Memenangkan Persaingan Media Sosial di Tahun 2021

Memenangkan Persaingan Media Sosial di Tahun 2021

PENULISKONTEN.ID - Bagaimana peta persaingan media sosial, terutama yang dikaitkan dengan promosi bisnis, di tahun 2021 ini? Mari kita mundur sejenak ke beberapa bulan lalu.

Saat hampir setiap hari orang tidak dapat lepas dengan gadget, pandemi COVID-19 pun menyergap kta.  Pemerintah akhirnya menyarankan agar segala kegiatan dilakukan dari rumah dan mengurangi kegiatan yang menimbulkan kerumunan. 

Menurut Media Indonesia, saat pandemi, ketergantungan terhadap internet meningkat 5 kali lipat. Hal ini terjadi karena segala sesuatu harus dilakukan secara daring, mulai dari bekerja sampai belajar. Untuk mengisi waktu luang, orang juga berselancar di internet. Bahkan, menurut suatu penelitian, puncak gelombang awal COVID-19 pada bulan April membuat orang Amerika menghabiskan 4,3 jam sehari di ponsel mereka sendiri. Studi yang sama menunjukkan, bahwa penempatan iklan untuk perangkat seluler naik sebesar 70% hanya pada paruh pertama tahun 2020.

Tahun 2021 ditandai dengan ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir. Namun, kita tidak boleh terus larut dalam ketidakpastian tanpa berbuat apa-apa. Anda boleh merencanakan mengenai apa yang harus Anda lakukan dan apa yang Anda harapkan di tahun 2021, terutama jika menyangkut bisnis dan kewajiban untuk lebih dekat dengan pelanggan Anda. 

Saat ini, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda tetap dapat dikenali di media sosial, dan pastikan Anda menggunakan strategi yang membantu Anda terlihat lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Untuk unggul dari kompetitor di media sosial dalam tahun 2021, coba ikuti beberapa tip berikut ini.

Peka

Meskipun vaksinasi sudah mulai dilakukan, tapi tak ada yang bisa memastikan, akan segera bisa mengendalikan pergerakan virus corona.

So, jangan mengabaikan dampak yang diakibatkan oleh COVID-19. Salah satu dampak positif dari adanya pandemi tersebut mungkin adalah bertambahnya pelanggan Anda. Jadi, perhatikan jenis konten yang akan diposting di akun media sosial bisnis Anda.

Saat ini, tingkat kelelahan masyarakat telah meningkat. Hal ini akan secara konstan mengubah upaya perlindungan seseorang terhadap COVID-19. So, sesuaikanlah operasional bisnis Anda dengan peraturan yang berlaku.

Misalnya saja, soal jam operasional, dan pastikan protokol kesehatan dilakukan dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, media sosial akun bisnis Anda pun sebaiknya menampilkan sisi yang juga selaras.

Ketidakpekaan kita bisa berbuah menurunnya tingkat kepercayaan pelanggan. Misalnya saja, Anda mengunggah kondisi kafe Anda, ketika para barista dan waiters tidak mengenakan masker. Bisa jadi, saat itu juga, banyak orang urung mengunjungi kafe, karena merasa tidak aman.

Tingkatkan Konten Video 

Menurut survei yang dilakukan oleh Studio Animasi Frantic, video di media sosial tercatat lebih banyak dibagikan ulang daripada posting berbasis teks atau gambar. So, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan konten berbentuk video sebagai upaya pemasaran di media sosial Anda di tahun 2021 jika di tahun 2020 Anda belum sempat menggarapnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cisco juga menyatakan hal menarik. Bahwa di tahun 2021, 80% dari semua lalu lintas internet akan melibatkan video. 

Dibandingkan format lain, pemasaran dengan menggunakan video memang lebih banyak memiliki keunggulan. Salah satunya yaitu penyampaian promosi bisa menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu, video juga dapat menjelaskan pesan dengan lebih baik. 

Jangan lupa, ketika Anda membuat konten video, perhatikan format video dan sesuaikanlah dengan semua profil media sosial Anda. 

Dengan begitu Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk berhasil membujuk penonton konten video Anda menjadi pelanggan Anda. Ada banyak media sosial yang dapat digunakan untuk memposting video, misalnya TikTok, Instagram, Facebook dan sebagainya. 

Supaya video Anda lebih menarik, Anda dapat menggunakan musik, animasi, narasi, dan call to action. Untuk isi konten video, Anda bisa mulai dari testimonial, video penjelasan, hingga teaser untuk produk yang akan datang.

Pastikan Produk Anda Mudah Ditemukan

Manfaatkanlah semua fitur yang sekarang sedang ngehits di media sosial. Seperti misalnya ada fitur shopping langsung, seperti Marketplace di Facebook, atau Store di Instagram.

Sinkronkan dan otomatisasi antara satu platform media sosial dengan yang lain, agar mempermudah operasional dan juga tak membuat bingung pelanggan Anda.

Kalau perlu, coba berlangganan satu platform atau aplikasi yang dapat mengatur semua etalase virtual Anda di media sosial dan marketplace secara terintegrasi. Ini salah satu bentuk investasi yang bagus, demi efisiensi dan efektivitas bisnis Anda.


Itulah beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk menang di media sosial selama 2021 ini. 

Tahun 2021 merupakan tahun yang dapat Anda gunakan untuk merebut hati lebih banyak pelanggan. Pandemi COVID-19 belum tahu kapan akan berakhir. Oleh sebab itu, syukurilah kondisi saat ini, dan manfaatkanlah semua yang ada, demi bertahan. 

Hubungi Penuliskonten.id untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih lancar dengan memanfaatkan media sosial secara lebih maksimal.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?