8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

Jika Anda mempunyai usaha offline ataupun online, foto produk sangat berarti untuk bisnis Anda. Selain menulis caption, membuat visual produk yang menarik tetap sangat penting dalam pemasaran. Visual produk akan banyak membantu calon customer dalam memahami produk Anda, terutama untuk pemasaran online jualan di Instagram, dimana calon customer tidak berkesempatan melihat produk Anda dari dekat.

Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram merupakan sosial media yang sangat mengutamakan visual. Dibanding sosial media lain yang mengutamakan konten berupa text, Instagram malah lebih menonjolkan konten berupa gambar. Gambar atau foto yang diunggah di Instagram nantinya akan memikat orang yang melihatnya.

Sekarang ini banyak orang jualan di Instagram. Tetapi banyak orang yang belum paham akan pentingnya foto produk bagus atau banyak yang menyebutnya foto instagramable. Padahal foto instagramable untuk produk merupakan hal penting agar orang atau customer tertarik membeli produk yang Anda jual. 

Adapun beberapa alasan lainnya mengapa foto produk sangat penting untuk sebuah bisnis online, seperti:

  • Menarik pembeli
  • Membangun idenditas brand
  • Meningkatkan keputusan pembeli
  • Meningkatkan rate penjualan
  • Loyal customers

Untuk membuat foto instagramable produk, banyak yang harus Anda siapkan terlebih dahulu, lalu memilih tema dan teknik terbaik yang cocok untuk foto produk usaha online Anda.

Yuk, intip 8 trik membuat foto instagramable untuk menjual produk tanpa mengeluarkan modal yang banyak!

1. Memilih Kamera

Untuk membuat foto instagramable, Anda harus memiliki kamera. Memiliki kamera yang mahal memang bagus karena dilengkapi dengan peralatan yang berkualitas tinggi, tetapi itu bukan penentu dalam menghasilkan foto instagramable. 

Sekarang ini, pengguna kamera digital single lens reflex atau sering disebut DSLR semakin bertambah setiap tahunnya. Jadi jika Anda berencana untuk melakukan foto produk dalam jumlah yang banyak, maka sangat disarankan untuk memilih kamera digital.

Pilihan Anda tentang kamera yang hendak digunakan dapat memberikan efek yang signifikan terhadap hasil akhir dari foto produk yang Anda jual. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menentukan kamera apa yang hendak Anda beli. Jika Anda tidak mempunyai dana lebih, Anda bisa menggunakan kamera smartphone Anda, loh. Aplikasi gratis edit foto seperti VSCO Cam dan Snapseed akan membantu Anda menghasilkan beberapa foto instagram yang bagus.

2. Pencahayaan

8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

Aspek atau hal penting selanjutnya dalam membuat foto instragramable untuk menjual produk Anda adalah unsur pencahayaan. Cahaya alami atau matahari merupakan pilihan yang tepat untuk fotografi produk karena sifat cahayanya yang lembut dan lebih tersebar. 

Jika tidak ada sinar matahari langsung yang masuk ke dalam ruangan rumah Anda, bisa juga Anda memakai sumber pencahayan lain, seperti ring light atau lampu tidur sebagai alat pencahayaan foto Instagram untuk produk Anda.

3. Gunakan Tripod

Jangan lupa gunakan tripod untuk mendapatkan hasil foto instagramable, ya!

Jika Anda menggunakan kamera digital sangat disarankan menggunakan tripod. Jika pencahayaan yang anda peroleh pada lokasi pemotretan kurang, membuat shutter speed menjadi pelan. Ketika shutter speed lambat, maka Anda tidak dapat memegangnya dengan tangan karena hasilnya akan tidak bagus. Maka dari itu penggunaan tripod merupakah pilihan terbaik yang dapat membantu Anda dalam melakukan pemotretan.

4. Styling Foto

Anda perlu mengetahui target market produk yang Anda jual. Jika Anda memahaminya, maka Anda dapat menentukan topik atau tema dengan lebih mudah.

Styling juga bisa meningkatkan branding produk Anda, tentunya dengan kualitas gambar yang berkualitas. Anda hanya perlu mempersiapkan properti atau aksesori pendukung untuk memperindah produk yang ingin Anda foto.

5. Background

Pemilihan background untuk foto Instagram juga tak kalah pentingnya.  Background yang polos akan membuat produk yang difoto terlihat lebih elegan. Penggunaan background polos juga akan membuat konsumen fokus pada produk. Pilihan ini sangat cocok untuk foto katalog produk yang Anda jual. Pemilihan background dengan senada dapat menonjolkan nilai dari produk yang Anda foto.

6. Sudut Foto

Saat anda mengambil foto, cobalah gunakan sudut yang berbeda-beda satu sama lain. Jangan lupa untuk menampilkan ukuran produk Anda secara akurat dengan bentuk dan kualitas foto yang jelas untuk memastikan pelanggan puas dan penjualan laris. Oiya, Menentukan sudut foto yang pas dapat membuat foto semakin eye catching. Jadi, jangan takut bereksperimen, ya!

7. Flat Lay

8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

Teknik fotografi yang satu ini tidak kalah populer loh dan tentunya sifatnya timeless dan sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki produk kecil. Nama teknik foto ini adalah flat lay.

Teknik ini mudah dan cepat. Teknik ini akan mendorong kreativitas Anda dalam membangun identitas visual produk. Flat lay adalah cara Anda dalam menyusun produk agar terlihat semakin menarik ketika di unggah ke Instagram dan gunakan properti apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan foto instagramable.

8. Edit Foto

8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

Ini merupakan langkah terakhir yang penting sebelum Anda mengunggah foto produk di Instragram Anda. Hal ini berguna untuk Anda yang menginginkan sentuhan yang sempurna. Edit foto akan membuat foto produk Anda yang kurang terang atau tidak terlalu jelas bisa menjadi jelas. Ini akan meningkatkan kualitas gambar kamu juga, loh.

Ada beberapa aplikasi untuk edit foto agar hasil foto instagramable  seperti, Snapseed, VSCO Cam, Instagrid, Lightroom, dsb. Bantuan aplikasi juga akan memaksimalkan kualitas foto produk Anda sebelum di unggah di Instagram

Nah, dari 8 trik membuat foto instagramable untuk menjual produk di atas, semakin membuat Anda jadi tahu bahwa foto produk merupakan hal yang penting dan bisa Anda lakukan sekarang, bukan? Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu!

Ingatlah bahwa segala sesuatu membutuhkan proses untuk mendapatkan foto instagramable yang nantinya akan menarik customer dan menaikkan penjualan Anda. Sekalipun sulit untuk memulai, terus jalani dan pantang menyerah ya. 

Meskipun begitu, Anda jangan khawatir dong! Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang profesional untuk membantu Anda.

Anda membutuhkan bantuan untuk social media marketing untuk bisnis Anda? PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.




0 komentar

Apa pendapat Anda?