Cara Membuat dan Mengaktifkan Profil Bisnis dan Google My Business

Cara Membuat dan Mengaktifkan Profil Bisnis dan Google My Business

PENULISKONTEN.ID - Google My Business, atau yang dikenal sebagai Google Bisnisku, ternyata dapat melakukan banyak hal lebih dari yang kita kira lo! Ini semua ada hubungannya dengan Profil Bisnis, yang kemudian muncul di Google Maps.

Ketika dioptimalkan dengan benar, salah satu fitur andalan Google ini akan dapat membantu Anda melejitkan bisnis, terutama bagi Anda yang mengandalkan Google Local Search. Misalnya seperti Anda yang berbisnis kuliner, salon, atau segala bisnis yang pasarnya lokal. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, akan butuh akses ke profil bisnis tersebut, dan perlu verifikasi dengan Google bahwa Anda adalah pemilik bisnis yang sah.

Ya, kalau dilihat di manualnya, langkah-langkah untuk dapat verifikasi sih sekadar "langkah pertama membuat, langkah dua klaim, dan langkah tiga verifikasi" saja. Tapi, sebenarnya, proses ini juga nggak sesederhana itu.

Yuk, ikuti artikel ini sampai selesai, agar Anda dapat memanfaatkan Profil Bisnis dan Google My Business ini secara optimal.

Mengapa Harus Membuat Profil Bisnis dan Google My Business?

Google My Business dapat membantu memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda secara online. Inilah memang manfaat utama dari Google My Business.

Berikut beberapa hal yang mungkin akan Anda alami jika sampai tak punya Google My Business.

Anda berisiko kehilangan pelanggan

Tanpa akun Google My Business, Anda tidak memiliki kontrol atas informasi yang ditampilkan di profil Google Anda. Menurut studi BrightLocal, 68% konsumen akan berhenti menggunakan bisnis lokal kalau mereka sampai menemukan informasi pada profilnya. Misalnya, jam operasional yang salah, atau nomor kontak yang salah.

Anda tak dapat mengontrol reputasi bisnis di Google

Tanpa akun Google My Business, Anda tidak dapat menanggapi ulasan di Google yang diberikan oleh netizen. 

Well, jika ulasannya baik, tentu tak masalah. Namun, jika ulasannya buruk, bisa jadi akan menyebabkan reputasi bisnis yang sedang Anda bangun akan kena efek. 

Ulasan dari konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah bisnis di Google. Sementara itu, peringkat bisnis di Google merupakan faktor terbesar yang memengaruhi keputusan pembelian calon konsumen. Calon konsumen yang awalnya tertarik dengan bisnis Anda setelah melihat reputasi bisnis Anda yang buruk dapat menurunkan niatnya untuk menjadi konsumen.

So, bisa dibilang kalau peringkat dan reputasi ini akan sangat memengaruhi kelangsungan bisnis?

Kalah dari kompetitor

Sayang banget kalau Google My Business ini dibiarkan kosong. Ibaratnya, sama saja seperti punya toko yang ada etalasenya, tapi nggak diisi apa-apa.

Kayak nggak niat jualan.

So, kalau ingin bisnis Anda juga dianggap serius oleh (calon) pelanggan, maka buatlah mereka percaya bahwa bisnis Anda adalah yang terbaik, dan perlihatkan bahwa bisnis dikelola secara serius.

Pelanggan sudah pasti akan lebih memilih untuk membeli atau menjadi konsumen dari bisnis yang profilnya lengkap, serta terlihat "berpenghuni". 

Bayangkan saja Anda kalah dengan kompetitor hanya karena Anda tidak melengkapi profil. Nyeseknya kayak apa tuh?

Apa yang Anda Butuhkan untuk Mengklaim dan Memverifikasi Profil Bisnis Anda di Google?

Nah, sekarang pastinya Anda sudah tahu, bahwa adalah sangat penting bagi Anda untuk dapat membuat profil bisnis di Google, demi informasi yang lebih akurat. Selain juga, Anda dapat menanggapi ulasan, menarik pelanggan, dan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam pencarian lokal.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, prosesnya tidak sederhana. Butuh dua platform Google yang berbeda dan tiga akun Google yang berbeda, yang semuanya memiliki nama yang sama, meski beberapa di antaranya mungkin sudah Anda miliki.

Akun Google

Akun Google adalah akun gratis yang Anda buat dengan Google sehingga Anda dapat memiliki akses ke Google Dokumen, Google Drive, Google Foto, Gmail, dan banyak lagi. 

Banyak yang menyebutnya "akun Gmail", namun sebenarnya Gmail hanyalah salah satu fitur. Sebenarnya Anda dapat menggunakan email apa pun untuk menyiapkan Akun Google. 

Dalam artikel ini, kita samakan persepsi dengan menggunakan istilah "Akun Google standar" ya, supaya nggak bingung. 

Sebagian besar pemilik bisnis sudah memiliki dua akun Google standar. Satu digunakan untuk kebutuhan pribadi, dan yang lainnya digunakan untuk bisnis. 

Jika keduanya sudah Anda miliki, then we already are in a good start. 

Profil Bisnis

what is google my business business profile in maps fresh n clean dry cleaning
Contoh Profil Bisnis di Google Maps. Sumber: business2community

Profil bisnis adalah daftar bisnis gratis Anda di Google yang muncul di Google Maps, hasil dari pencarian lokal Google Search, dan Panel Pengetahuan kanan Google Search.

