Mobile Friendly vs Mobile Responsive

Mobile Friendly vs Mobile Responsive


PENULISKONTEN.ID - Kita sering mendengar mengenai website yang mobile friendly dan mobile responsive. Apa sih bedanya?

Untuk menjawabnya, kita lihat dulu faktanya berikut ini.

Dahulu user online dapat mengakses internet hanya melalui Personal Computer (PC). Namun, sekarang situasinya telah berubah karena user dapat mengakses setiap informasi di internet melalui smartphone-nya masing-masing. 

Menurut global market, share data pengguna smartphone mencapai 55%, sedangkan PC "hanya" sekitar 45%.

Dari paparan di atas, maka banyak orang menyarankan agar kita membuat website yang responsive; yang tampilannya dapat menyesuaikan ukuran device yang digunakan untuk mengakses. Lalu, apakah ini beda makna dengan mobile friendly?

Mana yang lebih baik Anda gunakan?

Fakta Tampilan Responsive vs Mobile Friendly

1. Perbedaan pengertian

Secara tampilan, mobile responsive bisa jadi lebih menarik daripada format mobile friendly. 

Mobile friendly merupakan website yang tampilannya diperkecil atau versi mini dari desktop. Biarpun tampilannya kecil, namun sulit untuk input password dan id ketika ingin login karena tombol yang ada berukuran sangat kecil.

Mobile responsive merupakan website yang memang dimodifikasi agar tampilannya kecil namun tetap mudah digunakan di smartphone. Jadi, setiap tombol ataupun font yang ada telah diatur ulang agar suer, atau pelanggan Anda, nyaman membaca dan menggunakannya.

Jika dipersingkat, maka mobile friendly adalah format yang hanya berfungsi mempermudah pelanggan Anda untuk melihat informasi website melalui smarphone. Sedangkan mobile responsive, membuat pelanggan Anda merasakan pengalaman yang sama baik ketika membaca informasi tersebut dari desktop.

2. Mengapa masih banyak yang tidak mobile responsive?

Memakai format mobile friendly masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Padahal lebih baik untuk memakai situs yang responsive. Mengapa?

Ini terkait dengan kebijakan dan kebutuhan perusahaan atau bisnis terkait.

Faktanya, masih ada sebagian dari mereka yang memang sengaja tidak memberikan user experience yang baik di website, lantaran mereka ingin agar user lebih memilih menggunakan aplikasi yang sudah dikembangkan khusus untuk mobile, yang sudah dapat diunduh di PlayStore maupun AppStore.

Alasan yang cukup logis, bukan?

Ini memang ada hubungannya dengan perkembangan akhir-akhir ini, ketika aplikasi lebih mudah dikembangkan, dan pastinya bisa memberikan user experience yang lebih baik daripada sekadar situs mobile responsive maupun mobile friendly.

3. Keunggulan mobile responsive

Namun, jika memang Anda ingin mengembangkan situs mobile responsive, berikut ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan:

Teks

Memakai website yang mobile responsive membuat pelanggan Anda jadi lebih mudah mengakses, membaca, dan menggunakannya. Mobile friendly sebenarnya juga tetap mudah digunakan. Namun, ada beberapa halaman atau bagian teks yang harus di-zoom karena ukurannya sangat kecil. Dan, hal ini bisa sedikit mengganggu user experience.

Gambar

Sama seperti teks, gambar juga perlu dilakukan penyesuaian agar menjadi responsivedan mudah digunakan di smartphone. 

Jika hal ini sudah diimplementasikan dengan baik, maka tampilan website tidak hanya menjadi lebih user friendly, tapi juga memudahkan sistem untuk mengganti gambar dengan cepat.

Tombol

Fitur tombol pada website di desktop biasanya menjadi masalah tersendiri ketika diakses melalui smartphone. Karenanya, pada situs yang responsive, tombol-tombol yang ada dalam website akan akan lebih besar tampilannya, namun tetap nyaman dipandang.

Posisi horizontal dan vertikal

Ketika memakai smartphone, pelanggan Anda bisa menyesuaikan posisi smartphone, mau berdiri atau landscape. Dengan website dengan mobile responsive, hal ini bisa dengan mudah dan cepat disesuaikan. 

Waktu loading page lebih cepat

Memakai website dengan mobile responsove tidak hanya mengubah tampilan desktop menjadi lebih ringan di smartphone, tetapi juga dapat membuat loading page menjadi semakin cepat. 

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang sudah diuraikan di atas, mana yang lebih baik, tergantung pada kebutuhan Anda.

Jawabannya semua orang yang ingin memiliki website sendiri. Karena website jenis ini memungkinkan kamu untuk memiliki pembaca atau pengunjung dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif cepat.

Beberapa pertimbangannya:

  • Apa tujuannya? Mobile responsive akan berfungsi dengan baik jika Anda bertujuan memperoleh pembaca dan audiens dari tulisan blog.
  • Tampilan gambar yang diinginkan, seperti makanan, pemandangan dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda.
  • Memakai e-commerce untuk menjual produk dan jasa.
  • Membuat software seperti booking kalender atau aplikasi pengiriman dan lainnya.

Meski tergantung pada kebutuhan, tetapi jika memang menginginkan user experience yang baik secara general, disarankan untuk menggunakan format mobile responsive. Pasalnya, efek positifnya lebih besar daripada hanya fokus pada website yang mobile friendly. Oleh karena itu, segera ubah atau bangun websitemu dengan yang lebih responsif.

Hubungi Penuliskonten.id, jika Anda butuh bantuan untuk mengembangkan website bisnis Anda  sehingga bisa mendapatkan traffic yang besar.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?