11 Ide Konten yang Dapat Menghidupkan Feed Instagram

11 Ide Konten yang Dapat Menghidupkan Feed Instagram

PENULISKONTEN.ID - Tidak dapat dimungkiri bahwa Instagram merupakan media yang sangat oke untuk digunakan sebagai alat untuk eksis, baik untuk pribadi dan bisnis yang dimiliki. 

Namun, membuat post yang unik dan menarik di Instagram itu nggak mudah lo, terlebih jika tujuannya adalah untuk menarik perhatian user lainnya.

Namun, terdapat 11 ide konten Instagram yang layak untuk Anda coba. Sebab ide-ide ini telah banyak digunakan untuk menarik audiens, sehingga meningkatkan keberhasilan strategi konten yang Anda lakukan. Coba yuk, disimak.

11 Ide Konten Feed Instagram

1. Buat Challenge

Jika kamu perhatikan, ada berbagai challenge atau tantangan yang viral beberapa waktu lalu. Misalnya seperti bucket ice challenge, brush challenge, dan lainnya mampu menarik perhatian pengguna Instagram dan media sosial lain. 

Membuat tantangan tersebut merupakan cara yang baik untuk menarik audiens dan membuat Anda selalu berpikir kreatif untuk membuat tantangan-tantangan baru lainnya.

Model tantangan ini bisa digabung dengan produk atau brand yang dimiliki. Contohnya saja, produk panci atau pisau untuk tantangan masak dan lainnya. Periode tantangan ini biasanya bertahan selama 7, 14 atau 30 hari. Tapi, Anda dapat menentukan sendiri kapan tantangan ini dapat berlaku.

2. Share Caption yang Panjang Layaknya Bercerita

Cara lainnya adalah menggunakan caption pada setiap postingan feed. Gunakanlah foto atau video yang menarik, kemudian isi captionnya seperti memberikan narasi. 

Jika menarik, maka audiens akan membaca postingan Anda, bahkan akan follow akun Instagram milik Anda. Jika hal ini dibalut dengan strategi marketing yang baik, maka angka penjualan bisa jadi akan meningkat dengan pesat.

3. Promosi Produk yang Kreatif

Promosi jasa dan produk Anda tidaklah harus dilakukan dengan cara yang sama terus menerus. 

Anda bisa mencoba berbagai cara, memakai slogan tertentu, atau menyesuaikannya dengan isu terkini. Jika memungkinkan tambahkan elemen humor agar audiens terhibur dan memperhatikan produk Anda dengan lebih baik.

4. Interview Story Instagram

Ide konten Instagram yang berikutnya yang bisa Anda coba adalah menginterview pelanggan loyal mengenai produk yang kamu miliki melalui story. Bentuknya bisa video, kumpulan testimony, chat dengan pelanggan, dan lainnya. 

Anda juga bisa meminta pendapat siapa pun untuk diwawancarai. Nggak harus selalu tentang produk Anda kok, namun hal-hal tertentu yang sedang trending pada waktu itu.

5. Video Panjang di IGTV

Ide konten Instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur IGTV. 

Fitur ini sangat bagus karena Anda bisa membagikan video dengan durasi yang lebih panjang. Video dengan durasi lebih lama akan membantumu untuk menyampaikan pesan kepada audiens dengan lebih baik .

6. Foto Grid

Fitur Instagram lainnya yang juga bisa Anda coba adalah foto grid. 

Foto grid merupakan gabungan foto yang dirangkai sedemikian rupa untuk membuat satu bentuk yang utuh. Namun, Anda bisa memakai foto grid ini dengan bebas tergantung pada tujuan yang diinginkan.

Anda bisa memakai berbagai foto atau video yang disusun dengan rapi untuk membuat produk Anda jadi terlihat lebih menonjol di halaman profil. Cara ini biasa dilakukan para pemilik brand agar produk buatannya bisa lebih mencolok dan membedakannya dari pesaing lain.

7. Kolaborasi

Ide konten Instagram selanjutnya bisa Anda lakukan dengan bekerja sama dengan pihak eksternal di luar tim. Misalnya dengan para influencer atau selebgram.

Dengan bantuan mereka, Anda bisa menemukan berbagai ide konten yang segar, baru dan unik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan peluang menjangkau target audiens baru.

8. Reposting

Cara ini sudah banyak dilakukan para pemilik bisnis baik UMKM maupun sekelas Starbucks. 

Anda bisa reposting postingan milik follower yang memakai produk Anda, atau ketika mereka berada di tempat usaha Anda (misal café, restoran dan lainnya). Kemudian beri caption dan jangan lupa kreditkan nama pemilik foto atau video aslinya. 

Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk promosi tapi juga membuat Anda dekat dengan follower, sehingga brand Anda akan semakin dekat di hati para pelanggan.

Selain itu, Anda dapat berbagi ide konten Instagram lainnya kepada follower melalui hashtag, tema postingan serta kontes atau lomba yang dibuat.

9. Update Berita Terkini

Cara terbaik untuk membuat ide konten Instagram yang relevan dengan kebutuhan pelanggan adalah dengan menghubungkannya dengan apa yang terjadi di sekitar kita. 

Contohnya saja, masalah virus corona. Mungkin beberapa rencana Anda menjadi berantakan karena virus tersebut, tapi Anda bisa membalikkan keadaan ini menjadi peluang yang baik dengan membuat konten kemanusiaan atau kiat dan tip selama masa pandemi.

Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi follower Anda, sehingga mereka akan membagikan postingan dari akun Anda ke akun-akun lainnya. Dampak baiknya adalah Anda bisa memperoleh follower baru dari ide konten tersebut.

10. Kolase Instagram Story

Kolase foto di Insta story bisa menjadi ide konten yang dapat Anda gunakan. Sebab, user Instagram lainnya sangat menyukai kumpulan foto atau video. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menyisipkan brand Anda, sehingga menjadi lebih mudah dikenal oleh user lainnya.

11. Bagikan Tweet-mu ke Instagram

Jika Anda kebetulan memiliki cuitan di Twitter atau media sosial lainnya yang lucu, inspiratif, memotivasi serta menghibur, kenapa tak bagikan juga di akun Instagram? 

Caranya mudah cukup dengan screenshot dari smartphone atau komputer lalu bagikan di Instagram.


Nah, bagaimana? Semoga beberapa ide konten feed Instagram di atas bisa memberi inspirasi bagi Anda ya.

Butuh bantuan untuk membuat konten di media sosial, khususnya Instagram? PenulisKonten.id siap membantu Anda. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?