Instagram Guide: Apa Gunanya dan Bagaimana Membuatnya?

Instagram Guide: Apa Gunanya dan Bagaimana Membuatnya?

PENULISKONTEN.ID - Saat ini tersedia banyak media sosial, salah satunya adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan. Seiring perjalanan waktu, Instagram terus berupaya untuk menciptakan berbagai inovasi supaya tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Sudahkah Anda memanfaatkan fitur terbaru Instagram, yang dinamakan Instagram Guide?

Instagram Guide: Fitur Anyar

Pada 17 November 2020, Instagram meluncurkan fitur terbaru yaitu Instagram Guide, atau Panduan Instagram. 

Instagram Guide ini awalnya diperkenalkan pada pertengahan 2020 dan terbatas hanya untuk akun dengan niche kesehatan saja. Misalnya, seorang ahli gizi dapat membuat panduan untuk "Resep Sehat untuk Dibuat dalam 20 Menit", atau sejenisnya.

Instagram Guide memungkinkan kita untuk mengumpulkan berbagai rekomendasi, tip, dan konten dari kreator, tokoh publik, organisasi, dan akun-akun Instagram lainnya. Yes, selain dapat mengelompokkan dan mengumpulkan konten Instagram dari akun Anda sendiri, Instagram Guide juga memungkinkan Anda untuk merekomendasikan konten dari akun lain.

Apa Itu Instagram Guide?

Fitur Panduan Instagram, atau Instagram Guide, sangat bermanfaat dan cocok digunakan jika Anda memiliki bisnis, seorang influencer, atau orang yang memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yang gemar sharing berbagai informasi dengan pengguna lainnya. 

Fitur Instagram Guide ini sudah diperluas cakupannya, sehingga kini tidak hanya dapat merekomendasikan konten tertentu, tetapi juga dapat merekomendasikan produk. Of course, hal ini harus banget dimanfaatkan oleh Anda yang mengelola bisnis dan menjadikan Instagram sebagai media untuk berpromosi. 

Intinya, Instagram Guide merupakan kumpulan atau semacam album yang terdiri atas koleksi konten-konten tertentu yang dikumpulkan ke dalam satu sumber daya.

Lalu, bagaimana cara membuat Instagram Guide atau Panduan Instagram ini? Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Instagram Guide

1. Pastikan Aplikasi Instagram Versi Terbaru

Jika Anda ingin menggunakan fitur Instagram Guide, pastikan Anda menggunakan versi Instagram yang terbaru karena fitur tersebut baru ada pada 17 November 2020. 

Cara update aplikasi untuk yang menggunakan iPhone:

  • Buka Apps Store lalu pilih Profil 
  • Temukan aplikasi Instagram
  • Klik tombol update. 
Untuk pengguna Android:

  • Buka aplikasi Google Play Store 
  • Pilih tombol menu
  • Pilih Aplikasi dan Game Saya
  • Cari aplikasi Instagram
  • Klik update.

2. Menyiapkan Panduan Instagram

Sumber: socialmediaexaminer.com


Untuk menambahkan fitur Instagram Guide, buka profil Instagram Anda. Di bagian kanan atas, ada icon dengan tanda tambah atau plus ( + ). Klik, maka akan muncul menu, dan pilih Guide.

Setelah itu, Anda dapat memilih hendak membuat Instagram Guide untuk Places (Tempat), Products, atau Posts. Kita lihat ke poin selanjutnya ya.

3. Menambahkan Konten ke Panduan Instagram

Untuk saat ini, Instagram hanya menyediakan tiga opsi untuk Instagram Guide, yaitu Tempat, Produk dan Posting. 

Fitur Instagram Guide hanya dapat memilih konten dari postingan feed sehingga Instagram Stories tidak bisa ikut disimpan di fitur ini. Tetapi, kalau ada postingan IGTV yang telah dibagikan ke beranda, maka postingan tersebut dapat disertakan dalam panduan ini.

Jika Anda sudah memilih salah satu dari ketiga opsi tersebut, maka Anda akan dihadapkan dengan pilihan lainnya. 

Misalnya Anda memilih opsi postingan maka ketuk gambar mini postingan yang ingin Anda tambahkan. Jika Anda memilih beberapa postingan makan akan muncul angka pada thumbnail tersebut. Angka yang Anda pilih dalam urutan akan muncul di sudut. Postingan akan diunggah dalam urutan ini, dengan posting pertama di bagian atas panduan. 

