7 Strategi Kreatif Meningkatkan Traffic Website untuk UMKM dan Bisnis Kecil

7 Strategi Kreatif Meningkatkan Traffic Website untuk UMKM dan Bisnis Kecil

PENULISKONTEN.ID - Anda salah satu pemilik dan ingin meningkatkan traffic website UMKM atau bisnis kecil? 

Keputusan Anda untuk berinvestasi dan tidak mengabaikan SEO (Search Engine Optimization) adalah hal yang tepat. Pasalnya dengan memperhatikan SEO, website Anda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dilirik oleh pelanggan yang potensial. 

Melansir dari beberapa sumber, lebih dari 70% calon pelanggan potensial mencari produk ataupun jasa menggunakan google local search. Jika website Anda muncul di halaman pertama ketika user memasukkan keywords yang berhubungan dengan usaha Anda, maka dapat dipastikan bahwa akan ada pelanggan potensial baru yang melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Menarik bukan?

Lantas, bagaimana cara meningkatkan traffic website untuk menggaet pelanggan potensial baru untuk bisnis kecil maupun UMKM? 

Strategi Kreatif Meningkatkan Traffic Website Anda

Berikut adalah sejumlah strartegi kreatif yang akan membantu Anda untuk meningkatkan traffic website yang bisa Anda lakukan.

1. Buatlah Konten yang Menarik

Tidak dapat dimungkiri bahwa konten yang menarik pada website Anda dapat meningkatkan website traffic. Untuk membuat konten yang menarik, Anda perlu menghindari topik-topik yang membosankan. Usahakan membuat konten yang universal, namun tetap relate dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Dalam membuat konten, Anda juga perlu memperhatikan judul. Membuat judul yang menarik menjadi hal yang paling efektif untuk meningkatkan traffic website, lho. Jangan lupa menambahkan gambar yang berkualitas untuk mempercantik tampilan visual dari website Anda, ya. 

2. Promosikan Website Anda Menggunakan Media Sosial

Melibatkan media sosial untuk meningkatkan traffic website adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan.

Pasalnya, dengan mempromosikan situs usaha menggunakan media sosial akan membuka peluang untuk pelanggan potensial baru berkunjung ke situs Anda. 

Dengan mengunggah konten website bisnis kecil Anda ke Facebook, LinkedIn atau sosial media lain, berarti Anda telah menyajikan konten dengan beragam format yang dapat menarik perhatian users. 

3. Menggunakan Iklan Berbayar

Selain menggunakan langkah-langkah yang gratis, menggunakan jasa pengiklanan berbayar akan menjadi salah satu langkah paling cepat dan bertarget untuk menyampaikan konten kepada audiens atau users website Anda. Jangan lupa untuk membuat iklan Anda stand out, ya. 

Agar lebih efektif, untuk membuat iklan Anda menonjol, Anda perlu memahami apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Anda perlu mempelajari iklan pesaing, mulai dari bahasa hingga tampilan visual untuk mengetahui apa yang kurang dari iklan tersebut. 

4. Menggandeng Komunitas 

Di tahun 2016, influencers mulai menjadi pusat perhatian. Menggunakan media sosial, mereka memiliki followers yang masif dan berkembang. 

Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk membantu Anda meningkatkan traffic website juga lho.  Anda bisa mengajak mereka untuk berkolaborasi dan berbagi konten dengan massa mereka.

5. Membangun dan Meningkatkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah bagian yang vital untuk mengarahkan users agar mengunjungi situs Anda. 

Semakin baik konten Anda untuk SEO, maka akan semakin mudah users menemukan website Anda ketika mereka memerlukannya. Meningkatkan SEO dapat Anda lakukan dengan mengimplementasikan schema, memasukkan internal link, dan juga menentukan keywords yang relevan dengan usaha Anda. 

6. Menggunakan Desain Website yang Efektif

Apakah Anda tahu bahwa desain website juga berdampak pada ranking hasil mesin telusur? 

Desain dari situs Anda ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi users experience, lho. Jadi, penting bagi Anda untuk membuat desain yang users friendly, ya. Perhatikan kecepatan situs dan pastikan situs Anda juga mudah dinavigasi. 

7. Strategi Pemasaran Menggunakan Email Marketing

Untuk meraih pelanggan potensial baru secara online, penggunaan email marketing adalah strategi pemasaran yang efektif. 

Menurut McKinsey, email memiliki efektivitas 40 kali lebih efektif untuk memperoleh pelanggan baru, dibanding dengan beberapa platform media sosial lainnya. Tidak hanya menjadi ujung tombak pemasaran, email marketing juga dapat membantu Anda meningkatkan website traffic jika diolah dengan tepat. 

Itulah sejumlah strategi yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan traffic website demi menunjang keberlangsungan UMKM dan bisnis kecil yang Anda miliki. Dengan sejumlah strategi ini, Anda dapat meningkatkan traffic website dalam waktu yang singkat, lho.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan, PenulisKonten.id dapat membantu Anda untuk hal-hal tersebut. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp. (Riri)


0 komentar

Apa pendapat Anda?