13 Langkah Optimasi Google Bisnisku 2020 yang Perlu Anda Ketahui

13 Langkah Optimasi Google Bisnisku 2020 yang Perlu Anda Ketahui


Saat ini setiap entitas bisnis berusaha keras agar mudah dilihat di Google. Salah satu cara yang dilakukan dengan mengoptimasi website serta Google Adsnya. Akan tetapi, masih banyak yang tidak tahu bahwa ada hal lain yang perlu dioptimasi juga, yaitu Google bisnisku. 

Platform ini cukup penting karena bisa dijadikan sebagai profil bisnis lo. Sebab itu, Anda perlu tahu langkah penting optimasi Google Bisnisku agar dapat menunjang bisnis yang ada dengan lebih baik.

Google bisnisku biasanya digunakan agar Anda memperoleh listingan dari Google secara gratis. Google listing ini biasa muncul sebelah kanan pada hasil pencarian untuk institusi, kantor, toko, atau tempat usaha, yang akan muncul ketika user mencari bisnis dengan kategori yang Anda miliki di Google ataupun di Google Maps.

 Jadi, listingan dari Google akan membantu para user untuk dapat menemukan bisnis atau usaha Anda dengan lebih mudah.

Namun, masih banyak yang tidak tahu mengenai fitur satu ini, apalagi cara mengoptimasikannya. 

Menurut BrightLocal dari sekitar 167 miliar pencarian Google setiap bulannya ternyata hanya sekitar 1260 yang memperhatikan Google Bisnisku. Lebih lanjut ternyata hanya sekitar 59 pencarian yang benar-benar efektif. Masalahnya bukan pada Google Bisnisku tersebut, tapi dari ketidaktahuan pengguna bagaimana cara mengoptimasikannya dengan baik.

Beberapa Langkah Penting Optimasi Google Bisnisku

Setelah mengetahui permasalahan di atas, maka Anda harus tahu apa saja langkah penting optimasi Google Bisnisku agar bisnis yang dibangun dapat bangkit dan bersaing dengan lebih baik. Apa saja? Ikuti artikel ini sampai selesai ya.

1. Buat Akun Google Bisnisku

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki akun tersendiri di Google Bisnisku. Proses registrasi ini akan semakin mudah jika Anda sudah memakai gmail.

Langsung dibuka saja tautannya, dan Anda akan bisa langsung mempergunakannya.

2. Selesaikan Semua Bagian yang Dibutuhkan

Layaknya ketika mendaftar untuk memiliki akun gmail, Anda juga harus melengkapi berbagai informasi penting agar dapat memiliki akun Google Bisnisku. Semakin lengkap akan semakin baik, karena info profil bisnis yang lengkap akan lebih disukai calon pelanggan dan user lainnya.

Berikut beberapa hal yang harus diisi secepat mungkin:
  • Nama
  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Website
  • Jam buka sampai tutup (hours)
Bagian yang harus Anda isi dengan hati-hati:
  • Kategori dan atribut usaha
  • Produk dan layanan usaha
  • From the business
  • Daftar QnA yang dibuat oleh pemilik
Berikut bagian yang harus terus diupdate:
  • Postingan Anda, seperti foto, atau komen pelanggan
  • Review dari pelanggan atau Google
  • QnA yang diajukan oleh pelanggan
Optimasi Google Bisnisku akan berjalan dengan baik jika semua bagian di atas selesai di isi dengan baik.

3. Teliti dengan Informasi Kontak yang Ada

Lakukan optimasi untuk kontak informasi pada Google Bisnisku dengan mengikuti beberapa langkah berikut.
  • Pastikan nama bisnis sesuai dengan yang tertera pada toko. Kesesuaian yang dimaksud adalah sama persis antara yang di akun Google Bisnisku dengan toko aslinya. Jangan pakai kata kunci atau nama jalan (kecuali memang ada di brand) karena akan dinilai spam oleh Google.
  • Pastikan juga alamat yang tertera pada akun dan tokonya sama. Pastikan pemakaian jl atau jalan sama. Jika tidak, maka algoritme Google akan menilai informasi yang Anda gunakan kurang memberikan user experience yang baik.
  • Tetapkan waktu operasi dan libur dengan baik. Hal ini tidak hanya akan memudahkan pelanggan mengunjungi toko Anda, sekaligus menghindari review negatif dari pelanggan yang kecewa ketika berkunjung ke toko ketika tutup.

