7 Teknik Terbaik untuk Membangun Personal Branding untuk Profesional

7 Teknik Terbaik untuk Membangun Personal Branding untuk Profesional

Untuk bisa sukses sebagai pengusaha, eksekutif perusahaan, ataupun profesional, Anda akan membutuhkan personal branding yang baik. 

Tapi, apa sih personal branding? Anda pasti sering mendengarnya bukan? Tetapi, apakah Anda sudah benar-benar paham dan mengerti, apa artinya?

No worries, dalam artikel kali ini, kita akan bahas personal branding ini secara khusus, hingga pada akhirnya nanti, setelah selesai membaca artikel ini, Anda akan paham apa artinya, sekaligus sudah bisa membuat rencana yang realistis untuk membangun personal branding Anda.

Simak artikel ini sampai selesai ya. 

Apakah itu personal branding?

Personal branding adalah suatu pencitraan melalui tingkah laku, keunikan, keidentikkan dari diri Anda masing-masing yang dilemparkan kepada publik. Dengan personal branding ini, publik dapat menilai Anda secara cepat, bahkan tanpa perlu berkenalan atau berteman dengan Anda. 

So, secara garis besar, artinya adalah “pencitraan”, tetapi pencitraan dalam konotasi yang sangat bagus.

Mengapa personal branding itu penting?

Personal branding tentu saja penting, karena dapat membantu Anda untuk mengembangkan potensi yang ada di diri Anda pribadi. Personal branding juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesuksesan karier hingga dapat mengantar Anda meraih mimpi dan cita-cita.

Pencitraan memang identik dengan kata negatif. Padahal tidak semua pencitraan hanya omong kosong belaka. Pencitraan bisa digunakan untuk hal-hal lebih positif bagi Anda yang ingin menjadi sosok yang pantas, berintegritas, berdedikasi, dan profesional di bidang yang sedang Anda geluti.

Berikut ini adalah 7 teknik terbaik untuk membangun personal branding untuk profesional!

Kenali siapa diri Anda

Masih banyak orang yang tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Kalau Anda tidak bisa mengenali diri Anda pribadi, Anda tidak bisa melakukan personal branding Anda. Setelah Anda mengenali diri Anda, temukan kelemahan. Apakah kelemahan itu dapat merugikan diri Anda dan orang-orang di sekitar? Cara ini dilakukan agar Anda dapat mengerti bagaimana menghargai diri Anda sendiri dan orang lain.

Langkah selanjutnya adalah temukan sisi unik dari Anda. Sisi unik ini yang akan Anda gunakan untuk personal branding kepada publik. Don’t blow up your weakness, karena hal itu dapat menurunkan citra Anda secara drastis. 
Ingat, Anda harus membangun identitas karier melalui prestasi atau pengalaman yang kaya dalam bidang Anda.

Ceritakan diri Anda

Ada banyak cara untuk membangun personal branding, tetapi langkah pertama ini adalah langkah yang tidak bisa Anda lewati. Tanpa sebuah cerita, maka tidak akan ada brand. 

Dalam menyusun cerita personal branding Anda, pasti ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab.
  • Siapa Anda?
  • Apa passion Anda?
  • Apa kepribadian terbaik Anda yang ingin Anda tonjolkan?
  • Apa yang paling anda hargai?
  • Apa yang ingin Anda capai dan mengapa Anda ingin mencapainya?
Sukses atau tidaknya personal branding Anda, semua tergantung pada seberapa jujurnya Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Disarankan Anda memiliki branding elemen yang konsisten.  Ini termasuk  untuk website, logo dan header blog, konten media sosial, business card, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan personal branding Anda. Ini untuk memastikan bahwa orang-orang akan mengenali branding Anda saat mereka melihat logo media sosial atau website Anda. 

Build your profile and active in your social media

Banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun profil personal branding Anda. Salah satu platform paling kuat yang sebaiknya Anda miliki adalah sebuah website. Gunakan website Anda sebagai tempat utama bagi Anda untuk berbagi informasi atau idea. Pastikan bahwa nama yang akan Anda gunakan untuk profil Anda belum digunakan oleh orang lain.

