Meng-online-kan Bisnis, ini yang Harus Anda Perhatikan!

Meng-online-kan Bisnis, ini yang Harus Anda Perhatikan!

PENULISKONTEN.ID - Bisnis Online akhir-akhir ini memang terlihat begitu menggiurkan ya? Anda tidak perlu pusing mencari-cari toko tempat Anda memajang produk Anda, dan cukup memperkerjakan diri Anda sendiri sebagai karyawan di awal-awal bisnis online Anda.

Tapi saking mudahnya, bisnis online ini juga membuat Anda memiliki banyak pesaing. Sebagai pengusaha sekaligus pemimpin bisnis online, mencari strategi yang paling tepat untuk persaingan yang sangat kompetitif ini tentunya menjadi tantangan tersendiri. poin pentingnya adalah bagaimana membuat bisnis online Anda ‘terlihat’ dan menonjol dari keramaian bisnis online sejenis di luar sana.

Nah, berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda melakukannya.

Tip Bisnis Online

Masuki Niche yang Terjangkau

Konon katanya, rezeki sudah diatur, tak perlu khawatir kekurangan pelanggan meskipun produk yang Anda jual sama dengan tetangga Anda. Tapi tetap saja, harus dipertimbangkan dengan saksama di pasar mana Anda akan menerjunkan diri.

Menemukan niche yang sedang naik daun adalah cara paling efektif untuk mendapatkan pangsa pasar. Meskipun pasar yang terlalu jenuh dijejali pemain yang sama tentu saja sebisa mungkin harus dihindari, pasar yang besar tidak akan menjanjikan lagi jika pesaing Anda di sana sudah terlalu banyak. Bisa saja hal ini menjadi faktor kesuksesan Anda (karena terjun di pasar besar yang tepat), tapi bisa juga menjadi faktor kegagalan Anda (karena tidak bisa bersaing dengan pesaing yang sudah ada.

Lantas, bagaimana Anda bisa mencari niche yang tepat ini? Untungnya, Anda bisa menggunakan alat seperti Google’s External Keyword Tool yang akan membantu Anda menemukan keyword dan efektivitasnya yang bisa Anda gunakan.

Beberapa situs seperti Statista juga menawarkan semacam laporan atau simulasi yang akan memperlihatkan gambaran umum seperti apa kira-kira industri yang akan Anda hadapi. Hal ini bisa membuat Anda bersiap-siap dan menyediakan amunisi yang tepat sebelum terjun ke bisnis online yang Anda dambakan.

Optimalkan Situs Anda

Membuat website bukan lagi menjadi masalah besar di tahun 2021 seperti ini. Anda bisa menggunakan Wordpress yang sangat friendly user untuk langkah awal, misalnya. 

Jika Anda langsung menggunakan hosting pun bisa saja, ada biaya yang tidak sedikit untuk hal ini, maka pastikan investasi yang Anda gunakan untuk membayar hosting bisa kembali dengan cepat ketika Anda mengoptimalkan situs tersebut untuk bisnis Anda.

Ingatlah bahwa setiap harinya, calon pelanggan Anda berselancar di internet berjam-jam untuk mencari apa pun yang mereka butuhkan, yang bisa saja ‘sesuatu’ ini adalah produk yang Anda jual. Pastikanlah Google bisa langsung mengarahkan kata kunci yang diketikkan calon pelanggan Anda tersebut ke situs Anda. 

Strategi SEO yang kuat, tautan menuju produk tepat yang dicari, konten yang menarik dan mudah dipahami, bisa menjadi jalan Anda menemukan pelanggan dengan cepat. Cek semua fitur di situs Anda sudah berjalan sesuai keharusan dan membimbing penelusur yang ‘tersesat’ di situs Anda membeli apa pun yang Anda tawarkan di sana!

Branding. Branding, Branding

Ucapkan kata ini seperti mantra, karena branding adalah salah satu faktor bisnis online Anda bisa berhasil atau tidak. Penciptaan merek ini merupakan poin penting yang harus betul-betul Anda perhatikan saat merintis bisnis online. 

