5 Langkah Penting Sebelum Membangun Bisnis Pasca Pandemi Virus Corona

5 Langkah Penting Sebelum Membangun Bisnis Pasca Pandemi Virus Corona


PENULISKONTEN.ID - Saat pandemi corona terjadi, banyak usaha yang mengalami gulung tikar. Hal ini kemudian diikuti dengan meningkatnya angka pengangguran. Dampak pandemi terjadi secara global sehingga memengaruhi perekonomian dunia secara masif. Namun peluang untuk bangkit dan membangun bisnis kembali selalu ada terutama saat new normal, keadaan yang membuat dunia kini lebih siap dalam menangani virus corona tersebut.

Akan tetapi dalam penerapannya, memanglah tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Ada banyak bisnis lama yang tumbang, baik itu perusahaan besar dengan fondasi bisnis yang sudah kokoh maupun usaha baru yang masih rentan. 

Anda bisa saja berusaha membangun bisnis dengan lini yang sama ataupun baru. Namun, hal ini tidaklah mudah karena terdapat efek psikologi ketika seseorang akan kesulitan merelakan bisnis yang telah dibangun dengan susah payah dan menggantinya dengan yang baru.

Sebab itu, Anda bisa menerapkan beberapa langkah penting sebelum membangun bisnis pasca corona. Dengan demikian, Anda bisa melihat peluang dan kesempatan lain yang lebih besar agar bisnis yang akan dibangun lebih baik dari sebelumnya.

Membangun Bisnis Pasca Pandemi

Merelakan dan Menerima Perubahan

Langkah penting sebelum membangun bisnis pasca pandemi corona yang pertama adalah merelakan perubahan tersebut. 

Jika kebetulan bisnis yang dibangun telah hancur, maka Anda harus segera menerima kenyataan ini dengan lapang dada. Jika memaksa untuk dipertahankan, bisa jadi Anda akan merasa tidak tenang karena mungkin pangsa pasar memang telah turun, terkait kebutuhan dan kebiasaan orang yang berubah dan model bisnisnya memang kurang adaptif.

Menurut Prof. Doron, Psikolog Klinis dan Peneliti Senior di The Interdisciplinary Center (IDC), perubahan yang terjadi akan memengaruhi psikis. Hal ini kemudian akan berdampak pada kekhawatiran  atau kecemasan yang berlebihan akan tantangan di masa depan. Dan, ini sungguh tak baik bagi kesehatan mental Anda.

Tetapi, Anda bisa melewati ini semua dengan menjadikannya sebagai pelajaran dan berbenah diri untuk masa depan yang lebih baik. Tidak baik jika terus terkungkung dengan yang terjadi di masa lalu. Bisnis yang jatuh sebelumnya tidaklah membuat mimpi utama Anda ikut jatuh. 

Namun, relakan masa lalu dengan menjadikannya pengalaman hidup sehingga kamu dapat membuat langkah yang lebih baik untuk mencapai mimpi tersebut.

Melihat Realita

Langkah selanjutnya adalah melihat realita yang terjadi saat ini. 

Prof. Doron menyarankan untuk menimbang pikiran Anda antara teori, realita, serta rasa takut. Sebab dengan demikian, Anda bisa melihat situasi dengan lebih baik dan tidak terjerumus pada pemikiran negatif dan khawatir karena perubahan situasi.

Kemudian, Anda dapat melihat situasi diri sendiri secara lebih objektif dengan melihat finansial, produk, teknologi, konsep yang telah digunakan dan lainnya. Pastikan juga Anda memikirkan apa saja tantangan yang mungkin dihadapi di masa depan.

Tulislah semua hal tersebut dan beri tanda dan angka untuk prioritas mana yang akan dicarikan solusi lebih dulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan asumsi dan kombinasikan semua faktor yang ada. 

Dengan demikian Anda bisa melihat blind spot dari ide bisnis tersebut serta membuat Anda lebih paham akan posisi diri saat ini.

Bertanya pada Orang yang Tepat

Langkah penting sebelum membangun bisnis pasca corona berikutnya adalah bertanya pada orang yang tepat. 

Tidak dapat disangkal bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Hal yang sama juga berlaku dalam bisnis ketika Anda sedang berada pada posisi membangun fondasi. Terutama di saat new normal yang mengharuskan banyak orang mulai berusaha untuk bangkit kembali.

Setelah menyadari posisi diri dengan baik, maka Anda dapat berbagi kisah, melakukan konsultasi atau bahkan curhat dengan orang yang terpercaya. Anda bisa melakukannya dengan bertemu langsung atau melalui media dari video conference seperti Zoom, Google Duo, dan yang lainnya. Berbicaralah mengenai masalah yang dihadapi dan perhatikan respons mereka.

Hal ini tidak hanya mengurangi beban Anda, tapi juga dapat memberikan ide baru yang memperkuat ide bisnis saat ini. Bahkan, orang tersebut bisa saja menjadi mentor atau rekan bisnis yang tidak tergantikan bagi Anda di masa depan nanti.

Belajar untuk Melihat Peluang

Bagi seorang entrepreneur, kemampuan untuk bangkit setelah mengalami kejatuhan merupakan hal yang penting. Seberapa cepat proses tersebut bergantung kepada kemampuan Anda dalam melihat peluang. 

Cara melihat peluang tersebut adalah dengan belajar, karena  dengan begitulah Anda bisa melihat peluang tersebut beserta kendalanya dengan lebih baik.

Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan fokus pada hal yang Anda kuasai sebagai personal asset. Kemudian perkuat bisnis Anda dengan hal tersebut. 

Masih menurut Prof. Doron, “Hal ini merupakan faktor utama yang akan menjamin pertumbuhan dan kesuksesan untuk membangun bisnis baru.”

Mengubah Perspektif

Langkah penting sebelum membangun bisnis pasca corona yang terakhir adalah melihat segala hal dari sudut pandang yang berbeda. 

Corona mungkin meruntuhkan bisnis lama Anda, tetapi hal ini bisa menjadi peluang untuk bisnis baru yang lebih baik.

Gali Bloch Liran, seorang coach entrepreneurs sekaligus advisor startups menerangkan, bahwa setiap perubahan yang ada tidaklah mudah untuk dirangkul, tetapi hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi kita agar dapat berkembang. Anda bisa bergerak dengan lebih fleksibel, contohnya usaha dalam toko berubah menjadi online shop, restoran menawarkan paket-paket katering, dan lain sebagainya.

Pada saat seperti ini kamu juga bisa mencoba berbagai strategi bisnis yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Jika kamu mampu melihat peluang dengan baik pada masa new normal sekaligus menerapkan 5 langkah di atas maka bisnis yang akan dijalani dapat bertahan lebih baik dari sebelumnya.

Last but not least, pilihlah partner bisnis yang dapat dipercaya. Untuk urusan digital marketing, baik di website maupun media sosial, PenulisKonten.id menyediakan jasanya untuk membantu Anda membangun bisnis yang baru di masa pasca pandemi ini. Kami menawarkan berbagai strategi konten dan marketing, yang berfokus pada user experience dan engagement dengan follower secara lebih intens, sehingga dapat memperkuat core market bisnis Anda yang baru.


0 komentar

Apa pendapat Anda?