4. Tulis Deskripsi “From the Business” dengan Baik

Langkah penting optimasi Google Bisnisku yang berikutnya adalah menuliskan deskripsi pada bagian From the Business sebaik mungkin. Sebenarnya hal ini berada di luar kendali Anda, ta[i hal ini bisa dioptimasikan dengan mengikuti beberapa cara:
  • Gunakan semua 750 karakter dengan informasi utama berada di 250 karakter awal.
  • Pakai kata kunci yang menggambarkan bisnis Anda
  • Jangan pakai link website
  • Jangan ulangi informasi yang telah tertera jelas pada bagian lain di profil. Justru gunakan bagian ini untuk menjelaskan apa yang membedakan usaha Anda dengan pesaing lainnya.

5. Pilih Kategori

Langkah berikutnya adalah memilih kategori yang tepat. Jika toko yang Anda miliki berjenis restoran padang maka tulis restoran atau rumah makan padang, kemudian pilih kategori berikutnya jika memang ada seperti rumah makan padang sebagai kategori utama dan katering untuk kategori kedua.

Pengkategorian ini penting, karena dapat membantu calon pelanggan menemukan bisnis Anda. Jadi, pilih dengan saksama ya.

6. Memilih Atribut

Atribut yang dimaksud berupa pelayanan tambahan yang diberikan. Contohnya saja melayani delivery, free wi-fi dan lain sebagainya.

7. Menambah Foto

Langkah penting optimasi Google Bisnisku yang berikutnya adalah menambahkan foto pada profil Anda. 

Namun, Anda selalu perhatikan kualitas foto, dan upload foto-foto ini secara berkala. Pastikan foto memakai logo usaha agar semakin mudah dikenali pelanggan dan Google. Anda juga bisa menambahkan video jika dibutuhkan.

8. Google Reviews

Akun profil Google Bisnisku yang baik biasanya memiliki review dari Google yang bersumber dari user. Anda bisa memperoleh review ini dengan melakukan beberapa hal:
  • Fokus pada pelanggan loyal dan minta review dari mereka secara online
  • Anda juga bisa lakukan hal ini dari email ataupun website toko atau usaha, hanya saja jangan terlalu masif supaya tidak dianggap spam oleh Google
  • Gunakan review sebagai media untuk memperbaiki layanan
  • Respons terhadap review dari pelanggan. Hal ini tidak hanya menumbuhkan kepercayaan kepada customer tapi juga meningkatkan SEO.

9. Post di Google Listing

Langkah penting optimasi Google Bisnisku berikutnya adalah membuat pengumuman jika ada berbagai informasi baru, seperti event, promosi, produk baru, penawaran dan lainnya. 

Lakukan hal ini secara berkala dan pastikan pelanggan follow akun Google Bisnisku yang Anda miliki agar mereka dapat memperoleh berita terbaru tentang bisnismu.

10. Bagian QnA

Berikutnya adalah mengoptimasikan QnA. Anda bisa melakukan beberapa hal:
  • Membuat notifikasi sehingga Anda siap sedia menjawab semua pertanyaan dari customer.
  • Buat daftar QnA yang sering ditanyakan dan beri jawaban sebaik mungkin.
  • Selalu gunakan keyword. Sebelumnya Anda telah menetapkan keyword untuk bisnis atau usaha masing-masing. Pastikan untuk memakai kata kunci tersebut pada bagian QnA juga.

11. Tambahkan Produk dan Jasa

Langkah penting optimasi Google Bisnisku berikutnya adalah menambahkan informasi produk dan layanan bisnis Anda. 

Pastikan nama, deskripsi dan harganya (jika memungkinkan) ditampilkan kepada customer.

12. Mengatur Pengiriman Pesan

Selanjutnya adalah optimasi pesan dengan mengaktifkan pilihan “messaging” pada akun Anda. 

Anda bisa memperoleh pesan langsung dari pelanggan melalui nomor telepon yang tertera pada akun Google listing tersebut.

13. Konsisten dengan Strategi Anda
Langkah penting optimasi Google Bisnisku yang terakhir adalah update Google Bisnisku secara rutin. Hal-hal yang bisa Anda share:
  • Update informasi secara berkala
  • Update setiap postingan dan foto setiap minggunya
  • Menjaga review yang masuk
  • Mengawasi dan merespon setiap review
  • Memakai fitur baru yang ditawarkan Google Bisnisku agar Anda bisa memakai akun tersebut secara maksimal.

Nah, siap untuk melejitkan bisnis melalui Google Bisnisku?

PenulisKonten.id menyediakan jasanya untuk membantu Anda mengembangkan Google Bisnisku agar lebih berkinerja baik sebagai media marketing bisnis Anda. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?