10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Membuat ide konten blog website bisnis Anda merupakan sebuah perjuangan. Ide konten blog website bisnis ini tentang keunikan konten, cara menulis yang akan menarik pembaca, keywords yang tepat sasaran, dsb. 

Sebenarnya ada banyak ide konten blog di pikiran Anda, tetapi Anda pasti bingung harus mulai dari mana dan caranya bagaimana agar bisa dieksekusi. Terkadang juga Anda pasti kehabisan ide konten blog, bukan? Padahal ide konten blog ini harus berfokus terhadap topik yang dibahas akan membuat website bisnis Anda semakin bagus. Maka dari itu, membuat konten blog tidak boleh asal-asalan. 

Sebelum Anda membuat konten rutin yang nantinya akan Anda unggah, yuk cek cara di bawah ini!

10 Cara mencari ide konten blog website bisnis Anda yang dijamin menarik pembaca. Let’s start it!

1. Membuat Related Keywords

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Jika Anda berpengalaman dalam SEO pastinya Anda tidak asing lagi dengan ini. Cara mencari ide konten blog dengan meneliti lalu membuat kata kunci yang terkait dalam topik yang Anda bahas di website bisnis Anda. Selain keywords utama, Anda juga harus membuat kata kunci turunan yang nantinya akan disebar di seluruh artikel yang Anda buat sesuai topik yang dibahas.

2. Join di Komunitas

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Salah satu ciri utama bahwa sebuah ide konten blog akan populer adalah ide konten tersebut sering ditanyakan oleh orang lain di situs komunitas. Jika Anda sudah tahu apa yang sedang popular di kalangan komunitas, lalu buatlah SEO dan juga artikelnya segera. 

3. Survey Audiens untuk Membuat Konten Website Bisnis Anda

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca


Cara mendapatkan ide konten blog atau konten website bisnis dengan bertanya kepada audiens tentang apa yang mereka minati sekarang ini. Anda juga akan mendapatkan ide konten blog tentang apa yang sedang mereka cari. Anda bisa menggunakan Google Form untuk menanyakan audiens Anda.

4. People to Ask, Yahoo Answer, Quora

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Fitur Google yang dapat membantu Anda dalam mencari ide konten blog yaitu dengan People to Ask. Anda juga bisa menggunakan Yahoo Answer dan Quora.

Ketika Anda melakukan pencarian di Google pada suatu topik,terkadang hasil pencariannya menyertakan People to Ask yang berisi daftar pertanyaan dan jawaban yang sedang popular dicari orang.

Seperti Google, Yahoo juga mempunya fitur Yahoo Answer dimana Anda bisa mencari topik atau audiens banyak bertanya tentang hal apa.

Quora merupakan situs web tanya jawab. Jadi Anda bisa juga menggunakan Quora untuk mencari ide konten blog website bisnis Anda juga loh.

Anda bisa mengubah pertanyaan yang paling popular ditanyakan tersebut untuk dijadikan ide tulisan di konten website Anda. Jawaban dari pertanyaan bisa dijabarkan di dalam artikel yang Anda buat. Wah, sangat membantu sekali bukan?

5. Inspirasi dari Blog Orang Lain

Jika pengalaman Anda dalam memakai website belum cukup lama, itu artinya masih banyak hal yang harus Anda pelajari lagi. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan ide konten blog website bisnis Anda dari berbagai blog orang lain yang dapat dengan mudah untuk memunculkan ide baru yang lebih kreatif dari apa yang telah Anda baca.

6. Pinterest

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Anda masih bingung tentang ide konten blog yang ingin Anda buat? Anda dapat menggunakan Pinterest untuk mendapatkan banyak ide kreatif. Ini tentu akan memberikan keuntungan bagi Anda sehingga website semakin populer di mata para audiens Anda. 

Anda bisa melihat di bagian “Trending Ideas” untuk mendapatkan ide konten blog yang sedang tren. Hasil pencarian di Pinterest terdiri dari postingan blog, video,  dan gamba ya.

7. Online Courses

Ada banyak tempat kursus online baik gratis ataupun berbayar yang cukup populer di Indonesia. Mereka akan memeberikan edukasi kepada Anda mengenai programming, digital marketing, SEO, desain grafis, fotografi, dan lain sebagainya. Dari kursus online tersebut Anda akan mendapatkan pengetahuan tambahan untuk dijadikan sebuah konten yang bermanfaat sehingga akan membuat website Anda menjadi populer.

Saat ini kursus online terbesar di dunia yang bisa Anda ikuti adalah Udemy. Anda tinggal menemukan topik konten yang menarik. Tetapi perlu diperhatikan juga untuk mencari kursus yang memiliki nilai rating bagus, ya.

8. Gunakan Google Trends untuk Membuat Ide Tulisan

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Jika kamu ingin membuat konten blog dengan ide tulisan yang membahas tentang meningkatnya trend saat ini, Anda bisa membuka Google Trends.

Tidak hanya nemukan topik yang banyak dicari orang untuk ide tulisan Anda, tetapi Anda juga bisa menemukan “pertanyaan terkait” yang bercabang dari pencarian awal.

9. Gunakan Tools Untuk Mendapatkan Ide Konten Blog

Anda bisa memanfaat beberapa tools yang ada di internet seperti misalnya BuzzSumo dan Ahrefs Content Explorer.

Jika Anda menggunakan kedua tools tersebut, Anda dapat menemukan konten yang paling banyak di share menggunakan sosial media.

Cara menggunakannya juga tidaklah sulit loh, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci umum yang ingin Anda cari ke salah satu website tersebut.

10. Rajin Membaca

10 Cara Mencari Ide Konten Blog Website Bisnis Anda yang Dijamin Menarik Pembaca

Mungkin banyak yang bingung apa hubungannya membaca dengan topik yang akan menjadi populer? Sudah pasti ada hubungannya dong!

Tidak ada salahnya Anda membaca dari majalah, buku yang ada di toko buku, perpustakaan termasuk di Internet sendiri. Anda juga tidak perlu membeli buku jika mau, cukup membaca apa saja yang di bahas dalam buku tersebut yang sesuai dengan tema blog Anda.

Oh iya, dengan membaca akan memberikan banyak pengetahuan baru yang masuk dan tahu bagaimana tren penulisan sekarang dengan tren penulisan zaman dulu.

Nah, begitulah 10 cara mencari ide konten blog website bisnis Anda yang dijamin menarik pembaca.

Apakah hal ini sulit bagi Anda? Jika ya, Anda sebenarnya tak perlu khawatir kok. Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang lebih profesional untuk mengerjakan tugas Anda ini. Salah satunya adalah PenulisKonten.id.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp  .


0 komentar

Apa pendapat Anda?