5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

Dunia bisnis mengharuskan Anda untuk bergerak serba cepat. Anda juga harus mengandalkan berbagai teknologi digital modern untuk dapat menjalankan dan membangun bisnis dengan baik. 

Saat ini bisnis online makin disukai karena kemudahan mengelolanya. Kemajuan teknologi tentunya sangat berkontribusi dalam membangun bisnis dan pengalaman baru. Kemudahan membangun bisnis online yang sudah disediakan oleh teknologi ini didukung oleh munculnya berbagai aplikasi di smartphone. Tapi, tanpa ada panduan yang tepat dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda akan mengalami kesulitan.

Maka dari itulah menjadi seorang pebisnis itu harus lebih produtif dan mobile dalam menjalankan dan membangun bisnis yang sukses. Melalui penggunaan aplikasi smartphone, Anda akan di mudahkan dalam memantau dan menjalankan bisnis online Anda.

Ingin tahu beberapa aplikasi mobile untuk pebisnis pemula yang bisa Anda install di perangkat smartphone Anda? Yuk simak 5 aplikasi mobile untuk memperlancar bisnis online Anda ini!

1. WhatsApp Bisnis

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk pebisnis pemula. Anda dapat membuat katalog dengan menggunakan WhatsApp Bisnis yang nantinya akan menampilkan produk dan layanan Anda. Terhubung dengan pelanggan terasa lebih mudah dengan menggunakan fitur Whatsapp Bisnis ini.

WhatsApp juga dapat pebisnis pemula sampai besar dengan menyediakan dukungan pelanggan dan mengirim notifikasi penting ke pelanggan Anda.

Keunggulan WhatsApp Bisnis adalah sebagai berikut:

  • Membalas pesan otomatis/ auto response
    Fitur pesan otomatis ini dibagi menjadi tiga jenis fitur yang berbeda, yaitu: “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies”.
  • Broadcast Message
    Pesan “broadcast” ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis online untuk menawarkan sebuah produk baru atau harga promo kepada para pelanggannya.
  • Data statistik interaksi pelanggan
  • Centang hijau sebagai akun terverifikasi
    Berbeda dengan akun terverifikasi di Instagram atau Twitter. Centang hijau yang ada pada aplikasi smartphone di akun Whatsapp Business menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi oleh pihak Whatsapp. Centang hijau menandakan bahwa Whatsapp telah memverifikasi nomor yang terpasang tersebut adalah benar milik sebuah perusahaan.

Anda yang ingin berkomunikasi dengan para pelanggan, dapat menggunakan aplikasi smartphone WhatsApp Bisnis ini. Aplikasi smartphone ini memang memiliki sejumlah fitur yang mendukung untuk bisnis Anda. Misalnya saja profil bisnis terkait bisa mengatur soal pesan di luar jam kerja dan memaparkan deskripsi bisnis, lokasi toko Anda, alamat email dan situs web dalam akunnya WhatsApp Bisnis Anda.

2. Telegram

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

Anda bisa menginstall aplikasi mobile Telegram untuk memperlancar dan membangun bisnis online Anda. Aplikasi telegram ini hampir sama seperti WhatsApp Bisnis, akan tetapi aplikasi Telegram mempunyai kelebihan tersendiri loh, yuk inti apa saja kelebihannya:

  • Bisa menyambut konsumen secara otomatis
  • Mampu memesan secara online
  • Adanya real-time support
  • Mampu memberikan bantuan individu
  • Mampu memproses feedback dari konsumen
  • Jadi medium untuk berkomunikasi dan mengoordinasi tim
  • Bisa memberikan informasi yang terbaru
  • Bisa jadi medium untuk mempromosikan produk
  • Mampu menambah trafik ke website
  • Meningkatkan brand awareness
  • Adanya bantuan non-stop client support
  • Memiliki channel tambahan untuk proses pembayaran
  • Dari barisan poin di atas, sudah terlihat jelas bagaimana Telegram memiliki beragam fitur yang cocok untuk aktivitas bisnis.

Oiya, ternyata di aplikasi Telegram ini bisa membuat grup yang isinya bisa mencapai 5000 kontak. Jadi bisa lebih banyak dari pada yang ada di grup WhatsApp Bisnis.

3. Snapseed

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

Bagi Anda pebisnis pemula, kebutuhan akan gambar atau foto produk yang bagus dan menarik tentu sangatlah penting bukan?

