6 Cara Menulis Konten Produk yang Baik dan Ranking di Google

6 Cara Menulis Konten Produk  yang Baik dan Ranking di Google

PENULISKONTEN.ID - Menulis konten komersial tak mudah dilakukan, terutama di dunia SEO (Search engine optimization). Penulisan konten jenis ini, menulis konten produk misalnya--yang informatif, enak dibaca, hingga akhirnya mampu menarik calon pelanggan untuk membeli itu sangat menantang, apalagi jika targetnya adalah memperoleh ranking yang baik dan pencarian organik di Google.

Belum lagi, tak hanya konten juga yang berperan di sini, tetapi termasuk desain website yang menarik, isi konten yang berbobot, pemakaian strategi SEO yang profesional, dan lainnya.

Terlebih jika bisnis Anda memiliki banyak pesaing, maka untuk setiap kata kunci yang digunakan memiliki peluang yang besar untuk digunakan juga oleh pesaing lainnya. Persaingan pun menjadi lebih intens baik di dunia nyata ataupun dunia digital. Namun, walaupun sulit bukan berarti memperoleh peringkat tertinggi di Google itu sebuah kemustahilan.

Anda bisa menulis konten produk yang dapat memperoleh ranking di Google dengan baik, dengan cara berikut ini.

Trik Menulis Konten Produk Menarik Sekaligus SEO Friendly

Aturan yang Sama

Untuk hampir seluruh lini bisnis yang baru biasanya memakai strategi dasar yang sama untuk memperoleh peringkat di mesin pencari dan memperoleh trafik website yang baik, yaitu:

  • Menulis konten produk terbaik sebisa mungkin, namun Anda sebaiknya harus bersabar, karena tidak akan langsung terindeks di Google. Setidaknya butuh waktu 3-6 bulan sampai salah satu halaman di website Anda dapat bertengger di halaman pertama Google jika memakai teknik SEO yang baik. Apalagi jika website-nya masih baru.
  • Konsentrasilah untuk membuat konten nonkomersial dengan baik. Misalnya, membuat artikel tip, how to, dan sejenisnya. Sebab, konten jenis ini memiliki peluang untuk memperoleh indeks dan ranking yang lebih tinggi di Google. Selain itu, konten jenis ini akan banyak dijadikan sebagai rujukan bagi website lain sehingga menyediakan eksternal link yang bermanfaat untuk meningkatkan ranking situs Anda.
  • Menggunakan layanan iAdWords agar situs Anda dapat memperoleh trafik yang tinggi untuk keyword tertentu.
Nah, sedikit catatan untuk poin terakhir. Tidak selamanya Adwords dibutuhkan, karena terdapat beberapa bisnis yang tidak perlu memanfaatkannya. Contohnya saja Vape atau rokok elektrik yang marak sampai saat ini. Beberapa situs yang menjual produk ini seperti E-Cigarette Empire tidak memerlukan biaya tambahan untuk advertising AdWords. Tetapi, trafik websitenya tetap tinggi karena banyak dicari konsumen.

Artinya, Anda sebenarnya bisa banget memperoleh trafik dan ranking yang tinggi di mesin pencari Google tanpa harus mengeluarkan biaya advertising. Hanya saja, cara ini cenderung lebih lama dan memakan waktu. Memang butuh usaha ekstra agar situs Anda bisa semakin dikenal.

Jangan Kopas Konten Produk Lain

Plagiasi merupakan masalah besar untuk artikel website. Mengapa? Karena algoritme Google mampu membedakan artikel yang otentik dan tidak. 

Hal ini bisa menjadi masalah tersendiri di kemudian hari. Salah satunya, website Anda dapat memperoleh penalti dari Google. Dampak akhirnya adalah website akan semakin tenggelam dan sulit untuk memperoleh ranking yang sama di mesin pencari ini nantinya. Bahkan bisa saja menghilang dari data Google.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menulis artikel yang original di setiap halaman website Anda. Karena hal ini memiliki peluang yang besar untuk memperoleh trafik yang tinggi di search engine.

Buatlah Konten Produk yang Panjang dan Informatif Sebisa Mungkin

Google sekarang memiliki kemampuan untuk scanning isi konten artikel dengan baik dan memahami kata kunci apa saja yang digunakan. 

Semakin panjang konten, semakin padat informasinya, semakin banyak keywords yang mungkin bisa dipakai, sehingga peluang untuk memperoleh ranking organik pun lebih tinggi untuk setiap pencarian yang berbeda.

Selain itu, konten yang panjang juga biasanya sering menjadi rujukan dari website lainnya, lantaran kelengkapan informasinya. 

Namun, ingat. Panjangnya konten haruslah padat. Bukan panjang yang dipanjang-panjangkan, tetapi isinya nol. Memang tricky, karena itu tulislah konten produk Anda dengan cermat.

Optimasi untuk Voice Search

Sekarang Anda bisa memakai pencarian dengan perintah suara. Dan hal ini bisa dilakukan dengan memakai perintah yang panjang. Namun, smartphone Anda mampu menangkap keyword yang dimaksud dan memunculkan website yang relevan.

Karenanya pastikan setiap halaman produk Anda memakai keyword yang mendukung pencarian dengan suara tersebut.

Gunakan Foto dengan Kualitas Tinggi

Untuk meningkatkan penjualan dengan baik, gunakanlah foto produk yang menarik dan memiliki resolusi yang tinggi.

Mungkin saja orang-orang tidak tertarik membaca artikel Anda pada awalnya. Tetapi karena foto produknya sangat menarik, maka mereka jadi ingin mengetahuinya lebih lanjut dan membaca artikel produk tersebut dengan saksama.

Optimasikan untuk Scanning yang Lebih Mudah

SEO pastinya identik dengan kata kunci. Karenanya selalu gunakan kata kunci khusus dan teknik SEO baik itu On Page ataupun Off Page agar website Anda teroptimasi dengan lebih baik. 

Hal ini akan meningkatkan pencarian dan berdampak baik pada ranking website yang lebih tinggi di Google.

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?