Mengelola Bisnis Agar Lebih Adaptif dengan Repositioning Bisnis di Masa Pandemi dan New Normal

Mengelola Bisnis Agar Lebih Adaptif dengan Repositioning Bisnis di Masa Pandemi dan New Normal



PENULISKONTEN.ID - Tidak ada yang dapat menduga pada tahun 2020 akan terjadi pandemi virus corona di seluruh penjuru dunia. Hal ini berdampak buruk pada kehidupan, terutama usaha bisnis. Akibatnya banyak yang usahanya mengalami kemunduran, bahkan bangkrut. Mengelola bisnis pun menjadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, Anda harus segera beradaptasi agar dampak COVID-19 dapat segera ditangani. Menurut data dari US Chamber of Commerce and Metlife diketahui bahwa selama pandemi ini, 24% UMKM gulung tikar, sedangkan 43% tidak akan bertahan tanpa bantuan pemerintah. Hal ini tidak hanya berlaku di USA saja, tapi juga di Indonesia. Bahkan dampaknya lebih terasa karena banyak toko yang tutup.

Hal ini tidak dapat dihindari karena banyak negara, kota bahkan RT mengadakan “lockdown” untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Akibatnya daya beli masyarakat menurun yang disebabkan pekerjaan dan pendapatan yang berkurang ataupun perubahan pola pikir masyarakat terhadap konsumsi suatu produk.

Namun, Anda bisa bertahan dan mencoba mengelola bisnis dengan pendekatan baru agar dapat menarik customer selama masa pandemi ini. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara-cara di bawah ini.

Mengelola Bisnis Agar Lebih Adaptif

Kumpulkan Data Pelanggan

Setiap bisnis atau perusahaan yang baik akan memiliki data pelanggan loyal yang memakai produk dan jasanya. Hal ini penting karena akan memudahkan Anda untuk membuat rencana bisnis untuk jangka panjang.

Selain itu, data ini berperan untuk melakukan riset pasar atau persepsi pelanggan agar Anda bisa menyediakan produk maupun pelayanan yang lebih baik. Anda bisa memperoleh data ini dari berbagai sumber dengan bantuan media sosial, survei online, wawancara, ataupun dengan memberikan pertanyaan di story Instagram.

Cara ini juga dapat mendekatkan Anda dengan pelanggan sebelumnya. Hal ini sangat baik karena dapat membantu Anda untuk membuat langkah pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Karena pada dasarnya, memperoleh pelanggan baru itu sama sulitnya dengan mempertahankan pelanggan yang telah ada.

Persaingan Selalu Terjadi

Jangan lupa bahwa banyak bisnis saingan lainnya yang berada di situasi yang sama dengan Anda. Anda bisa melihat gerakan apa saja yang digunakan pesaing lainnya dan mencontoh atau mengubah trik mereka sehingga Anda bisa memiliki cara yang lebih sesuai dan efektif.

Contohnya saja jika sebelumnya Anda dan pesaing lain di lini bisnis yang sama jualan secara offline. Maka, perhatikan apakah sekarang mereka telah beralih ke bisnis online. Anda bisa melakukan hal yang sama, tetapi coba tambahkan layanan atau beri promo, diskon, atau gimmick lainnya untuk lebih menarik customer.

Sesuaikan Produk dan Jasa

Banyak perusahaan terkena masalah karena pandemi corona yang terjadi. Hal ini berpengaruh pada bisnis dan pemasaran. Salah satu efeknya yang cukup parah adalah ketika produk dan jasa yang ditawarkan menjadi tidak relevan lagi dengan kebutuhan pasar saat ini. 

Sudah pasti, demand menurun. Akibatnya, penjualan anjlok.

Karenanya, Anda sebaiknya melakukan diversifikasi yang bisa dilakukan dengan mengubah atau membuat produk dan jasa ataupun mengubah strategi marketing Anda

Salah satu caranya adalah dengan mengonversi bisnis menjadi online. Jika Anda bisa melakukan konversi ini dengan mulus, maka produk dan layanan yang Anda jual akan semakin mudah dipasarkan kepada customer. Jangkauan pasar pun menjadi lebih luas

Buat Lebih Banyak Konten untuk Berbagai Platform

Selama pandemi masih belum terkendali, kegiatan kita akan tetap lebih banyak berada di rumah. 

Tak pelak, hal ini menyebabkan akses internet ke media sosial semakin dan akan tetap meningkat dengan tajam, mungkin bahkan dalam beberapa tahun ke depan. Globalwebindex mencatat bahwa akses media sosial secara umum meningkat sebesar 30% untuk generasi Z, dan 29% untuk milenial.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa memang orang punya kebiasaan baru, dan semakin lama menghabiskan waktu di dunia online. So, hal ini seharusnya bisa Anda manfaatkan untuk menentukan strategi baru, mengelola bisnis Anda, dan melakukan marketing secara lebih efektif lagi.

Buatlah konten yang baik, unik, menarik dan informatif.

Mengapa? Agar Anda bisa menarik perhatian para user media sosial yang semakin banyak. Pastikan untuk menghubungkan setiap media sosial dengan website yang sudah Anda miliki melalui link atau tautan. Buat artikel-artikel yang menarik dan informatif di website Anda.

Tak hanya berhenti dengan menuliskan konten, Anda juga dapat mengelola konten dengan repurposing menjadi berbagai jenis konten.

Buatlah konten dengan isi yang sama namun dalam bentuk yang berbeda, hal ini memang tergantung media sosial yang digunakan. Contohnya saja, dari konten artikel berupa teks di website, kemudian bisa Anda ubah menjadi konten untuk video YouTube. Anda juga bisa ubah sekaligus untuk foto dan video Instagram. Dan sebagainya.


Yes, pandemi virus corona mungkin menjadi masalah besar bagi bisnis Anda. Tapi, hal ini pasti bisa Anda lalui dengan baik, jika Anda memiliki strategi dan cara lain untuk mengelola bisnis Anda agar lebih adaptif. Anda bisa mengubah posisi bisnis yang ada dengan cara di atas sehingga bisnis yang ada dapat bertahan dan eksis untuk jangka panjang.

Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda? Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

 


0 komentar

Apa pendapat Anda?