8 Tips Jitu Menentukan Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

8 Tips Jitu Menentukan Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

PENULISKONTEN.ID - Domain merupakan nama alamat dari sebuah website. Menentukan nama domain yang pas menjadi salah satu hal yang krusial ketika Anda memutuskan untuk membuat website. Mengapa demikian?

Dengan domain yang tepat, maka akan memudahkan users untuk mengakses dan menemukan situs Anda. Nama domain yang singkat dan gampang diingat, akan memudahkan users untuk mengunjungi website Anda. 

Lantas, bagaimana menentukan nama domain yang tepat untuk website Anda?

Tip Memilih dan Menentukan Nama Domain

Terdapat sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih nama domain yang tepat untuk website. Berikut sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menentukan nama domain:

1. Gunakan Keywords yang Berhubungan dengan Tema Website Anda

Menambahkan kata kunci untuk nama domain website Anda adalah hal yang patut dipertimbangkan. Kumpulkan kata kunci yang berhubungan dengan tema website Anda sebelum mencantumkannya sebagai nama domain. 

Dengan keywords atau kata kunci khusus yang berhubungan dengan tema website, maka users akan lebih mudah untuk mengenali situs Anda. Nama domain yang sesuai dengan tema website dapat membantu meningkatkan ranking situs Anda di mesin telusur, lho. 

Misalnya, website Anda berkaitan dengan jasa digital marketing, maka nama domain yang cocok untuk website seperti PenulisKonten.id, PerfectMarketing.com, dan masih banyak lagi.

2. Masukkan Lokasi Anda

Dewasa ini, banyak bisnis yang hanya dioperasikan dan melayani untuk area geografis tertentu. Dengan menyertakan lokasi ini dalam nama domain Anda, maka akan membantu penelusuran website Anda menjadi lebih relevan secara lokal. 

Nama domain berbasis lokasi ini memiliki dampak yang cukup signifikan untuk bisnis hanya dari penelusuran organik, lho. Luar biasa bukan?

3. Gunakan Nama yang Singkat, Unik dan Mudah Diingat

Semakin singkat dan semakin unik nama domain website Anda, maka akan semakin mudah untuk diingat. Banyak perusahaan yang telah berhasil membuat nama unik dengan menambahkan atau menghapus huruf dari kata umum, misalnya seperti Tumblr. 

Selain itu, menggabungkan dua kata umum menjadi satu atau menggunakan kata umum untuk konteks baru juga dapat memunculkan nama-nama yang unik, lho. Berpikir sedikit kreatif dapat membantu Anda, untuk menentukan nama domain yang “stand-out”. 

4. Lakukan Modifikasi dan Kombinasi Nama Domain

Jika Anda sudah mendapatkan kata kunci atau keywords menarik yang berhubungan dengan tema website, maka selanjutnya Anda perlu memodifikasi dan juga menggabungkannya dengan beberapa kata lainnya. 

Usahakan Anda menambahkan kata-kata yang mencerminkan bisnis atau apa yang Anda lakukan, ya.

5. Pikirkan Apa yang Hendak Diketik Users untuk Menemukan Bisnis Anda

Melakukan brainstorming dengan orang-orang terdekat atau tim Anda dalam menentukan nama domain juga dapat dicoba. Dengan bertanya dan saling tukar pendapat, maka Anda akan mendapatkan banyak sudut pandang dari berbagai pihak yang bisa dikembangkan lagi. 

Pilihlah frasa yang mudah diingat yang memungkinkan untuk ditelusuri oleh users, ya. 

6. Gunakan Akronim

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, akronim adalah sebuah singkatan atau gabungan huruf yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Anda dapat menggunakan akronim untuk menentukan nama domain. 

Banyak perusahaan yang sukses seperti IBM, BMW, Telkomsel dan masih banyak lagi yang menggunakan akronim sebagai merek dan nama domain mereka. Anda juga bisa menyingkat nama lokasi bisnis seperti YG, BDG, dan lain sebagainya.

7. Gunakan Nama yang Sama dengan Akun Media Sosial Anda 

Banyak orang di luar sana yang memulai bisnis dengan perjalanan digital mereka melalui media sosial. Lantas, mengapa Anda tidak menggunakan nama yang sama dan sudah dikenal oleh audiens di media sosial untuk nama domain website? 

Dengan menggunakan nama yang sama dengan media sosial, maka akan lebih mudah untuk mengingatkan dan mengarahkan users atau audiens untuk mengunjungi situs yang sudah terintegrasi dengan media sosial Anda. 

8. Menggunakan Tools untuk Menentukan Nama Domain

Mengguanakan alat yang menyediakan opsi nama domain untuk website Anda juga salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak perlu repot-repot, dengan alat penyedia opsi nama domain, Anda hanya perlu mengetik kata kunci yang berkaitan dengan tema website Anda. Kemudian tools tersebut akan menampilkan nama domain yang menarik dan relevan untuk Anda. 

Menentukan nama domain memang tidak mudah. Pasalnya, dalam menentukan nama domain Anda membutuhkan perpaduan antara fleksibelitas dan kreativitas. Semoga tip di atas dapat membantu Anda menemukan nama domain yang tepat, ya. 

 PenulisKonten.id dapat membantu Anda untuk mengelola website dan melejitkan bisnis. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?