Memahami Pentingnya Google Index, Database Search Engine yang Menyimpan Info Website Anda

Memahami Pentingnya Google Index, Database Search Engine yang Menyimpan Info Website Anda


PENULISKONTEN.ID - Jika Anda berkutat dengan dunia website dan digital marketing, maka Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Index. Namun, bagi Anda yang baru akan mengembangkan website, nah, bisa jadi ini hal baru.

Jika Anda memang baru dii dunia ini, Anda perlu mengetahui apa itu Google Index. 

Google Index adalah sebuah database yang berisi informasi mengenai sejumlah website, sehingga nantinya dapat ditampilkan kepada users. Konon, database ini dikumpulkan melalui proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh mesin telusur. Contohnya di sini seperti Google. 

Bagaimana Google Index Bekerja?

Ketika crawling, Google akan menelusuri dan menjelajahi berbagai website yang ada di internet melalui URL yang mereka temukan. Setelah itu, pada tahap Indexing, Google akan mengumpulkan dan menyimpan setiap halaman website dalam sebuah database yang biasa disebut Google Index. Pencarian website oleh Google ini dilakukan menggunakan bahasa program yangd isebut Googlebot. 

Googlebot ini juga dikenal sebagai “spider”-nya Google; aplikasi atau software yang akan meramban berbagai konten yang ada di dunia internet. Alat ini berfungsi untuk mencari situs-situs baru, memperbarui halaman situs yang ada, dan juga menandai sejumlah link yang rusak. Luar biasa bukan? Berdasarkan hasil dari proses crawling, Google akan melihat informasi pada situs Anda, mulai dari konten, meta description, alt tags dan masih banyak lagi. 

Apakah Website Anda Sudah Terdaftar di Google Index?

Dengan adanya crawling dari Google, Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan website Anda karena akan ditemukan secara otomatis. Namun, proses ini sangat bergantung pada jangka waktu dari  Google untuk menyerapi dan mengindeks konten website Anda. Nah di sinilah si spider tersebut butuh waktu, sehingga pengindeksan tidak akan terjadi secepat yang Anda inginkan. 

Anda penasaran, apakah website Anda sudah terdaftar di Google Index? Anda hanya perlu mengetik “Site:Namadomain.com.” pada kolom search. Contohnya adalah ketik “Site:PenulisKonten.id” pada kolom search.

Jika belum ada konten yang diindeks untuk suatu website, maka Google akan memberi tahu bahwa pencarian Anda tidak cocok dengan hasil apa pun. Apabila demikian, Anda perlu melakukan bebereapa langkah agar kemudian website Anda dapat diindeks dengan baik oleh Google. Salah satunya adalah dengan membuat sitemap yang kemudian dikirimkan ke Google. 

Bagaimana Cara Mengirimkan Website Anda ke Google?

Untuk mengirimkan website Anda ke Google, Anda dapat menambahkan sitemap yang diperbarui ke akun Google Anda. Selain itu, Anda dapat mengirimkan permintaan pengindeksan untuk URL yang diinginkan melalui Index Request. Kedua langkah ini, mengharuskan Anda sebagai pemilik situs atau website dan telah diverifikasi melalui Google Search Console.

Berikut adalah detail dari kedua langkah tersebut:

Jika Anda memiliki website baru, maka pertama Anda perlu melakukan verifikasi website Anda dengan Google Search Console. Kemudian, kirimkan dengan memilih menu “submit a sitemap” pada halaman tampilan Google Search Console.

Namun, jika Anda sudah memiliki website dengan domain yang sudah diluncurkan, maka Anda masih tetap dapat mengirimkan halaman baru untuk diindeks oleh Google. 

Sebelumnya, siapa pun dapat melakukan hal ini jika halamannya pengink di-crawl oleh Google, tidak peduli mereka adalah pemilik dari halaman tersebut atau bukan. Namun, saat ini, hanya Anda yang memiliki website yang bersangkutan saja yang dapat meminta Google untuk melakukan re-crawl. 

Selain langkah-langkah tersebut, agar website Anda terdaftar dalam Google Index, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Membuat Robots.txt untuk memberi tahu mesin telusur terkait halaman mana saja yang perlu diindeks maupun tidak.
  • Buatlah konten-konten yang berkualitas agar website Anda lebih cepat untuk masuk ke Google Index. 
  • Menambahkan internal link dalam konten yang Anda publish, adalah langkah penting agar konten Anda terhubung dengan konten lainnya sehingga dapat membantu Googlebot untuk memahami konteks dari website Anda.
  • Buatlah halaman dengan kategori konten jika Anda memiliki website dengan daftar konten yang beragam.
  • Membangun backlink yang berkualitas agar Googlebot lebih mudah untuk menemukan website Anda.

Masih banyak langkah yang bisa dilakukan agar website Anda terdaftar dalam Google Index. Dengan website Anda terdaftar pada Google Index, maka situs Anda akan lebih mudah muncul pada mesin telusur. 

Rumit? Sebenarnya sih tidak. Namun, butuh detail dan keteraturan untuk memastikan website Anda terindeks dengan baik di Google, dan bisa ditemukan oleh mereka yang butuh informasinya.

PenulisKonten.id dapat membantu Anda. Silakan email kami atau kirimkan pesan melalui WhatsApp di jam kerja untuk berdiskusi lebih lanjut. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?