Seberapa Sering Harus Update Konten Website?

Seberapa Sering Harus Update Konten Website?


PENULISKONTEN.ID - Umumnya update konten di website setidaknya dilakukan 1-3 kali dalam seminggu. Mengapa? Karena website yang memiliki banyak konten baru secara berkala menunjukkan bahwa situs tersebut aktif dan pemiliknya berupaya keras untuk membuat situs tersebut menjadi semakin baik.

Hal ini sangatlah penting karena update konten memiliki banyak keuntungan pada website tersebut. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri maka gunakanlah jasa content writer yang sesuai dengan tema ataupun kebutuhanmu masing-masing.

Keuntungan Update Konten Website

Setiap konten baru pada situs yang ada bisa digunakan untuk memperoleh banyak hal, seperti:

SEO

Mesin pencari akan semakin canggih dari waktu ke waktu. Karena search engine seperti Google selalu mengalami update yang diperuntukkan agar para user dapat mencari informasi yang mereka cari dengan lebih mudah dan tepat sasaran.

Google menyukai artikel yang baru, website yang memiliki konten yang unik namun ditulis dengan standar kualitas yang tinggi. Setiap konten baru yang ditulis dengan kualitas yang baik akan menambah para pengunjung ke website Anda. Karena mesin pencari akan banyak merekomendasikan artikel pada website yang Anda miliki.

Mesin pencari akan mengindeks website Anda, sehingga semakin mudah ditemukan para user. 

Media Sosial

Saat ini para pemilik bisnis ataupun penggiat website dan blog selalu memposting konten barunya yang ada di website pada setiap media sosial yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan, karena para pengguna media sosial juga selalu mencari konten baru yang bermanfaat untuk mereka.

Jika artikel yang Anda miliki berkualitas dan berbobot, maka akan banyak pembaca yang merasa diuntungkan karena dapat meningkatkan pemahaman mereka akan suatu informasi. Hal ini sangat penting untuk mempromosikan website serta mendorong kesuksesan Anda. 

Pengunjung

Anda pastinya pengin website Anda ramai dikunjungi. Oleh karenanya, website Anda haruslah memiliki konten yang menarik, memiliki makna, dirangkai dengan baik sehingga pembaca betah melirik serta memahami semua konten yang ada.

Salah satu cara menarik pengunjung adalah melalui konten yang baru. Tidak hanya baru tapi juga memiliki dampak yang baik terutama akan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh pembaca.

Oleh karena itu, buatlah konten yang menarik dan berkualitas agar para pengunjung menyukai website Anda, kemudian mereka akan menjadi follower dan mulai menyebarkan isi website tersebut dengan suka rela. Inilah keuntungan yang dapat Anda peroleh jika bisa memuaskan para pengunjung ketika berada di website milik Anda.

Pesaing

Hal yang membedakan setiap website adalah proses dalam pengembangan serta hasil akhir dari strategi yang digunakan. Hal ini juga dirasakan para pengunjung.

Setiap situs yang mereka lihat mungkin sama-sama menyediakan informasi. Namun, situs mana yang lebih mereka sukai, nah, itu jadi masalah lain. 

Oleh karena itu, selalu milikilah konten yang baru agar para pengunjung menyukai website Anda. Jangan biarkan website yang Anda miliki terbengkalai dalam waktu lama karena para pengunjung akan dengan mudah beralih ke website lainnya.

Link

Ketika Anda memiliki banyak konten dengan tingkat otoritas yang baik, maka peluang untuk memperoleh link dari website lain pun meningkat. 

Hal ini penting karena website Anda berpotensi untuk dijadikan acuan atau sumber bagi website lainnya. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan SEO, domain authority, dan page authority.


Seperti Apa Seharusnya Konten Dibuat?

Konten untuk website yang baik haruslah unik dan stand out

Unik yang dimaksud adalah otentik, artinya bukan hasil duplikasi dari artikel lainnya. Usahakan untuk menghindari plagiasi, karena hal ini akan menurunkan SEO page rank. Anda bisa meniru tema atau gaya penulis lain, namun ubahlah susunan kata atau lakukan parafrase agar menjadi unik.

Buatlah artikel yang berkualitas. Namun, jangan korbankan kualitas tersebut demi skor SEO semata. Karena efeknya hanya berlaku untuk jangka pendek. Terlebih mesin pencari Google akan semakin canggih di masa depan. 

Jadi, bukanlah sebuah hal yang mustahil jika nanti konten berkualitaslah yang akan lebih maju daripada artikel dengan kualitas biasa-biasa namun memiliki skor SEO yang baik.

Idealnya Berapa Banyak Update Konten yang Harus Dilakukan?

Saran terbaik, untuk website usaha kecil atau UMKM, bisa update 2-3 konten dalam seminggu. Pasalnya, website jenis ini bisa memiliki banyak pilar konten, seperti ada detail produk, review, penawaran, perbandingan produk, serta artikel pendukung lainnya.

Namun, untuk website jenis lain juga bisa melakukan update sampai 4 kali dalam seminggu. 

Yang perlu diingat adalah bahwa satu konten berkualitas tinggi memiliki dampak yang lebih besar daripada banyak konten dengan kualitas pas-pasan.

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?