Jika Anda ingin konten Anda dalam urutan kronologis berdasarkan tanggal konten dibuat, pilih konten yang terlama terlebih dahulu.

Panduan Tempat

Jika Anda menggunakan opsi Tempat, Anda dapat memilih dari lokasi yang sudah tercantum di Instagram. Pilih lokasi yang Anda inginkan dan unggah hingga lima postingan dari konten yang terkait dengan lokasi tersebut. 

Perlu diingat bahwa Instagram akan menarik semua konten publik yang ditandai dengan lokasi itu, bukan hanya konten Anda saja. So, jika Anda menjalankan bisnis lokal dengan lokasi fisik (seperti restoran atau toko ritel), panduan ini dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan konten dari pelanggan yang sudah sempat mampir dan memposting kunjungannya. 

Panduan Produk

Opsi Produk memungkinkan Anda menarik postingan Instagram yang terkait dengan satu produk.

Setelah Anda memilih Produk sebagai jenis panduan, Anda kemudian harus memilih dari Toko Instagram. Toko-toko akun yang Anda ikuti akan mengisi terlebih dahulu di bagian opsi. Namun jika Anda mencari toko lainnya, Anda dapat scroll akun toko tertentu. 

Setelah Anda memilih toko, pilih produk yang ingin Anda tampilkan lalu pilih postingan yang terkait dengan produk tersebut. Anda hanya dapat menampilkan satu produk di setiap panduan.

Panduan Postingan

Jika Anda memilih opsi Postingan, Anda dapat memilih dari postingan di profil Instagram Anda sendiri atau bisa juga dari postingan akun lain yang Anda simpan. 

So, kalau Anda ingin membagikan konten orang lain ke Instagram Guide,  maka Anda harus menyimpan kontennya terlebih dahulu.

Anda dapat memilih hingga 30 postingan untuk dibagikan ke satu panduan.

4. Memformat Panduan Instagram

Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju halaman format untuk menyiapkan detail panduan. 

Anda harus menambahkan judul untuk setiap panduan Instagram. Gunakanlah judul yang jelas dan ringkas. 

Anda juga dapat menambahkan deskripsi di bagian "Tentang panduan ini?" jika Anda menginginkan detail lain di luar judul. Anda juga memiliki opsi untuk mengubah foto sampul untuk panduan Anda. Sebagian besar posting Instagram diformat ke format persegi 1:1 tetapi sampul panduan adalah ukuran potret 3:4. 

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak postingan ke panduan, ketuk opsi + Tambahkan Postingan di bagian bawah halaman pemformatan. 

Jika Anda ingin menyusun ulang atau menghapus postingan di panduan Instagram Anda, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas postingan panduan individual. Pilih Hapus dari Panduan untuk menghapus postingan individual tersebut. Atau ketuk Urutkan Ulang Postingan untuk melanjutkan ke layar berikutnya di mana Anda dapat menyeret dan menyusun ulang postingan apa pun ke dalam urutan pilihan Anda.

5. Terbitkan Instagram Guide

Dari layar Bagikan, Anda dapat melihat pratinjau Panduan dengan mengetuk Pratinjau di bawah gambar sampul. Jika Anda siap menerbitkannya, ketuk Bagikan. Atau, ketuk Simpan sebagai Draf untuk kembali dan selesaikan pengeditan nanti. 

Setelah Anda mengetuk Bagikan (atau Simpan sebagai Draf) di panduan Instagram pertama Anda, ikon Panduan yang terlihat seperti koran akan muncul di profil Anda. Setelah panduan Anda diterbitkan, orang lain akan dapat melihat dan juga dapat membagikannya.

Untuk berbagi panduan (milik Anda sendiri atau milik orang lain), ketuk ikon Bagikan di sudut kanan atas. 

Di menu pop-up, Anda akan memiliki opsi untuk membagikannya ke cerita Anda atau mengirimkannya melalui DM. Seperti pesan apa pun, jika Anda membagikannya melalui DM, Anda dapat menyertakan pesan dengan berbagi untuk menjelaskan mengapa Anda membagikannya dengan orang atau grup tersebut.

Itulah langkah-langkah membuat Instagram Guide, mudah kan?

Anda ingin dibantu oleh PenulisKonten.id untuk mengelola Instagram Bisnis Anda? Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?