Logo, misalnya. Seberapa berhasilnya logo sebuah apel krowak yang ikonik itu? Rasanya tidak ada yang tidak tahu produk apa yang diwakili logo tersebut. Jangan terlalu khawatir tentang banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa seorang desainer grafis untuk produk bisnis online Anda, sekarang ini sudah banyak kok pembuat logo online yang bisa Anda hubungi dan pekerjakan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Hal berikutnya yang harusnya diperhatikan dalam bab branding ini adalah apa value yang ingin Anda sematkan ke dalam produk Anda. Apa pesan Anda, apa target Anda untuk pelanggan saat mereka membali dari Anda, kesan apa yang ingin pelanggan Anda rasakan? Kenapa ini menjadi sangat penting? Karena hal-hal itulah yang akan membedakan Anda dari pesaing-pesaing Anda. 

Analogi sederhananya, meskipun sama-sama sepatu sneaker, perasaan Anda saat Anda memilih sepatu berlogo ‘checklist’ mungkin bisa jadi berbeda saat Anda memilih membeli sepatu dengan seekor puma yang sedang melompat, bukan?

Investasikan Bisnis Online Anda dalam Digital Marketing 

Di era digital seperti sekarang, satu-satunya cara memperluas pasar atau calon pelanggan Anda adalah dengan menjadi bagian dari pemasaran digital, tidak mungkin dilakukan jika Anda tidak mau berinvestasi dalam digital marketing.

Langkah pertama, Anda harus tahu di mana calon pelanggan Anda ‘nongkrong’ online. Wawasan tentang tempat nongkrong ini bisa membuat Anda menentukan target yang lebih efektif di mana Anda harus membuka lapak Anda.

Alat-alat untuk hal ini sudah banyak tersedia. Google Trends, AppAnnie, SimilarWeb atau Facebook Audience Insight bisa Anda gunakan untuk strategi yang satu ini. Dengan mengenal pangsa pasar Anda, Anda pun akan bisa mengoptimalkan langkah strategi apa yang harus Anda tempuh untuk mengikuti tren yang sedang terjadi atau preferensi pelanggan Anda yang mungkin saja berbelok arah atau berubah sama sekali.

Gunakan analitik untuk memahami kinerja taktik pemasaran yang Anda lakukan. Contoh mudahnya Google Analytics, alat ini bisa menggali kinerja situs Anda, memberitahu Anda apa yang berhasil dan bagian mana yang ternyata harus diubah karena tidak sesuai harapan. 

Customer Support yang Andal

Kedekatan pelanggan dengan Anda bisa dijalin melalui customer support yang baik. Setiap pertanyaan yang segera direspons atau pun keluhan yang ditanggapi dengan memuaskan akan membuat setiap pelanggan puas membeli dari 

Anda. Apa keuntungannya bagi Anda? Mereka akan kembali membeli produk Anda dan tidak beralih ke pesaing.

Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah, menggaet pelanggan baru cenderung lebih mudah ketimbang mempertahankan pelanggan yang sudah Anda. Inilah kenapa customer support yang mumpuni dan andal bisa melejitkan bisnis online Anda.

Salah satu hal penting lainnya adalah menerima umpan balik dari pelanggan Anda. Kritik bisa sangat membangun, betul? Tidak hanya kepuasan atau pengalaman baru pelanggan Anda yang mereka bagikan, keluhan dan opini mereka juga sangat berguna untuk dikumpulkan. 

GetFeedBack, Client Heartbeat, atau Customer Sure bisa dijadikan alat bagi Anda untuk menerima umpan balik dari pelanggan. Memproses setiap masukan dari pelanggan bisa Anda gunakan untuk selalu beradaptasi dan membuat perubahan yang diperlukan tanpa harus menunggu penjualan Anda menurun atau complaint pelanggan yang tidak puas. 

Lakukan survei, bentuk focus group discussion untuk mendapatkan informasi lanjutan. Dari sini bisa saja Anda malah menemukan celah dan inspirasi baru dalam meningkatkan bisnis online Anda.

Seperti pepatah bilang, gagal merencanakan sering kali menjadi merencanakan kegagalan. Agar hal semengerikan itu tidak terjadi dalam bisnis Anda, bungkus seluruhan tip di atas dan yakinlah bahwa Anda akan sukses dalam bisnis online yang akan Anda kelola!

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?