Modal utama dari pemasaran produk secara online adalah pada foto produk yang yang berkualitas dan menarik, sehingga dapat menarik minat pembeli. 

Pelaku usaha sering merasa awam dan kurang mampu menghasilkan foto produk yang baik, padahal dengan modal teknologi editing dari aplikasi handphone, hal ini sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Jika Anda menginginkan sebuah aplikasi mobile berupa edit foto terbaik yang tidak memakan space berlebih, jawabannya adalah Snapseed. Aplikasi buatan Google ini merupakan salah satu aplikasi mobile editing terbaik yang sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android maupun iOS. 

Snapseed memiliki banyak fitur untuk edit foto. Mulai dari crop, tune images, curves, tonal contrast, dan berbagai tools lainnya.

Terdapat tiga fitur utama dari Snapseed yaitu:

  • fitur filter canggih, seperti healing yang merupakan fitur untuk menghapus objek yang tidak diinginkan pada gambar. 
  • fitur kuas yang digunakan untuk memoles eksposur, saturasi, pencahayaan, atau warmth.
  • fitur HDR scape yang dapat membuat tampilan foto produk menjadi lebih memukau dengan menciptakan beberapa eksposur.

Aplikasi Snapseed ini dapat digunakan untuk mengedit foto produk Anda, sehingga membuat foto produk Anda terlihat lebih profesional.

4. Adobe Spark Post

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula

Adobe Spark Post sendiri bukan aplikasi edit foto yang biasa saja. Aplikasi ini merupakan tool penting untuk membantu membangun sebuah brand Anda nantinya.

Seperti halnya Anda yang menjadi pebisnis pemula, di mana Anda dapat membuat konten dengan branding sendiri secara mudah untuk dibagikan secara luas. Cocok juga untuk Anda yang aktif di media sosial, untuk membuat konten gambar yang menarik dan terlihat profesional meski punya kemampuan desain grafis pas-pasan.

Adobe Spark Post mempunyai banyak pilihan template atau desain gambar dalam beragam kategori berbeda, misalnya lifestyle, business, travel, food, dan lainnya. Semua template tersebut telah dirancang secara profesional dan bisa kita sesuaikan, mulai dari layout-nya, mengubah teks dan jenis font-nya, memberi efek dan palette, serta resize ke beragam rasio gambar.

Jadi, Anda semakin dimudahkan dengan menggunakan aplikasi mobile ini ya. 

5. Google Drive

5 Aplikasi Mobile untuk Memperlancar Bisnis Online yang Mudah Digunakan oleh Pebisnis Pemula


Aplikasi smartphone satu ini jangan sampai dilupakan ya. Kenapa? Karena aplikasi mobile yang bernama Google Drive ini sangat penting untuk menyimpang semua data untuk bisnis online Anda. Anda tak perlu risau kalau smartphone Anda kehabisan space untuk menyimpan data. Dengan menggunakan aplikasi mobile Google Drive, Anda dapat menyimpan foto produk, dokumen, backup chat WhatsApp, backup kontak telepon di handphone Anda, video demo produk Anda, dsb.

Aplikasi mobile ini juga dapat mengirimkan link, jadi jika Anda repot untuk mengunduhnya, Anda bisa kirimkan saja link dari Google Drive Anda ini. Mudah bukan?

Google Drive mempunya kapasitas simpan sampai 15 Gigabyte loh. Sangat besar untuk ukuran kapasitas penyimpanan dokumen. Untuk foto bisa menampung jutaan foto. Anda bisa menyimpan ratusan video, apalagi untuk menyimpan file dokumen presentasi, word, atau PDF. Wah ! Lebih dari cukup sekali!

5 Aplikasi mobile di atas sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas bisnis Anda. Selain memudahkan pekerjaan, aplikasi smartphone ini juga bisa berguna sebagai sarana promosi yang membangun bisnis Anda makin dikenal oleh banyak orang dan produk Anda akan terjual laris manis.

Tetapi jika Anda masih bingung, Anda bisa menghubungi yang lebih profesional dalam digital marketing ini. Karena sebenarnya Anda tak perlu melakukan semuanya sendirian kok.

Anda membutuhkan bantuan dalam melakukan digital marketing untuk membangun bisnis Anda? PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?