Digital Marketing di Tahun 2021: Bakalan Seperti Apa?

Digital Marketing di Tahun 2021: Bakalan Seperti Apa?

PENULISKONTEN.ID - Digital marketing atau pemasaran digital bukanlah merupakan hal yang dapat dilakukan dengan satu kali tindakan. 

Digital marketing merupakan suatu proses yang terdiri dari berbagai tindakan simultan. Oleh sebab itu penting untuk terus mempraktikkan strategi terbaik supaya membawa prospek yang baik dan menjaga bisnis Anda terus berkembang.

Ada banyak strategi dalam digital marketing, hal ini disebabkan karena strategi digital marketing itu memang berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seiring berjalannya waktu, strategi lama menjadi ketinggalan zaman. Mengikuti tren baru dapat membuat perbedaan besar dalam strategi pemasaran Anda. Beberapa strategi pemasaran digital yang telah Anda terapkan selama ini mungkin tidak dapat memberikan pengaruh yang signifikan lagi. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan aturan dan tren baru dapat membantu membuat rencana pemasaran baru Anda lebih sukses.

So, ini dia beberapa tren digital marketing yang akan cocok untuk Anda lakukan di tahun 2021.


Tren Digital Marketing di Tahun 2021

Otomasi dan Chatbot berbasis AI (Artificial Intelligent) Masih Menjadi Pemimpin Utama Strategi Digital Marketing

AI atau kecerdasan buatan saat ini mulai mengambil alih pekerjaan-pekerjaan manual termasuk marketing. Alasan mengapa banyak marketers atau pemasar menyarankan otomasi berbasis AI karena hal tersebut dapat dipercaya lebih mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Software AI dapat melihat perilaku konsumen dan mampu membawa brand Anda pada audience yang menjadi target Anda. 

Salah satu contoh otomasi berbasis AI dalam pemasaran adalah chatbots. Yes, chatbots dapat menjadi kekuatan Anda dalam melakukan digital marketing. Chatbot dapat membuat situs web Anda hidup sepanjang waktu karena mampu mengatasi masalah konsumen dengan cepat dan sepanjang waktu. 

Jika Anda ingin meringankan beban pada bagian pelayanan pelanggan, Anda bisa menggunakan chatbots untuk mengelola situs. 

Konten dalam Digital Marketing Masih Menjadi Raja di Tahun 2021

Konten yang bagus masih menjadi kunci untuk memenangkan hati calon konsumen Anda. Selain itu, konten yang menarik akan membantu brand Anda untuk selalu terlihat menonjol. 

Pemasaran dengan berfokus pada konten tergolong pemasaran yang memiliki biaya rendah. Oleh sebab itu, Anda bisa menghemat biaya digital marketing dengan memaksimalkan pembuatan konten yang asli, unik dan bermanfaat. 

Pembaruan Google dari BERT berfokus pada penyediaan informasi yang lebih akurat dan konten berkualitas tinggi untuk semua audiens. Oleh sebab itu jika Anda membuat konten yang berguna bagi audiens Anda maka SEO Anda akan menjanjikan. 

Jika Anda sudah memiliki strategi berbasis konten, maka tetaplah melakukan strategi tersebut di tahun 2021 ini. Jika Anda belum menerapkannya, maka sebaiknya Anda perlu memahami pentingnya konten dalam digital marketing. 

Menerjemahkan konten dapat membuat Anda menjangkau audiens yang lebih banyak. Hal ini memungkinkan Google untuk mencari dan mengindeks situs web Anda, karena banyak yang membutuhkannya. 

Pemasaran Video Dapat Terus Berlangsung

Statistik menunjukkan bahwa tahun 2020 menjadi tahun yang bagus untuk pemasaran video. Dan, tampaknya masih akan berlanjut ke tahun 2021. Video masih akan terus mengungguli teks dalam hal konten. 

Dengan kata lain, jika Anda mencoba menyampaikan pesan atau mempromosikan bisnis Anda secara visual, audiens Anda akan cenderung lebih memahami konten Anda.

Digital marketing dengan video bisa jadi media yang brilian untuk mengirim pesan. Oleh karena itu, manfaatkan setiap platform video di luar sana, termasuk semua situs jejaring sosial. Anda dapat melakukan siaran langsung di platform media sosial, membuat tutorial, melakukan ulasan, dan membuat vlog untuk mendapatkan lebih banyak audiens.

