5 Cara Sukses Jualan Online untuk Pebisnis Pemula

cara sukses jualan online

Kesuksesan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan membangun bisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha memang tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga berpikir untuk membuat peluang bisnis baru melalui online. Mengapa memilih bisnis online? Karena biaya atau overhead yang dikeluarkan lebih rendah daripada membuka toko offline. 

Cara sukses jualan online memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. 

Lalu bagaimana cara agar jualan online Anda dapat sukses di tengah persaingan dengan banyak kompetitor?

Berikut ini 5 cara sukses jualan online untuk pebisnis pemula!

Work Works

Menjual produk secara online itu unik karena banyaknya jumlah pelanggan yang dapat Anda jangkau. Dalam beberapa juta pelanggan yang potensial untuk Anda dapatkan, tetapi ingat banyak juga  ribuan situs web pesaing yang memperebutkan perhatian mereka.

Pertama, Anda harus mengarahkan lalu lintas ke situs bisnis Anda. Cara sukses jualan online yaitu memberikan layanan hebat dan produk hebat. Sewaktu memulai bisnis, mungkin semuanya seakan bergerak lambat. Tetapi semakin banyak waktu dan upaya yang Anda lakukan untuk membuat dan mempromosikan toko online Anda, semakin banyak penjualan yang akan Anda lihat. 

Anda juga harus banyak memasarkan produk Anda ke banyak saluran. Media sosial, konten, SEO, dan iklan berbayar semuanya membutuhkan waktu, penyesuaian, dan sedikit pekerjaan setiap hari.

Fokus Pada Segmentasi Pasar Tertentu

Ketika memulai bisnis baru adalah apa yang harus dijual. Pilih dulu barang yang akan di jual sesuai dengan target pasarnya. Cara sukses jualan online dengan mengetahui target pasar. Jangan terlalu luas memilih target pasar. Segmentasi pasar yang lebih kecil memungkinkan Anda untuk menghadapi tingkat persaingan yang lebih kecil juga. Hal ini memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk terhubung dengan pembeli potensial.

Karena Anda tahu persis siapa yang harus ditargetkan. Anda dapat fokus pada lokasi calon konsumen Anda dan apa yang mereka butuhkan. Sebagai awal, fokuskan pada sekelompok kecil orang terlebih dulu.

Memudahkan Pembeli untuk Membeli

Pengunjung situs web atau blog Anda cenderung memiliki rentang perhatian yang cepat, jadi biasanya Anda memiliki waktu sekitar 10 detik untuk menarik perhatian mereka saat mereka pertama kali membuka halaman toko online Anda. Jangan menghalangi atau membuat mereka berpikir berlebihan. Banyak pengunjung akan meninggalkan situs Anda saat mereka menemui hambatan.  Ada 3 cara sukses jualan online yang menjadi kunci, yaitu:

  • Jangan memaksa pengunjung untuk mendaftar saat pertama kali mengunjungi situs Anda
  • Jangan membuat navigasi di situs web atau blog Anda rumit untuk digunakan. Letakkan navigasi di bagian atas halaman dan jaga agar tetap konsisten.
  • Jangan membuat proses pembelian menjadi lama dan jangan mencoba mengumpulkan banyak informasi dari pembeli. Semakin banyak langkah dan informasi yang diminta, semakin besar pembeli meninggalkan pembelian mereka.

Menawarkan Layanan Pelanggan yang Bagus

Cara sukses jualan online yaitu menawarkan layanan pelanggan yang bagus. Pada saat konsumen mempertimbangkan untuk membeli produk dari situs web/toko online, mereka akan mencari kepastian dulu sebelum membeli. Seperti apakah layanan tokonya baik atau buruk, pengirimannya aman atau tidak, barangnya benar-benar bagus atau tidak.

Faktanya 33% orang mengatakan mereka akan berpikir untuk beralih toko, setelah mendapatkan pelayanan yang buruk.

