Panduan Untuk Pemula: 8 Trik Branding Produk Untuk Bisnis Online yang Baru Dibangun

Panduan Untuk Pemula: Trik Branding Produk Untuk Bisnis Online yang Baru Dibangun

Membangun branding produk dari awal yang menonjol, bukanlah cara yang mudah.

  • “Seperti apa bentuknya?”
  • “Bagaimana seharusnya perasaan orang?”
  • “Apakah akan sesuai dengan target audiens saya?”

Pertanyaan ini pasti muncul saat Anda mulai berpikir tentang cara menghubungkan antara apa saja yang Anda jual dan siapa yang ingin Anda jangkau.

Anda tidak punya apa-apa selain ide bisnis atau ingin mengubah branding produk yang sudah ada, berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang membangun identitas branding produk yang kuat untuk bisnis Anda.

Apa sebenarnya “branding produk” itu?

Branding adalah memberikan produk dan layanan dengan kekuatan merek. Branding adalah proses menciptakan hubungan atau keterkaitan antara produk perusahaan dengan persepsi emosional pelanggan dengan tujuan untuk menghasilkan segregasi antar persaingan dan membangun loyalitas antar pelanggan.

Branding produk adalah bukan hanya nama dan logo yang dapat dikenali, tetapi bisa  membedakan produk Anda di pasar yang ramai.

Branding produk Anda adalah cara orang memandang Anda di mana pun Anda berinteraksi dengan bisnis Anda (baik kesan yang dapat Anda kendalikan maupun yang tidak). Atau bisa dibilang branding adalah citra produk Anda yang tetap berada di benak pelanggan.

Kalau dipikir-pikir, orang juga punya branding produk pribadi. Kita masing-masing memiliki nama, wajah, gaya, cara berkomunikasi, dan dengan ciri-ciri ini, kita membuat kesan berbeda pada orang yang berbeda.

Demikian pula, bisnis memiliki nama, produk, logo, warna, font, suara, dan reputasi yang membentuk  dan akan mempengaruhi persepsi.

Anda tidak dapat membangun branding produk tanpa konsisten dan mempertahankannya. Padahal dengan konsistensi, Anda dapat memperluas branding produk ke setiap bagian bisnis Anda. Tapi itu semua dimulai dengan menetapkan seperti apa konsistensi itu akan terlihat dan perasaan yang ingin Anda bangkitkan.

Alasan utama orang terjun ke dunia bisnis adalah untuk menghasilkan uang. Untuk membawa bisnis ke level atas. Dengan menghasilkan pengembalian investasi yang cepat, berarti Anda harus mengembangkan bisnis dengan branding produk.

Namun, banyak pebisnis yang bahkan tidak tahu harus mulai dari mana ketika mereka ingin mengalihkan bisnis dari level kecil ke level besar. Biasanya mereka akan mencari ahli pemasaran digital dan agensi SEO.

Berikut ini ada 8 cara branding produk untuk bisnis yang baru dibangun!

Ketahui hasil akhir dari strategi branding untuk mencapai tujuan Anda!

Sebelum Anda mulai, Anda perlu tahu strategi branding Anda. Untuk mencapai hal ini, bisnis perlu memiliki tujuan yang jelas dan terukur yang ditetapkan pada jangka waktu tertentu.

Sasaran seperti "Saya ingin menghasilkan lebih banyak uang dari Internet" adalah sebuah permulaan, tetapi perlu lebih spesifik. Pastikan tujuannya adalah waktu yang spesifik. Misalnya 12 bulan. Pastikan tujuannya jelas dan terukur. Misalnya, sasaran pencitraan branding produk dan kampanye pemasaran online Anda adalah meningkatkan pendapatan sebesar Rp 100.000.000.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan ini? Ini mengarah ke poin berikutnya.

Ketahui peluangnya

Dalam pemasaran digital, banyak peluang yang bisa dikembangkan bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan pendapatannya. Identifikasi peluang yang tersedia untuk bisnis Anda. Anda mungkin menemukan bahwa pesaing bisnis Anda sukses dengan strategi pemasaran digital yang belum Anda terapkan. 

