Tren SEO di Tahun 2021: Apa yang Mesti Diperhatikan?

Tren SEO di Tahun 2021: Apa yang Mesti Diperhatikan?


PENULISKONTEN.ID - Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melihat apa yang akan terjadi pada tren SEO profesional di tahun 2021. 

Menurut Lily Ray, SEO Director Path Interactive, strategi SEO yang baik seharusnya dimulai dengan menempatkan diri Anda sebagai pengguna atau user, lalu bertanya pada diri sendiri; apakah konten yang sudah dibuat tersebut layak dan menarik untuk dibaca? Apakah brand yang direpresentasikan dapat dipercaya? Apakah web mudah digunakan, terutama pada ponsel?

Ada banyak hal yang dapat digali ketika kita berbicara tentang tren SEO di tahun 2021. 

So, strategi dan taktik SEO apa yang akan berhasil dan membantu Anda mendominasi di SERP dan mendapatkan lebih banyak pendapatan pada tahun 2021? 

Berikut adalah 10 tren SEO teratas yang perlu Anda ketahui pada tahun 2021, menurut para ahli

Tren 1: Fokus pada Pengguna dan Tujuan Pencarian

Tahun 2021, saatnya fokus pada pengguna dan tujuan pencarian. Meskipun ini tren atau konsep baru, setiap tahun Anda tetap harus fokus pada perilaku pencari atau user, yang dapat berubah setiap waktu. Apalagi setelah tahun 2020, akan banyak perubahan yang berubah dengan cepat. 

Pada intinya, Google dan mesin pencari lainnya merupakan tempat yang dituju ketika seseorang mencari jawaban atas pertanyaan dan tempat untuk mempelajari sesuatu lebih lanjut. 

Website kita akan mendapatkan user experience yang baik, jika kita mampu memahami perilaku user, dan tahu bagaimana cara mereka mencari sesuatu di mesin pencari, dan kita dapat memberikan jawabannya.

Hal ini dapat dilakukan dengan menuliskan meta deskripsi yang sesuai untuk setiap halaman, dan lebih fokus pada pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi dalam SERP.

Menurut Alexander Kesler, analisis data dari history pencarian yang mereka gunakan serta kata kunci apa saja yang ada di halaman yang mereka kunjungi adalah hal yang sangat penting bagi kita untuk memahami tujuan pencarian mereka.

Tren 2: Analitik Pelanggan, Retensi, dan Lifetime Value

Pada tahun 2021, data analitik perilaku akan menjadi hal yang sanga penting. 

Anda sebaiknya memahami pelanggan dengan sebaik-baiknya dan memberikan mereka konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Anda sebaiknya menyediakan layanan pelanggan dan dukungan mandiri yang lebih kuat secara online dengan cara:

  • Membangun sistem customer service yang kuat, untuk memastikan ppertanyaan atau permintaan penting pelanggan dapat diselesaikan melalui artikel-artikel panduan.
  • Pengadaan FAQ, yang harus dibuat dengan UX yang baik, berada di halaman depan, dan sebaiknya halaman tersebut bisa memuat banyak pertanyaan.

Tren 3: Optimasi SERP terhadap Brand

Di tahun 2021, Anda harus mengetahui siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan audien seperti apa yang (akan) Anda layani. 

Google memiliki akses ke begitu banyak informasi tentang riwayat pencarian, email, media sosial, dan jenis informasi pengguna lainnya, untuk kemudian Anda pergunakan sebagai bahan analisis.

So, optimalkan seluruh fitur digital yang bisa Anda miliki dari Google, misalnya saluran YouTube, Google My Business, sampai ke Google Assistant. Optimalkan semua yang bisa Anda miliki dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain di SERP. 

Posisi SERP sangat berhubungan dengan suksesnya SEO, karena user cenderung mengunjungi halaman website Anda jika konten Ada berada di atas pencarian

Tren 4: Optimalkan Page Experience

Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai faktor pemeringkat pada tahun 2021.

Oleh sebab itu, metrik page experience merupakan hal yang penting. Anda harus mencari tahu, bagaimana sebuah halaman dapat membuat user merasa nyaman saat memakainya. Bukan hanya sekadar situs dapat diakses atau ditemukan oleh mesin pencari saja. 

Berdasarkan pendekatan user dan upaya pengoptimalan, fokuslah pada hal-hal berikut:

  • Seberapa cepat dan lancar halaman dimuat?
  • Seberapa cepat responsifkah website Anda?
  • Seberapa mudah navigasinya, terutama di perangkat seluler?
  • Bagaimana keamanannya, terutama di tengah terpaan isu kebocoran data pribadi seperti sekarang ini?

Tren 5: Semua SEO Adalah SEO Seluler

Di tahun 2021, akan semakin banyak orang yang menggunakan perangkat seluler ketimbang desktop. So, konten website Anda harus memiliki kinerja yang baik, terutama jika diakses dari HP atau ponsel. 

Sederhana adalah koentji.

Selain itu, pastikan untuk mempersonalisasi konten dan elemen situs web berdasarkan target pengguna Anda. 

Saat ini Google tak lagi memisahkan faktor pemeringkat pada desktop dan seluler. So, pastikan benar-benar, bahwa website bisnis Anda dapat dengan mudah diakses dari ponsel juga.

Tren 6: Lebih Banyak Otomatisasi

Tren SEO 2021 menunjukkan, bahwa ada kecenderungan kualitas dan kuantitas konten yang dihasilkan AI semakin meningkat drastis. 

Ya, bot-bot akan semakin banyak berkeliaran.

Pastinya, hal ini menjadi tantangan tersendiri, baik bagi Anda maupun bagi si mesin pencari. Otomatisasi lewat bot memang dapat meringankan beban kerja kita sehari-hari, namun ada risiko untuk dianggap sebagai spammers. Dan, Google sudah menabuh genderang perang yang sesungguhnya dengan spammers, karena dianggap mengganggu user experience pengguna.

So, ada baiknya Anda mempertimbangkan lagi, jika hendak menggunakan otomatisasi dengan bot di tahun ini.

Tren 7: Konten Panjang

Tahun 2020 pengunjung di blog dengan konten tulisan lebih dari 2.000 kata secara signifikan mengungguli blog dengan 1.000 kata atau kurang. 

So, mungkin hal ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda manakala Anda hendak membuat artikel-artikel sebagai konten website Anda. Menurut para pakar white hat SEO di luar sana, tren ini akan terus berlangsung, bahkan panjang artikel yang lebih diminati antara 2500-3000 kata.

PenulisKonten.id menyediakan jasa untuk membantu Anda mengembangkan website untuk meningkatkan traffic di tahun 2021 ini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.



1 komentar

  1. Menerapkan SEO ini, susah-susah gampang. Perlu banyak belajar dan eksperimen, soalnya SEO ini sifatnya dinamis.

    BalasHapus

Apa pendapat Anda?