5 Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

5 Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

PENULISKONTEN.ID - Banyak beredar informasi di masyarakat bahwa keywords atau kata kunci merupakan salah satu hal yang krusial dalam dunia SEO. Performa keywords dalam meningkatkan SEO memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada elemen fisik tertentu yang dapat meningkatkan ranking pencarian website Anda? Apa itu? Struktur website.

Yap! Salah satu elemen penting yang tidak dapat Anda abaikan adalah struktur website. 

Struktur website adalah susunan halaman yang ada di website Anda. Struktur website yang baik adalah yang memiliki navigasi halaman saling terhubung sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan hal-hal yang mereka butuhkan dari website Anda. Dengan struktur website yang baik, maka pengunjung akan mendapatkan user experience yang baik ketika mengunjungi website Anda. 

Jenis-jenis Struktur Website

Terdapat berbagai tipe struktur website yang perlu Anda ketahui. Melansir dari berbagai sumber, terdapat empat tipe struktur website yang bisa Anda gunakan. Berikut ulasannya:

Linier

Sering disebut sebagai tipe struktur website yang paling sederhana, struktur linier biasa digunakan untuk website edukasi maupun training. Informasi yang tertera pada website pun disusun secara linier mulai dari yang umum hingga yang spesifik.

Hierarki

Pada tipe struktur ini, halaman website disusun menyerupai pohon. Strukturnya pun dimulai dari parent page yang berisi mengenai informasi yang lebih umum, dan kemudian dilanjutkan dengan child pages yang berisi informasi yang lebih detail. Tipe struktur website seperti ini adalah tipe yang paling umum dan banyak disukai oleh user, lho.

Matriks

Struktur website yang bertipe matriks ini adalah struktur yang menyediakan banyak link dengan berbagai kumpulan topik untuk user. Hal ini akan memudahkan user untuk bebas memilih halaman mana yang akan mereka kunjungi.

Networks

Strutur website dengan tipe ini dipercaya sebagai struktur yang paling dinamis. User akan dimanjakan dengan fitur search untuk mendapatkan pengalaman pencarian yang menyenangkan. 

Bagaimana Membuat Struktur Website yang SEO Friendly?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat website yang SEO friendly:

1. Pahami Kemampuan Penyerapan Website Anda

Secara sederhana, kemampuan penyerapan situs mengacu pada kemampuan mesin telusur untuk menjelajahi website, tepatnya subhalaman dan topik tertentu. Mesin pencari mengharapkan website yang Anda bangun dapat dengan benar memenuhi kebutuhan user. Sehingga dalam penataan halaman website, Anda perlu menghindari halaman yang tidak dapat bernavigasi ke mana-pun.

2. Menghadirkan Internal Link pada Website Anda

Hadirnya internal link dalam website Anda dipercaya memiliki keunggulan tersendiri dalam pengoptimalan search egine atau mesin pencari. Setelah Anda menambahkan internal link, mesin pencari akan dengan mudah menemukan laman terkait melalui keywords atau kata kunci tertentu. 

Hal ini juga dapat mempermudah user dalam mengakses konten, lho. Dengan menambahkan internal link, maka halaman yang saling terkait akan lebih diutamakan dalam hal manfaat peringkat. 

3. Hargai User Experience 

Keterlibatan user dan pengalaman adalah hal yang tidak dapat diabaikan. Memberikan pengalaman yang baik pada user saat berkunjung ke website Anda, menjadi salah satu indikator berpengaruh terhadap SEO. Pasalnya, website yang kurang terstruktur dapat mengusir user Anda secara perlahan, lho. 

4. Mengelola Duplicate Pages

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah duplikasi konten. Ada kalanya konten yang sama diunggah dua kali di website. Oleh karena itu, salah satu tools terbaik  yang dapat Anda manfaatkan untuk memahami kejahatan dari duplikasi konten adalah Search Console Google.

5. Melakukan Asessement pada Struktur URL

Menilai struktur URL adalah hal yang penting Anda lakukan. Melansir dari beberapa sumber, aspek pertama yang perlu diperhatikan adalah ada tidaknya karakter asing, seperti #, @, % dan lainnya. Karakter-karakter asing tersebut dapat memengaruhi fokus pada keywords yang ada.

Selain itu, faktor penting berikutnya berkaitan dengan panjang URL. Sebagian besar website streaming memiliki nama yang lebih pendek, agar muda diingat dan diucapkan oleh user. Sejumlah data menyebutkan bahwa 100 URL teratas memiliki rata-rata 38 karakter dengan batas nominal 36 karakter di beberapa tempat.

Demikianlah ulasan terkait pentingnya struktur website dan hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat website yang SEO friendly. Website yang terstruktur dengan sempurna merupakan langkah pertama untuk SEO yang sukses. 

Anda perlu bantuan untuk membuat website yang menarik bagi bisnis Anda? 
PenulisKonten.id ada di sini. Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?