas kertas. Lakukan analisis SWOT terhadap diri dan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan, untuk membantu memperjelas target pasar Anda.

Saat melakukan riset pasar, perhatikan beberapa hal penting seperti:
  • Ukuran pasar, seberapa besar orang yang mengalami "masalah" yang kemudian bisa Anda bantu dengan produk atau jasa Anda.
  • Jumlah pelanggan potensial
  • Profil pelanggan ideal 
  • Peluang kompetisi dengan produsen lain
  • Potensi profitabilitas ide bisnis Anda
Untuk mendapatkan semua detail tersebut, Anda bisa melakukan riset online, berdiskusi dengan pengusaha yang sudah lebih dulu berkecimpung dengan industri yang kamu minati, pelanggan potensial, dan konsultasikan potensi bisnis Anda dengan ahlinya. 

Dengan analisis menyeluruh, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana memulai bisnis, terutama dalam hal cara menjangkau pasar hingga mendapatkan keuntungan. 

3. Buat Rencana Bisnis

Selanjutnya, mulai susun rencana bisnis. Perhatikan detail-detail penting seperti: 
  • Ringkasan operasional dan manajemen bisnis Anda
  • Deskripsi bisnis
  • Analisis kompetitif terhadap produk lain yang sejenis
  • Strategi pemasaran
  • Rencana pengembangan
  • Sumber keuangan
Yes, Anda harus bisa merumuskan rencana bisnis Anda sedetail mungkin, karena hal ini akan membantu untuk memberikan gambaran secara lengkap terhadap proses pengembangan bisnis Anda nantinya.

Dokumentasikanlah dengan rapi, sehingga ke depannya bisa Anda manfaatkan untuk mencari investor dan rekanan, jika perlu.

4. Manfaatkan Sumber Daya yang Tepat

Sempatkan waktu untuk upgrade diri secara terus menerus di tengah kesibukan Anda memulai bisnis. Gunakan berbagai sumber daya yang ada untuk membantu Anda menemukan peluang memulai bisnis dan kemudian mengembangkannya. 

Anda dapat belajar dari mana saja, misalnya saja dari:
  • Buku, yang berhubungan dengan pengembangan bisnis yang ada di sekitar Anda. Ambil sarinya dan kembangkan. 
  • Webinar, bergabunglah dengan salah satunya, baik selama masa pendemi bahkan sampai new normal sekalipun. 
  • Seminar bisnis: terutama yang menghadirkan para pebisnis andal yang sudah terbukti sukses di bidangnya.
  • Sharing dengan ahlinya, misalnya follow akun-akun media sosial para pebisnis sukses ataupun akun-akun lain yang sering berbagi ilmu bisnis dan informasi
  • YouTube Channel, yang memberikan ulasan tentang cara memulai bisnis dan mengembangkannya. Ikuti tip-tip yang relevan dengan bisnis yang hendak Anda rintis.
Hal-hal di atas hanya beberapa dari sekian banyak sumber daya di sekitar kita. Dengan melakukan pencarian melalui Google, kita bisa menemukan lebih banyak lagi. Ada begitu banyak artikel yang merekomendasikan tara cara memulai bisnis. 

Mengembangkan bisnis

5. Daftarkan Bisnis dan Urus Proses Hukum Lainnya

Jadikan bisnis Anda berbadan hukum secepatnya. 

Tanpa mendapatkan kekuatan hukum yang tepat, kita berpeluang mendapatkan masalah di kemudian hari yang berdampak buruk pada proses pengembangan bisnis. Salah-salah, pebisnis kita ditutup oleh pihak berwenang karena dianggap sebagai bisnis ilegal. 

Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mengurus bisnis menjadi berbadan hukum:
  • Struktur bisnis
  • Nama bisnis
  • ID pajak perusahaan
  • Lisensi
  • Akun bank
  • Izin
  • Merek dagang, hak cipta, atau paten
Untuk melewati proses ini, barangkali Anda akan membutuhkan pengacara. Jika ya, pilihlah pengacara yang kompeten di bidang ini, dan anggaplah sebagai investasi.

6. Pekerjakan Orang yang Tepat 

Memiliki pengaturan bisnis yang solid sangat bagus. Tetapi tanpa eksekusi yang tepat, rencana itu bisa gagal. Karenanya, untuk menjalankan ide dan rencana bisnis  secara efektif, Anda akan membutuhkan orang-orang yang tepat. 

Mantan presiden Pixar dan Walt Disney Animation Studios, Ed Catmull, pernah mengatakan dalam bukunya, Creativity, Inc. 

"Mendapatkan orang yang tepat dengan chemistry yang pas lebih penting daripada mendapatkan ide yang tepat."
Bagaimanapun, sebuah bisnis dijalankan oleh orang-orang yang bisa menghasilkan ide-ide cemerlang. Seperti misalnya, PenulisKonten.id akan dapat membantu Anda mengeksekusi ide-ide marketing yang customized dan personalized yang sesuai dengan target market, baik di website maupun di media sosial bisnis Anda. Serahkan strategi konten dan marketing pada PenulisKonten.id, dan Anda bisa berfokus pada strategi bisnis yang lain.

7. Pertimbangkan Opsi Pembiayaan untuk Bisnis Anda

Memiliki ide bisnis yang fantastis itu bagus. Tetapi tanpa modal yang memadai, ide-ide terbaik itu bisa saja tinggal ide, tanpa eksekusi dan realisasi.

Kita mungkin bisa memulai bisnis dengan uang pribadi, tapi untuk jangka panjang, kita akan membutuhkan tambahan modal bisnis dari pihak ketiga. Itulah mengapa memikirkan opsi pembiayaan yang tepat sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis. 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil opsi pembiayaan:
  • Opsi pembiayaan seperti apa sajakah yang tersedia?
  • Bagaimana bisnis yang serupa bisa memperoleh pendanaan? 
  • Perusahaan ventura mana yang berinvestasi kepada industri yang kita minati? 
  • Opsi pinjaman bank apa yang tersedia?
  • Apakah ada bantuan atau hibah pemerintah?
Di sinilah, kita perlu membuat rencana keuangan untuk bisnis kita, sekaligus menemukan model laporan keuangan yang tepat. Ingat, bisnis tanpa laporan keuangan berarti hanya berdagang. Enggak ada yang salah dengan berdagang, tetapi berdagang itu hanyalah untuk jangka waktu yang pendek. Untuk bisa menjadi rencana jangka panjang, maka kita harus menjadikannya sebagai bisnis. 

Itulah sedikit ulasan tentang cara memulai bisnis di tahun 2020.

Zaman sekarang, internet bisa menjadi sumber daya yang spektakuler untuk dimanfaatkan! Maka, yuk, singkirkan rasa takut untuk memulai bisnis sendiri. PenulisKonten.id siap membantu Anda!

Selamat mencoba! (Mutaya)

0 komentar

Apa pendapat Anda?