Ada banyak tools dan perangkat lunak yang dapat membantu Anda membuat video dengan lebih mudah sekarang, semua dilengkapi dengan efek khusus untuk membuat video berkualitas tinggi. 

So, untuk tahun 2021, usahakan untuk memasukkan pemasaran lewat video meskipun Anda harus belajar membuat dan mengedit video terlebih dahulu.

Konten Interaktif 

Tahun 2021 saatnya lebih dekat dengan konsumen Anda dengan cara membantu mereka mengatasi masalah dengan adanya bisnis Anda.

Buat mereka percaya dengan merek Anda, dengan memberikan solusi yang pas. Jika Anda ramah kepada konsumen, maka mereka akan selalu menghargai merek Anda. Mungkin ada ratusan bisnis yang menawarkan produk dan layanan serupa seperti Anda. Tetapi jika Anda ingin menonjol, Anda harus interaktif dengan audiens Anda.

Untuk tetap terhubung dengan audiens Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda mendengarkan feedback dari mereka. Jika ada konsumen bertanya kepada Anda karena masih ragu dengan produk Anda, maka jangan langsung tersinggung. Anda bisa melakukan pendekatan dan ulik problem yang mereka hadapi, hingga Anda benar-benar tahu masalahnya. 

Dengan begini, Anda akan mendapatkan kepercayaan mereka.

Perbanyak konten interaktif yang dapat melibatkan pelanggan Anda secara langsung. Misalnya, Anda dapat mengadakan kuis atau polling di akun jejaring sosial. Nggak perlu yang terlalu berat, kadang semacam snapgram-snapgram yang receh justru lebih disuka.

Anda juga bisa sesekali memberikan fakta menyenangkan tentang produk Anda dan video 360 derajat produk Anda untuk menarik pelanggan baru.

Mencakup Pencarian Suara dan Visual

Saat ini Google telah memiliki Asisten Google yang memiliki kemampuan untuk merespons yang pengguna katakan. Oleh sebab itu, seiring perkembangan zaman, orang akan lebih suka mencari menggunakan suara menggunakan Asisten Google daripada harus mengetik. 

Selain suara, pencarian menggunakan visual seperti  Google Lens, Pinterest Lens, dan Camfind juga merupakan pengaruh besar. Mereka menawarkan solusi yang sangat dibutuhkan untuk pencarian gambar pada tahun 2021. Oleh karena itu, pada tahun 2021, optimalkan situs web dan konten Anda untuk pencarian suara dan pencarian visual.

Pemasaran Omni-Channel Menghadirkan Lebih Banyak Prospek

"Omni-channel" mengacu pada promosi digital marketing layanan Anda di berbagai platform seperti situs jejaring sosial, aplikasi, blog, dan email. 

Pemasaran omni-channel adalah solusi digital marketing yang efektif, karena merek Anda akan dipromosikan melalui berbagai media. Untuk menghadirkan lebih banyak prospek, Anda harus secara konsisten mempromosikan merek Anda di semua situs jejaring sosial, blog, dan aplikasi.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mengirim dan Menerima Pesan

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis, sebaiknya Anda terhubung dengan pelanggan. Anda bisa melakukannya dengan memiliki beberapa akun di media sosial. Manfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 

Anda bisa memasang akun media sosial di website Anda sehingga pelanggan dapat langsung menghubungi Anda dan mendapatkan jawaban langsung atas pertanyaan mereka. 

Hubungan dengan konsumen dan pengunjung Anda melalui platform media sosial dapat meningkatkan penjualan Anda dan membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat. Selain itu, Anda bisa mengirim pesan berupa tautan mengenai event launching produk baru atau saat Anda akan mengadakan diskon. 

Menggunakan Jasa Influencer

Sebagian orang menganggap bahwa menggunakan jasa influencer membutuhkan modal yang besar. 

Nggak perlu khawatir, Anda bisa memilih micro influencer namun yang sesuai dengan brand Anda. Micro influencer akan memberikan dampak yang cukup besar namun biaya lebih terjangkau.


Itulah beberapa tren digital marketing yang akan berkembang di tahun2021. Digital marketing adalah proses yang terus berubah. Oleh karena itu, digital marketing juga akan berkembang sesuai dengan tren yang ada. 


0 komentar

Apa pendapat Anda?