3 Pilar Search Engine Optimization: Kata Kunci, Konten, dan Link Building

3 Pilar Search Engine Optimization: Kata Kunci, Konten, dan Link Building

PENULISKONTEN.ID - SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Anda pasti sudah tahu, kalau SEO merupakan teknik meningkatkan traffic masuk ke situs, dan berkaitan erat dengan kualitas dan kuantitas konten melalui hasil pencarian organik.

Faktanya, algoritme Google juga berubah setiap tahun. Terutama setelah 2011, terjadi update algoritme besar-besaran yang mengubah berbagai aspek.

Namun, mau diupdate seperti apa pun, inti Search Engine Optimization selalu hanya ada pada 3 pilar ini. Anda mau tahu?

3 Pilar Search Engine Optimization

1. Kata Kunci

Kata kunci, atau keywords, adalah jembatan antara apa yang orang cari dan apa yang dapat kita berikan. Karena itu, memilih kata kunci yang tepat merupakan hal yang sangat penting.

Jika Anda memilih kata kunci yang kurang tepat, maka traffic pun akan tidak maksimal. Jadi, langkah pertama content marketing dengan SEO adalah memilih kata kunci yang tepat.

Anda bisa menemukan kata kunci yang cocok untuk niche Anda dengan menggunakan beberapa tools yang tersedia di Google. Yes, Keyword Planner.

Namun, ada sejumlah tools SEO lain yang juga bisa Anda manfaatkan, misalnya SEMrush, Ahrefs, ataupun UberSuggest. 

Untuk cara riset kata kunci yang oke, Anda bisa mempelajarinya dalam artikel yang link-nya sudah ditautkan.

Untuk mengalahkan kompetitor dan tampil standout, pilihlah long tailed keywords. 

2. Konten

Content is the king.

Begitulah yang biasanya dikatakan, bukan? Kami sendiri setuju, jika konten adalah yang paling penting dan kunci kesuksesan situs Anda.

Sesuai studi HubSpot, situs yang mampu mem-publish konten secara teratur akan mendapatkan 55% lebih banyak pengunjung, traffic 350% lebih banyak, dan menghasilkan 67% lebih banyak CTR. Sedangkan, studi dari Demand Metric menunjukkan, artikel blog akan mendapatkan 97% lebih banyak inbound link, dan 434% peningkatan pada halaman yang diindeks.

Bahkan Google telah mengkonfirmasi, "konten" adalah salah satu dari 3 faktor peringkat teratas perankingan.

Dalam membuat konten, ada 3 prinsip penting yang harus diperhatikan:

Expertise

Authorities

Trustworthiness

Nah, tentang E.A.T ini, Anda dapat membaca secara detail pada artikel yang sudah ditautkan.

Studi lainnya menunjukkan, hanya 1% pemasar yang mampu membuat konten dengan baik. Sisanya? Hanya sekadar mengonsumsinya, dan kemudian mempublish ulang. So, jika Anda dapat menciptakan konten yang unik, informatif, dan relevan dengan target audience Anda, apalagi memiliki skor E.A.T yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kekuatan tersendiri.  Superpower Anda!

Setelah memenuhi ketiga hal penting di atas, maka optimasi konten menjadi langkah selanjutnya. 

3. Link Building

Sekarang, dengan riset kata kunci yang tepat dan pembuatan konten berkualitas, Anda sebenarnya telah memenangkan setengah pertempuran SEO. Tetapi bagian tersulit tentang SEO adalah link building. Ini adalah bagian dari SEO Off-Page.

Tidak peduli seberapa banyak SEO di halaman yang Anda buat, situs Anda tidak akan mendapat peringkat bagus jika Anda tidak melakukan link building. 

Intinya, alur kerja Anda harus sesuai dengan algoritme Google. Semakin banyak Anda memiliki backlink di situs otoritas tinggi, semakin tinggi visibilitas Anda, semakin tinggi Anda menerima traffic, dan semakin besar kemungkinan Anda akan peringkat lebih tinggi.

Setiap situs web dapat meningkatkan peringkat, peringkat domain, dan otoritasnya di Google jika mereka memiliki link building yang kuat. Namun, link ini haruslah natural; tidak berbayar. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk link building: 

Guest posting di situs ataupun blog lain. 

Buat infografis yang informatif

Share di forum-forum

Optimasi profil media sosial

Kesimpulan

Riset kata kunci merupakan bagian super penting dari SEO. Jika Anda dapat memilih kata kunci dengan benar, maka dampaknya akan berjangka panjang; traffic akan stabil, yang berarti lebih banyak CTR dan konversi.

Konten bukan hanya raja, tetapi kerajaan itu sendiri. Konten dapat membangun, tetapi juga sekaligus menghancurkan bisnis Anda. Konten Anda akan menentukan branding Anda; juga menentukan kelayakan, dan membantu membangun kepercayaan dari target pasar. Jika situs Anda tak dapat memberi informasi dan inspirasi yang dibutuhkan, maka semua upaya tidak ada artinya.

Dan bagian terberat adalah otoritas situs web Anda. Semakin tinggi backlink, semakin baik peringkat Anda, dan semakin besar kemungkinan situs web Anda akan mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan penjualan.

Demikianlah 3 pilar pemasaran SEO yang berupa kata kunci, konten, dan backlink. Jika ada situs yang kehilangan salah satu pilar ini, maka tak hanya akan kehilangan traffic dan peringkat, tetapi yang paling penting ialah penjualan dan ROI.

Ouch!

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola konten di website maupun media sosial Anda, Penuliskonten.id dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan ide dan strategi bisnis yang sudah dirumuskan.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?