3 Cara Ampuh Menarik Pengunjung Website Agar Membaca Artikel Lebih Banyak

3 Cara Ampuh Menarik Pengunjung Website Agar Membaca Artikel Lebih Banyak

PENULISKONTEN.ID - Pergerakan internet saat ini semakin cepat dari waktu ke waktu.  Akibatnya, orang yang mengunjungi suatu situs sering cepat berpaling dan mengunjungi situs lainnya.

Hal ini dikarenakan keberadaan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram yang hanya memberikan info penting semata. Akibatnya, artikel lengkap di website menjadi mudah diabaikan karena user lain ingin mudah menemukan info yang mereka butuhkan.

Bagaimana Cara Membuat Orang-orang Membaca Artikel Anda?

Tantangan baru seperti ini tentu membutuhkan cara, taktik, alat dan berbagai ide baru untuk menarik user agar mau membaca artikel Anda.

1. Optimalisasikan untuk Pencarian yang Lebih Baik

Tidak dapat diragukan kembali bahwa Google merupakan mesin pencari terbaik saat ini. Kebanyakan orang-orang memakai Google untuk menemukan sesuatu yang mereka inginkan.

So, mau tak mau, Anda juga harus berteman dengan mesin pencari satu ini. Praktikkan search engine optimization yang sesuai aturan, lakukan dengan konsisten. 

Ada beberapa indikasi artikel Anda sudah teroptimasi dengan baik di Google, di antaranya:

  • Cek kata kunci yang Anda gunakan di artikel dalam incognito window. Jika artikel Anda ada di halaman muda (halaman 1 - 3) pencarian Google, maka optimasi Anda sudah baik.
  • Jika hasil pencarian terhadap artikel Anda muncul dalam snippets.
  • Jika gambar yang Anda pakai dalam artikel muncul dalam Google Images Search.

Gunakan tools Keywords Research untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat. Bangun internal dan eksternal link yang baik. Karena dari internal link yang baik maka pembaca akan terus berada di website yang Anda miliki. Sedangkan eksternal link akan menunjukkan bahwa konten kita trustable, seperti halnya link artikel yang kita tautkan.

2. Tampilkan Rekomendasi Konten Lanjutan

Artikel pada dasarnya "memiliki usia". Pada waktunya, akan tertimbun dengan artikel lainnya, seiring dengan menurunnya jumlah pengunjung website. 

Namun, Anda bisa mengakalinya.

Caranya adalah memakai teknologi AI yang dapat belajar mengenali kebiasaan browsing para user sehingga Anda bisa mengajak user untuk kembali. Salah satu tools tersebut adalah “Alter” yang dapat bekerja secara otomatis untuk mengatur On Page website dengan cara yang baik. Alter akan menyediakan tampilan artikel rekomendasi berdasarkan kesukaan ataupun topik yang diminati pembaca tersebut.

Cara ini dapat membuat pembaca berlama-lama berada di halaman website sehingga meningkatkan page view dan situs berada di urutan pencarian tertinggi.

Alter ini juga memakai exit-intent content recommendation yang akan menampilkan artikel rekomendasi ketika pembaca ingin keluar dari situs Anda.

Anda bisa mengatur tools ini dengan mudah seperti memasang atau menghapus artikel tertentu untuk direkomendasikan. Selain itu, Alter akan mengaturnya secara otomatis.

3. Konversi

Kadang kita memang sudah memasang CTA, alias call to action, sedemikian rupa agar pengunjung website mau melakukan sesuatu yang kita minta. Misalnya seperti langganan ebook, memasukkan email dan lainnya.

Namun, tidak semua mau melakukannya. Nah, ini harus segera diatasi.

Returning visitor merupakan aset terbesar. Data diri mereka sangat berharga.

Menurut laporan Monetate pada tahun 2015, bahwa:

  • Rating konversi returning visitor sebesar 4.5% (lebih tinggi dari tingkat konversi pengunjung baru yang hanya 2.4%)
  • Sebanyak 14.8% dari returning visitor akan membeli lebih banyak daripada pengunjung baru yang hanya sekitar 7.6%.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan Finteza. Tools ini adalah platform analisis web yang dapat meningkatkan strategi optimasi dari CTA On Page sampai analisis penjualan. Fitenza juga dapat digunakan untuk melihat pengalaman para returning user, dan menilainya dengan ukuran tertentu.

Anda bisa mengatur CTAs berdasarkan dari history user sebelumnya (seperti jumlah download, keranjang yang ditinggalkan, dan lainnya). Anda juga bisa mengatur tujuan website dan usaha (berbasis situs) melalui banyaknya halaman yang dikunjungi sebelumnya ataupun event yang telah berlalu.

Contohnya saja, Anda bisa membuat iklan yang menarik di artikel tertentu agar para pengunjung mau datang kembali. 

Kesimpulan

Digital marketing sekarang mengalami pendefinisian ulang karena teknologinya yang terus berkembang. Karenanya, bisnis Anda harus selalu mampu beradaptasi sehingga mudah masuk dalam kompetisi baru dan bersaing dengan baik. 

Nah, cara di atas bisa Anda gunakan agar artikel Anda selalu dibaca oleh para pengunjung.


0 komentar

Apa pendapat Anda?