Step by Step Membuat Konten Viral

Step by Step Membuat Konten Viral


PENULISKONTEN.ID - Pernahkah Anda melihat sebuah konten yang berkali-kali dibagikan dan menjadi viral di media sosial? Alih-alih turut membagikannya, terkadang muncul dalam benak Anda, pertanyaan terkait apa sih yang membuat sebuah konten viral di media sosial? 

Jika Anda adalah seorang yang sudah lama bekerja di dunia digital, maka Anda pasti tidak asing lagi dengan frasa “Viral Marketing is the Next Big Thing”. Viral marketing akan muncul ketika seseorang membuat konten yang menakjubkan secara online dan mampu meraih perhatian secara luas.

Tapi untuk menjadi viral bakal butuh usaha yang tak mudah, tetapi tidak dapat dimungkiri bahwa konten viral menjadi salah satu goal digital marketing yang ditarget oleh setiap pelaku usaha. 

Apa yang Dimaksud Konten Viral?

Mirip dengan virus yang menyebar ke seluruh tubuh, konten viral menyebar secara cepat melalui media sosial atau website. Menurut Search Engine Watch, konten-konten viral cenderung dimulai dari jaringan yang kecil seperti TikTok, Instagram, Twitter, atau Snapchat. 

Platform tersebut biasanya tidak menggunakan identitas atau nama asli seseorang dan terdiri dari komunitas kecil yang erat. Jadi, ketika video atau konten diposting di sana, maka secara perlahan konten akan meledak ketika keluar dari komunitas tersebut.  

Apa yang Membuat Konten Anda menjadi Viral?

Konten viral bukanlah suatu kebetulan. Sebaliknya, terdapat sejumlah faktor yang membuat konten menjadi viral. Berikut faktor-faktor yang membuat sebuah konten menjadi viral di media sosial:

1. List

Membuat format list pada konten adalah rumus jitu untuk sebuah konten viral. Konten berformat list lebih cepat dan mudah dibaca sehingga membuat format konten jenis inilah yang memiliki potensi besar untuk menjadi konten viral.

2. Humor

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Marketo, salah satu alasan umum orang-orang membagikan konten adalah untuk menghibur orang lain. Konten yang menghibur seperti meme biasanya lebih dapat menarik perhatian users. 

3. Konten yang Bermanfaat

Selain konten yang berformat list, konten yang bermanfaat juga berpotensi besar untuk menjadi viral. Apalagi jika konten tersebut relevan, mudah dicerna dan dinilai sangat membantu pengguna, maka kemungkinan besar konten tersebut menjadi viral.

4. Konten yang Penuh Gambar

Konten yang padat gambar, secara visual lebih menarik dan ideal untuk dibagikan. Dengan begitu, konten yang padat gambar sering menjadi konten viral dibandingkan konten yang padat teks.

7 Langkah Mudah untuk Membuat Konten Viral

Anda penasaran bagaimana cara membuat konten viral? Ikuti 7 langkahnya berikut ini, yuk!

1. Targetkan Emosi

Konten yang membangkitkan emosi seperti kekaguman dan hiburan akan memiliki performa lebih baik di web. Biarkan pembaca Anda terhibur atau terinspirasi dengan konten yang Anda buat.

2. Praktis

Jika Anda ingin menjadi viral, maka buatlah CTA yang jelas pada konten Anda. Selain itu, buatlah konten yang mendidik audience Anda. Ini akan memberi Anda viralitas dalam niche Anda.

3. Buatlah Konten Anda Mudah Dibaca

Meskipun tidak semua yang Anda publikasikan harus berupa list, namun semuanya tetap harus mudah dibaca. Hal ini berarti, Anda harus memperhatikan strukturnya.

Jika perlu, pecah konten Anda menjadi header dan subheader yang pendek dan logis. Pastikan Anda tidak mengabaikan teks yang tebal atau bold dan bullet poin untuk menarik perhatian audience ke bagian konten yang relevan.

4. Gunakanlah Kata-kata yang Kuat 

Jika Anda ingin membuat konten viral, gunakan kata-kata yang kuat dalam judul dan pengantar konten Anda. Hal ini dapat membantu Anda memikat pembaca dan membuat mereka tetap tertarik dengan konten yang Anda tulis.

5. Buatlah Konten Visual

Tidak dapat dimungkiri bahwa konten yang menarik secara visual memiliki potensi lebih tinggi untuk menjadi viral. Tambahkan gambar, sertakan video atau bagikan infografis untuk hasil yang optimal.

6. Buatlah Konten yang Kredibel

Konten yang kredibel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan konten yang tidak kredibel. Jika Anda mengutip sumber atau statistik, pastikan Anda mencantumkan tautan yang relevan sehingga dapat membantu pembaca untuk mempelajarinya lebih lanjut sendiri.

7. Bagikan Konten Anda di Berbagai Platform

Semakin banyak platform yang dapat dijangkau konten Anda, maka akan semakin tinggi pula peluang konten tersebut menjadi viral. Bagikan konten Anda di berbagai platform sosial agar lebih mudah untuk dipromosikan sehingga lebih mudah dibagikan. 

Demikian ulasan sekilas mengenai konten viral.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat konten viral, PenulisKonten.id dapat menyediakan jasa pembuatan konten baik untuk website maupun media sosial. Silakan email ataupun menghubungi kami melalui WhatsApp di jam kerja.


0 komentar

Apa pendapat Anda?