Akun Google My Business

Akun Google My Business akan memberi Anda dasbor untuk mengelola dan menyempurnakan Profil Bisnis Anda, yang kemudian akan muncul di Google Maps, seperti di atas.

Nah, Anda perlu 3 jenis akun di atas. So, pastikan Anda sudah memiliki masing-masing akun tersebut.

Cara Memverifikasi Profil Bisnis Anda di Google

Setelah Anda sudah punya akun Google, Profil Bisnis, dan akun Google My Business, mari kita rangkaikan ketiganya menjadi satu profil yang utuh. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses penuh ke Profil Bisnis Anda di Google.

Anda perlu membuat akun Google My Business dengan menggunakan Akun Google standar yang telah Anda buat. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pastikan Anda memiliki Akun Google untuk khusus bisnis yang terpisah dari akun pribadi

Ini adalah Akun Google standar yang kami jelaskan di bagian terminologi di atas. Jika sudah punya (pastikan Anda memakai akun bisnis ya, bukan akun pribadi), silakan lewati bagian ini dan langsung ke poin kedua. 


Namun, jika Anda belum punya, berikut cara untuk memilikinya. 

  • Buka accounts.google.com/signin.
  • Klik "Buat akun."
  • Anda akan melihat drop-down dengan dua opsi. Pilih " To manage my business"
  • Tuliskan informasi yang diperlukan

2. Pastikan Anda memiliki Profil Bisnis

Profil Bisnis Google ini terpisah dari akun Google My Business. 

Sebenarnya, Profil Bisnis dapat dibuat tanpa akun Google My Business. Cuma jika tak dibarengi dengan akun Google My Business, maka pemilik bisnis tidak memiliki kendali atas informasi di Profil Bisnis tersebut.

So, inilah pentingnya Anda punya Google My Business dulu. Anda hanya dapat mengubah Profil Bisnis melalui akun Google My Business.

FYI, bisa jadi, meski Anda merasa belum pernah membuat Profil Bisnis ini, tetapi ternyata sudah ada di Google Maps. Informasi ini sebenarnya bisa ditambahkan oleh setiap orang atau komputer. Namun, bisa jadi tak akurat. Karena itu, perlu Anda klaim, agar kemudian Anda bisa memasukkan informasi yang sesuai.

  • Buka Google.com/maps.
  • Cari nama bisnis Anda.
  • Jika nama bisnis Anda sudah lengkap terisi dengan alamat, ini berarti Profil Bisnis Anda sudah ada. Jika belum, maka segeralah isi alamat bisnis Anda.

3. Klaim melalui My Business

Cara mengklaim Profil Bisnis Anda di Google adalah melalui akun My Business. 

  • Login ke Akun Google bisnis Anda. Pastikan bukan yang akun pribadi ya.
  • Buka google.com/business.
  • Pilih "Kelola sekarang."
  • Berikan informasi dasar yang diminta Google, termasuk di dalamnya nama bisnis, alamat, website, nomor telepon, area pengiriman (jika perlu), dan kategori.

Nah, setelah Anda menghubungkan akun ini dengan Profil Bisnis, maka akan ada bidang tambahan yang terbuka di dasbor Anda sebagai tempat untuk menuliskan informasi tambahan. 

4. Klaim Profil Bisnis

Ada 2 cara untuk mengklaim Profil Bisnis.

Metode permintaan klaim 1:


  • Buka google.com dan cari nama dan lokasi bisnis Anda. Jika Profil Bisnis Anda muncul di sisi kanan, temukan opsi " Pemilik bisnis ini?" dan pilih.
  • Dari sana Anda akan dibawa ke layar yang bertuliskan "Kelola bisnis ini sehingga Anda dapat membalas ulasan, memperbarui info, dan lainnya."
  • Klik "Kelola sekarang," dan ikuti perintah untuk mengklaim bisnis Anda. Sekali lagi, pastikan Anda login dengan Akun Google standar yang digunakan untuk bisnis Anda, dan bukan untuk kehidupan pribadi Anda, yang dimaksud dalam Langkah 1.

Metode permintaan klaim 2:

  • Buka Google.com/maps.
  • Ketikkan nama bisnis Anda.
  • Klik Profil Bisnis Anda, yang kemudian lamannya akan diperluas.
  • Pilih opsi "Klaim bisnis ini".

5. Verifikasi kepemilikan bisnis

Ketika Anda mengklik "Kelola sekarang" seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda akan diminta untuk memberikan informasi untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik bisnis yang sah. 

Bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki, jika Anda membuat Profil Bisnis dan masuk ke akun Google My Business, Anda mungkin akan divalidasi saat itu juga. 

Jika Anda bukan orang yang membuat Profil Bisnis, Google akan mengirimkan kode verifikasi yang nantinya harus Anda masukkan ke dasbor Google Business. Bergantung pada keadaan persyaratan akun atau keamanan industri Anda, Anda dapat diberikan kode verifikasi melalui email, email, atau surat biasa.

Nah, demikianlah cara untuk membuat dan mengaktifkan Profil Bisnis dan Google My Business.

Semoga cukup jelas ya.

PenulisKonten.id menyediakan jasanya untuk membantu Anda mengembangkan Google Bisnisku agar lebih berkinerja baik sebagai media marketing bisnis Anda. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?