Contoh dari personal branding, Anda bisa menggunakan website pribadi. Platform ini sangat dibutuhkan untuk menaruh portofolio Anda agar dilihat oleh publik. Apabila Anda seorang graphic designer, arsitek , atau yang lainnya, website pribadi bisa Anda jadikan sebagai “rumah” Anda untuk menyambut publik yang ingin menerima personal branding Anda.

Anda bisa menggunakan media sosial sebagai suplemen di website Anda. Manfaatkan media sosial sebagai cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan audiens Anda. Pilahlah media sosial mana yang paling memberikan impact yang bagus ke personal branding Anda.  Anda bisa membuat video personal branding Anda dengan mengunggahnya di Youtube. Strategi online marketing Anda akan sangat berpengaruh penting untuk menyusun strategi. 

Build your communication skills

Keberanian untuk speak up adalah teknik berkomunikasi yang bisa Anda lakukan agar personal branding Anda sukses. Menjadi orang yang lebih vokal, manjadikan Anda akan dilihat oleh publik dan saat publik menerima Anda, itu artinya personal branding yang sudah Anda bangun telah sampai di publik.

Jika Anda masih malu untuk speak up, ada lebih direkomendasikan mengambil kursus public speaking dengan menggaet mentor. Selain Anda bisa mengambil kursus public speaking, ada beberapa kurus yang bisa Anda pilih, seperti mengambil kursus keterampilan presentasi. Semakin baik cara berbicara Anda di depan publik, maka semakin percaya diri pula Anda dalam menyampaikan sesuatu yang Anda utarakan.

Bangun Koneksi/Jaringan

Anda tidak dapat mencapai kesuksesan karier sendirian dan Anda tidak dapat melakukannya tanpa perencanaan. Anda harus mengembangkan rencana pemasaran personal branding Anda langkah-demi-langkah untuk mencapai tujuan. Rencanakan aksi pemasaran personal branding Anda meliputi: tujuan, target pasar, kerangka waktu, taktik tertentu,dan pengukuran. Selanjutanya, Anda harus menyiapkan langkah-langkah atau tindakan tertentu untuk mencapai tujuan Anda.

Membangun personal branding Anda untuk profesional, Anda perlu menemukan target audiens dan mendapat perhatian mereka. Salah satunya dengan dengan melakukan outreach. Outreach merupakan kegiatan dimana Anda menawarkan suatu value/nilai kepada orang-orang yang sudah memiliki audiens (merupakan target audiens Anda). 

Attitude

Membangun personal branding yang baik dengan memperhatikan tingkah laku Anda. Belajarlah untuk menjadi pribadi yang tidak sombong, tidak tamak, tidak munafik, dan sebagainya. Dalam membangun personal branding, Anda harus menghindari sifat-sifat buruk seperti mudah puas, tidak percaya diri, pesimis, pemalu, malas belajar, susah bergaul, dan takut mencoba.

Terus belajar dan berusaha

Jangan pernah Anda berhenti belajar, walaupun Anda telah meraih kesuksesan. Belajar yang dimaksud di sini adalah belajar apapun yang bisa membuat Anda lebih baik. Persaingan di luar sana sangatlah ketat, jadi Anda sudah seharusnya selalu belajar seperti mengasah soft skill dan hard skill yang baru. Dengan begitu Anda bisa bersaing dengan baik dan lebih baik lagi. Dalam belajar Anda dapat berinovasi, berimprovisasi, dan bervariasi.

Melihat semua teknik di atas, dapat dilihat bahwa membangun personal branding memang membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi personal branding dapat sangat membantu Anda untuk mencapai tujuan karier Anda. Personal branding akan terus menjadi kualitas yang dicari. Hal ini bisa membantu untuk memperkenalkan Anda kepada orang-orang di industri, memperlihatkan keahlian yang Anda miliki dan menunjukkan apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain. 

Semoga teknik terbaik membangun personal branding untuk profesional di atas bisa membantu Anda. Anda membutuhkan bantuan untuk membangun personal branding Anda atau bisnis Anda di media sosial. PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.
Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?