Salah satu tips jualan yang paling jitu  adalah dengan menawarkan jaminan bahwa jika pelanggan tidak puas, Anda akan mengembalikan uang mereka tanpa pertanyaan.

Promosikan Toko Anda

Memiliki situs web atau blog yang bagus saja tidak cukup untuk mendatangkan lalu lintas dan penjualan. Cara sukses jualan online yaitu menarik orang ke toko Anda dan membantu mereka mengambil langkah melakukan pembelian.

  • Apa yang harus Anda lakukan agar bisnis online Anda sukses?
  • Telusuri di Google untuk sesuatu yang mereka cari.
  • Mintalah saran di forum atau dari orang lain di jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook
  • Cari rekomendasi atau ulasan dari situs web atau media sosial lain

Anda perlu menginvestasikan banyak waktu dan energi setiap minggu untuk mempromosikan produk toko online Anda, seperti:

  • Menulis artikel atau postingan blog yang relevan di situs Anda
  • Temukan peluang postingan tamu di situs lain yang akan dikunjungi calon pelanggan Anda
  • Minta orang lain untuk mengulas produk Anda di situs web mereka.

Fokus untuk mendapatkan calon pelanggan mengunjungi blog atau situs Anda. Klik di sini untuk menjadwalkan webinar gratis yang akan menunjukkan cara memasarkan bisnis Anda dengan sukses.

Gunakan Analitik Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Cara sukses jualan online selanjutnya adalah menggunakan Google Analytics untuk melihat sumber mana yang membawa paling banyak calon pelanggan dan mana yang paling baik menghasilkan penjualan.

Anda juga bisa menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk membantu situs web Anda tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian. Proses ini telah melahirkan seluruh industri dan merupakan subjek posting terpisah. Anda dapat membaca gambaran umum yang bagus tentang manfaat pemasaran konten dan SEO dalam blog bisnis di sini.

Anda juga dapat mengeluarkan uang untuk mengiklankan situs web Anda di mesin pencari atau situs web lain, ini disebut Search Engine Marketing (disingkat SEM) atau Pay Per Click (PPC). Dua jaringan periklanan besar adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Bisnis yang berulang adalah aspek penting lainnya dalam membangun toko online yang sukses. Pelanggan lama adalah yang paling menguntungkan bagi Anda. Dorong pelanggan Anda untuk mengunjungi situs Anda secara teratur dengan memperbarui konten Anda secara teratur, membuat daftar email dan secara konsisten mengirimkan informasi yang relevan, dan memperbarui area situs Anda yang menurut Anda berkinerja buruk (Anda dapat melihatnya menggunakan Google Analytics).

Encourage social sharing

Mendorong pelanggan Anda untuk membagikan satu atau dua tautan di akun media sosial mereka. Anda tidak hanya meminta mereka untuk melakukan pembelian, Anda juga meminta mereka untuk membagikan toko online Anda dengan jaringan mereka atau disebut review produk yang mereka beli di toko online Anda. Rekomendasi dan dukungan dari pelanggan bisa sangat berharga dan akan mengubah serta menjadi sumber pelanggan baru.

5 Cara sukses jualan online di atas bisa menjadikan Anda gambaran langkah yang harus Anda lakukan agar bisnis online menjadi sukses. Semua orang bisa menjadi pengusaha jika mau belajar, bekerja keras, dan bersabar. Butuh banyak waktu dan upaya untuk membangun audiens dan membangun bisnis. Jangan pernah menyerah , karena usaha tak akan menghianati hasil. 

Last but not least, untuk urusan digital marketing, baik di website maupun media sosial, PenulisKonten.id menyediakan jasanya untuk membantu Anda membangun bisnis apalagi untuk Anda pemula. Kami menawarkan berbagai strategi konten dan marketing, yang berfokus pada user experience dan engagement dengan follower secara lebih intens, sehingga dapat memperkuat core market bisnis Anda yang baru.

Silakan email  kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp  .


0 komentar

Apa pendapat Anda?