Step by Step Cara Membuat Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

Cara Membuat Artikel yang Menarik Untuk Dibaca

Menulis artikel yang menarik adalah seni. Anda perlu berpikir untuk menjawab pertanyaan yang tepat, menggunakan teknik penulisan yang benar, dan memformat artikel Anda dengan cara terbaik. Ini semua mungkin tampak sedikit menakutkan jika Anda baru dalam menulis dan membuat artikel, tetapi sebenarnya, praktiknya jauh lebih mudah daripada kedengarannya.

Apa pun jenis artikel yang Anda tulis, Anda dapat melakukan step by step cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Cara ini dapat dilakukan untuk menulis artikel dan menulis konten web. Mulailah dengan mengatur semua ide dan informasi Anda. Kemudian luangkan waktu untuk menulis artikel yang menarik dan akurat. Terakhir, lakukan pengeditan yang bagus agar terlihat lengkap dan profesional.

Berikut 3 step by step cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca!

1. Menemukan Topik dan Mengumpulkan Informasi

Tanyakan atasan untuk panduan
Jika Anda menulis artikel website untuk kantor, pastikan Anda memahami tugas Anda. Cara buat artikel yaitu luangkan beberapa menit untuk menghubungi orang yang bertanggung jawab untuk menanyakan pertanyaan apa pun yang Anda miliki. Lakukan ini sebelum Anda mulai menulis sehingga Anda tidak perlu mengulang pekerjaan Anda. 

Buat daftar ide jika Anda bekerja sendiri
Jika Anda seorang blogger atau penulis lepas, Anda mungkin bertanggung jawab untuk membuat konten Anda sendiri. Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca adalah Anda harus menemukan topik yang bagus, pikirkan tentang audiens Anda.

Teliti topiknya untuk memastikan Anda mendapat informasi
Luangkan waktu untuk mencari informasi online tentang apa pun yang Anda tulis. Anda juga dapat memeriksa perpustakaan setempat untuk melihat apakah ada buku bagus tentang subjek tersebut. Bergantung pada jenis artikel yang Anda tulis, Anda mungkin perlu melakukan penelitian tambahan.
 
Pilih sumber yang dapat dipercaya
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca, Anda harus memilih sumber yang akurat, terkini, dan tidak bias. Jika Anda melihat sumber online, periksa apakah Anda dapat menemukan nama penulis dan tanggal halaman terakhir diperbarui. Jika Anda tidak dapat menemukan penulisnya, mungkin lebih baik menggunakan sumber yang berbeda.

Buat catatan agar ide Anda tetap teratur
Jaga agar semua informasi Anda teratur dengan baik sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya setelah Anda mulai menulis. Anda dapat memilih sistem pencatatan apa pun yang cocok untuk Anda. Mungkin Anda orang yang suka pena dan kertas. Atau, Anda bisa membuat catatan di ponsel atau komputer Anda. Anda bahkan dapat meninggalkan memo suara untuk diri Anda sendiri.

2. Menulis Draf

Mulailah dengan 1-2 kalimat kuat
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca adalah membuat intro singkat yang akan menarik perhatian pembaca Anda. Ini bisa mencakup pertanyaan atau fakta menarik. Pastikan saja itu memperkenalkan topik Anda.

Buat paragraf pendek
Anda tidak ingin kehilangan pembaca setelah Anda memikat mereka. Karena paragraf yang panjang dan padat dapat terlihat berlebihan, sebaiknya buat paragraf yang pendek. Ini adalah cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Paragraf yang terdiri dari sekitar 3-4 kalimat terlihat menarik secara visual dan dapat membuat pembaca Anda tetap tertarik. 

Pastikan Anda hanya memasukkan 1 ide di setiap paragraf sehingga pembaca Anda dapat lebih mudah menyerap informasi tersebut. 

Sertakan cerita untuk menarik pembaca
Tambahkan kehidupan pada artikel Anda dengan memasukkan beberapa fakta menarik atau cerita yang menyentuh adalah cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Jika Anda hanya menyatakan pendapat atau daftar petunjuk, itu mungkin tidak akan terlalu menarik.

Pastikan untuk memasukkan substansi agar pembaca mempelajari sesuatu
Cerita yang menarik memang bagus, tetapi Anda juga perlu memasukkan informasi yang berguna. Lihat kembali catatan penelitian Anda dan pilih informasi yang paling relevan.

Batasan kata untuk menghindari basa-basi
Jika Anda diberi sebuah artikel, kemungkinan Anda telah diberi batasan kata. Yang harus Anda lakukan adalah memastikannya! Jika Anda menulis artikel lain, Anda mungkin perlu menyetel parameter Anda sendiri. Aturan praktis yang baik adalah bahwa artikel harus berisi sekitar 600 kata untuk artikel panduan. 

Comeback later if you experience writer’s block
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca itu sulit dan membutuhkan waktu. Jika Anda kesulitan menemukan kata atau pergantian frasa yang tepat, istirahatlah. Jalan-jalan atau makan camilan. Ini akan memungkinkan pikiran Anda untuk istirahat dan kemungkinan akan membantu Anda melewati ini.

Jika Anda benar-benar buntu, tidak apa-apa untuk meninggalkan artikel Anda pada malam hari dan kembali lagi keesokan harinya saat Anda merasakan ide kreatif itu mengalir.

3. Poles Artikel Anda

Gunakan perangkat lunak pemeriksa ejaan untuk menemukan kesalahan apa pun
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca adalah dengan penggunakan tata bahasa yang bagus. Ada beberapa program perangkat lunak online yang dapat membantu Anda mengedit tulisan Anda. Beberapa alat populer termasuk Grammarly, Ginger, ProWritingAid, dan Hemingway.

Alat-alat ini dapat menangkap kesalahan ejaan, membantu memperbaiki tata bahasa Anda, dan bahkan dapat membantu Anda membuat tulisan Anda lebih ringkas.

Baca artikel beberapa kali untuk menemukan kekurangannya
Selama proses pengeditan, Anda perlu membaca artikel Anda sendiri dengan cermat agar Anda dapat mencari cara untuk memperbaikinya. Mungkin Anda membutuhkan transisi yang lebih baik antar topik atau Anda lupa mengutip sebuah sumber.

Edit informasi yang tidak perlu
Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca, Anda harus mengedit informasi yang tidak perlu. Cari pengulangan atau contoh apa pun yang tidak terlalu membantu. Anda juga bisa mencari tempat untuk membuat tulisan Anda lebih ringkas. Artikel yang menarik untuk dibaca adalah artikel yang ringkas.

Nah, itulah step by step cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Apakah cara di atas masih sulit untuk Anda? Jika ya, Anda sebenarnya tak perlu khawatir. Anda selalu dapat meminta bantuan pada yang lebih profesional untuk mengerjakan tugas Anda ini. Salah satunya adalah PenulisKonten.id

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp .



0 komentar

Apa pendapat Anda?