Cara Mempercantik Konten Instagram Stories untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Cara Mempercantik Konten Instagram Stories untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Tahukah Anda, bahwa ternyata konten yang Anda unggah di Instagram Stories dapat memengaruhi kelangsungan brand usaha Anda, lho. Konten-konten yang Anda unggah di Instagram Stories akan menentukan apakah brand Anda bisa sukses meraih pasar di Instagram atau bahkan tidak sama sekali. 

Statistik menunjukkan bahwa satu dari lima Instagram Stories menerima direct message. Bahkan di tahun 2018, para pemasar menemukan bahwa Instagram Stories menjadi satu-satunya cara yang paling efektif untuk membangun sebuah brand dan bisnis. So, masihkah Anda menutup mata akan dampak pemasaran yang dilakukan melalui konten Instagram Stories? 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat sejumlah strategi khusus yang perlu Anda terapkan dalam membuat konten Instagram Stories. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Instagram Stories untuk Bisnis Anda?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui langkah efektif untuk mengunggah konten Instagram Stories. Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan ketika mengunggah konten Instagram Stories:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Tap pada ikon +
  3. Pilih Stories
  4. Lalu setelah masuk ke format Instagram Stories, ada sejumlah format yang telah tersedia mulai dari Type, Live, Boomerang, dan lain-lain.
  5. Untuk mengambil gambar, langsung tap pada lingkaran yang ada di tengah. Jika ingin mengambil video, geser menu ke bawah dan pilih Handsfree.
  6. Jika Anda ingin mengunggah foto yang sudah ada di galeri ponsel, Anda dapat menambahkannya dengan mengetap pada ikon image yang ada di sudut kiri bawah.

Selain langkah-langkah di atas, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengunggah konten di Instagram Stories. 

1. Relevan dan Match dengan Brand

Sangat disarankan untuk Anda agar membuat konten Instagram Stories yang match dengan brand Anda, mulai dari font, desain hingga palet. Sudah selayaknya komponen-komponen ini persis dengan konten yang Anda posting di semua akun media sosial agar mudah dikenali oleh pelanggan Anda. Jangan lupa mengunggah konten yang berkualitas tinggi, ya.

2. Perbanyak Menggunakan Stickers, Polls, GIFs dan sejenisnya

Instagram stories memang memiliki banyak fitur. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak ketinggalan zaman dan mengeksplorasi lebih jauh terkait fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram Stories ini. Dengan menambahkan stickers, polls, GIFs dan sejenisnya secara tidak langsung Anda peduli dengan followers Anda, lho.

3. Gunakan Sticker Hashtag dan Location

Sticker hashtag dan location yang Anda tambahkan pada Instagram Stories berarti Anda juga memberikan kesempatan pada followers untuk menemukan lokasi yang mereka inginkan. Nah, inilah yang dapat memperluas basis konsumen Anda.

Baca juga: Strategi Penggunaan Hashtag di Media Sosial yang Paling Jitu

4. Gunakan Fitur Text, Brush dan Colour

Fitur-fitur ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi konten Instagram stories sesuai dengan keinginan Anda. Konon, fitur-fitur ini juga dapat membantu konten Instagram stories Anda untuk tampil stand out dibanding lainnya, lho.

5. Maksimalkan Sticker Link

Dulu, sticker Link ini adalah Swipe Up, dan hanya bisa digunakan oleh Instagram Business yang followersnya sudah mencapai angka 10k. Kini setiap pengguna bisa memanfaatkannya, dan sudah dalam bentuk sticker.

Pastikan Anda menggunakan fitur ini dengan baik dan tambahkan beberapa tautan baik blog, website maupun video yang memang relevan dengan apa yang diinginkan oleh audiens Anda, ya.

6. Membuat Highlights Instagram Stories

Fitur highlights Instagram Stories ini terletak di bawah bio profil akun Anda dan menawarkan cara yang benar-benar luar biasa untuk memperluas jangkauan audience Anda. Namun, highlights story Anda harus berisi hal-hal yang eye catching ya!

7. Strategi konten yang Efektif

Strategi konten yang jelas dan efektif memang sangat diperlukan dalam menjangkau khalayak Anda di Instagram. Sudah selayaknya bahwa Anda membuat konten Instagram Stories yang relevan dengan tujuan branding bisnis yang Anda bangun. 

Baca juga: 8 Trik Membuat Foto Instagramable untuk Menjual Produk Tanpa Banyak Modal!

Nah, demikianlah bagaimana cara mempercantik konten Instagram Stories untuk membangun bisnis. Konten-konten yang Anda unggah pun dapat berupa promo produk, proses pembuatan produk yang menawan, hingga testimoni pelanggan.


0 komentar

Apa pendapat Anda?