Strategi SEO

Apakah menurut Anda strategi SEO Anda berhasil? Apakah Anda merasa mendapatkan ROI terbaik untuk investasi Anda? Jika Anda berpikir bahwa mungkin ada celah di pelindung SEO Anda, mungkin inilah saatnya untuk mengidentifikasi potensi kelemahan atau mengidentifikasi peluang yang belum dimanfaatkan untuk memanfaatkan SEO Anda. Ini bisa sesederhana mengembangkan konten yang ramah SEO atau membuat beberapa perubahan teknis. Bahkan melihat profil tautan balik situs web Anda untuk mengidentifikasi jenis tautan yang akan meningkatkan peringkat kata kunci Anda ke posisi yang menghasilkan uang dapat membantu meningkatkan branding produk online Anda.

Optimalisasi tingkat konversi pada penjualan dan konten pitch

Apakah bisnis telah mengubah penjualan atau konten promosi di situs web atau di seluruh konten web yang lebih luas yang digunakan untuk mempromosikan branding produk Anda? Mungkin bermanfaat untuk menguji salinan baru melalui pengujian pemisahan A / B untuk melihat apakah Anda dapat meningkatkan konversi prospek dan penjualan untuk situs web Anda. Semua branding produk teratas yang ada di pasar, tergantung dari pengoptimalan tingkat konversi dan menjadikannya sebagai salah satu target utama branding produk online.

Optimasi pencarian berbayar

Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi keyword atau kata kunci yang tidak perlu agar dapat menghemat biaya dan menghindari pemborosan belanja. Mungkin ada peluang untuk meningkatkan skor kualitas Anda, yang akan mengurangi biaya pengeluaran per klik saat menaikkan posisi iklan Anda. Semakin banyak Anda mengoptimalkan, Anda dapat menghemat biaya dan juga menguntungkan.

Display dan RTB (penargetan ulang)

Ada peluang untuk memperluas jangkauan bisnis Anda melalui jaringan display Google dan jaringan display lainnya. Pertukaran iklan dapat dimanfaatkan untuk penawaran waktu nyata untuk ditampilkan di situs web terkemuka. Eksposur tambahan berpotensi dapat mengarahkan Anda ke prospek dan penjualan yang baru ditemukan. Selain itu, cara branding dengan penargetan ulang dapat digunakan untuk menangkap prospek yang seharusnya hilang dan selanjutnya dapat menambah pendapatan bisnis Anda.

Pemasaran email (pemasaran langsung)

Pemasaran email langsung bekerja dengan baik dengan audiens target yang tepat dan penawaran yang tepat. Ini bisa menjadi promosi penjualan langsung atau dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang berharga. Kedua metode tersebut perlu memberikan nilai kepada audiens. Bisnis dapat dimulai dengan mengirimkan buletin reguler agar selalu diingat oleh audiens. Anda dapat menyampaikan branding produk Anda untuk menghasilkan penjualan.

Pemasaran Youtube

Youtube adalah portal video web yang menawarkan jumlah lalu lintas dan peluang perolehan prospek yang mengejutkan. Lebih mudah untuk ditemukan dan memberi peringkat pada video di Youtube. Anda dapat membuat serangkaian video yang akan menciptakan peluang 'fitur' di situs media lain. Serta menciptakan peluang pendapatan, baik dari program monetisasi Youtube atau dengan menjual produk atau layanan langsung dari saluran Youtube.

Ini adalah beberapa strategi branding produk yang dapat Anda lakukan, agar bisnis Anda dapat naik ke level berikutnya. Strategi branding produk ini akan meningkatkan lalu lintas, pendapatan, dan status branding produk yang dirasakan di antara pengguna web. Semakin banyak Anda mengambil tindakan untuk membangun nilai branding produk Anda sendiri, semakin cepat nilai tersebut akan terlihat dalam persepsi branding produk, pendapatan bisnis, dan keuntungan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun personal branding  Anda atau branding produk Anda di media sosial. PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?