6 Tip Mudah Mempertahankan Website Anda Tetap Berada di Top 3 Google Ranking

6 Tip Mudah Mempertahankan Website Anda Tetap Berada di Top 3 Google Ranking

PENULISKONTEN.ID - Menduduki posisi teratas, terutama menjadi salah satu top 3 Google ranking, dalam hasil pencarian adalah tujuan dari sebagian besar pemilik website. Maka tidak heran jika para pemiliki situs ini melakukan berbagai upaya untuk mencapai posisi puncak tersebut. 

Namun, bagaimana jika website Anda sudah menduduki posisi tersebut?

Umumnya, tidak ada pemilik website yang mau bergeser dari top 3 Google ranking. Pasalnya, dengan menduduki posisi top 3 Google ranking, maka kredibilitas dan performa situs Anda sudah tidak diragukan lagi. 

Konten website Anda mampu berada di puncak tiga teratas dalam hasil pencarian Google dan Anda ingin mempertahankannya? 

Jangan khawatir, artikel ini akan mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara efektif mempertahankan website Anda agar tetap berada di Top 3 Google Ranking.

Mempertahankan Website agar Tetap Berada di Top 3 Google

1. Tetaplah Membuat Konten-konten yang Fresh

Sejak adanya pembaruan Google Caffein, kesegaran konten telah menjadi salah satu faktor terpenting yang akan memengaruhi peringkat. Pembaruan tersebut diluncurkan untuk memastikan bahwa mesin telusur data meningkatkan efisiensi crawl dan penyimpanan data.

Jadi, penting bagi Anda sebagai pemilik website untuk memastikan bahwa konten-konten yang diposting merupakan konten yang fresh. 

Hal tersebut wajib Anda lakukan jika ingin memertahankan website Anda berada dalam Top 3 Google Ranking. Perbarui konten-konten lama Anda dengan informasi dan kata kunci yang baru, ya.  

2. Tetap Awasi Kompetitor Anda

Untuk mempertahankan Top 3 Google Ranking, Anda tidaklah cukup menggunakan usaha-usaha internal saja. Anda juga perlu mengawasi kompetitor yang mencoba merebut posisi website Anda di top 3 Google ranking.

Jadi, meskipun Anda terus menerus memperbarui konten, tidak menutup kemungkinan bahwa kompetitor mampu merebut posisi website Anda di Top 3 Google Ranking jika Anda tidak mengawasi mereka.

Salah satu tools yang banyak direkomendasikan adalah Ubersuggest oleh Neil Patel. Dengan tools ini, Anda dapat mengetahui kompetitor mana saja yang mencoba merebut posisi Anda dengan kata kunci teratas. 

3. Pertahankan Social Signal yang Baik

Menurut Backlinko, social signals merupakan faktor penunjang peringkat pencarian teratas yang tidak boleh diabaikan. Meskipun tidak berdampak secara langsung pada peringkat, social signals mampu meningkatkan otoritas website Anda secara keseluruhan, lho. 

Jadi, Anda perlu seaktif mungkin di sosial media jika Anda ingin tetap berada di Top 3 Google Ranking. Selain itu, meskipun Anda telah memiliki jadwal posting, tidak ada salahnya untuk tetap bereksperiman dengan frekuensi dan waktu posting Anda demi melihat apakah ada cara lain untuk meningkatkan engagement.

4. Perketat Pemantauan Anda

Salah satu hal terpenting untuk mempertahankan peringkat pencarian Anda adalah dengan selalu waspada. Hal ini berarti Anda perlu melacak segala sesuatu yang dapat berdampak pada perangkat Anda. Dengan demikian, Anda dapat tetap waspada terhadap segala kemungkinan gangguan yang terjadi pada website Anda. 

Anda dapat menggunakan dasbor seperti Zoho untuk mempermudah pemantauan. Tools ini mampu melacak semuanya mulai dari peringkat kata kunci dan domain rujukan, hingga SEO dan SEM secara real time. 

5. Tingkatkan Performa dan Kegunaan Website Anda

Faktor lain yang mendukung peringkat situs Anda adalah kegunaan dari website tersebut. Jika Anda mengelola website Anda untuk mencapai top 3 Google ranking, Anda perlu sadar akan hal ini. Orang-orang yang mengunjungi situs Anda harus mendapatkan pengalaman yang dapat membuat mereka ingin tinggal lebih lama.

Artinya, website Anda harus lebih cepat dan juga lengkap. Dengan demikian, para pengunjung situs Anda dapat bernavigasi dengan mudah sehingga dapat memenuhi kebutuhan atau informasi yang mereka cari. 

Anda dapat menggunakan Google PageSpeed Insight untuk menjaga performa dan kecepatan website Anda. Tools ini juga dapat memberikan Anda rekomendasi terkait bagaimana Anda dapat mengoptimalkan kecepatan website secara gratis. Luar biasa bukan?

6. Lanjutkan Upaya Link-Building Anda

Dengan mencapai posisi Top 3 dalam Google ranking, jelas bahwa link profile Anda sudah baik. Namun, untuk mempertahankan peringkat ini, Anda tidak bisa hanya berhenti pada upaya link-building saja. 

Dalam mempertahankan posisi tersebut, Anda perlu melakukan lebih banyak upaya dibanding ketika Anda masih berjuang untuk menempati peringkat tersebut. 

Ketika Anda berada di posisi teratas dalam hasil pencarian, maka kompetitor akan menganalisis profil Anda secara menyeluruh dan menganggap Anda sebagai pesaing utama mereka. Dengan demikian, Anda tidak boleh lengah dan harus selalu waspada, ya. 

Itulah sejumlah tip dan cara yang perlu Anda praktikkan, jika posisi website Anda di Top 3 Google ranking tidak mau tergeser oleh situs lain. 

Jika Anda menemukan kesulitan, meminta bantuan professional bisa menjadi salah satu alternatif bantuan. PenulisKonten.id siap sedia membantu Anda kapan pun untuk menangani masalah ini. 

Cukup dengan kirim email atau WhatsApp ke nomor kami, dan kami akan membantu menyelesaikan masalah yang Anda hadapi terkait Google Ranking. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?