6 Taktik Jitu untuk Menghidupkan Konten Website untuk Mencuri Perhatian Pembaca

6 Taktik Jitu untuk Menghidupkan Konten Website untuk Mencuri Perhatian Pembaca

PENULISKONTEN.ID - Tahukah Anda bahwa konten website yang Anda buat, akan mampu menggiring seseorang terhadap sebuah isu sekaligus dapat membantu orang tersebut untuk menghindari kesalahan yang besar? Tentu saja hal tersebut akan terjadi selama konten website Anda efektif. 

Terlepas dari konten website seperti apa yang Anda tulis, penting bagi Anda untuk menulisnya dengan baik dan membuatnya menjadi reader-friendly, ya. Anda perlu memberikan bumbu yang menarik, hal-hal informatif, dan menyenangkan bagi para pembaca. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana menghidupkan koten Anda sehingga menjadi konten yang ramah dan mudah diterima oleh mata para pembacanya. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Menghidupkan Koten Website Anda agar Lebih Menarik

Tambahkan Emosi dalam Konten Anda

Terkadang beberapa marketing lupa untuk menambahkan tingkat emosional terhadap konten website yang mereka tulis. Alih-alih menuangkan emosi, mereka lebih sering menggunakan tone tulisan yang formal.

Padahal, untuk membuat orang-orang menyukai konten Anda, Anda perlu memberikan sebagian dari diri Anda, yakni emosi Anda. Cobalah untuk memasukkan emosi Anda ke dalam tulisan dan mulailah membangun hubungan yang nyata dengan para pembaca.

Pikirkan bagaimana perasaan pengguna ketika membaca konten website Anda dan jangan lupa gunakan diksi yang kreatif, ya. 

Gunakan Alat Pembuat Konten yang Cerdas

Ketika Anda menulis setiap hari dan perlu membuat konten website baru dan segar, maka penting bagi Anda mengetahui sejumlah tools yang dapat membantu Anda dalam membuat konten. 

Anda dapat menggunakan beberapa tools berikut dalam membantu proses brainstorming dan produktivitas secara keseluruhan. Misalnya saja seperti Ubersuggest ataupun Keyword Planner untuk membantu mencari keywords yang tepat. Headlines generator seperti milik HubSpot dan FatJoe juga bisa Anda gunakan untuk meng-generate ide. Atau, menggunakan Trello dan Feedly untuk mengelola bank ide konten website. Anda juga bisa menggunakan Plagiarism Checker atau CopyScape untuk mengecek apakah konten Anda sudah bebas jiplak.

Meskipun tools tersebut tidak dapat menulis konten untuk Anda, namun mereka mampu membantu Anda untuk mendapatkan ide luar biasa dan informasi yang membantu untuk sebuah konten website. 

Lakukan Self Editing

Konten website yang baik tidaklah hanya tentang ide, emosi dan tampilan visualnya. Tulisan dalam website Anda pun harus sempurna, tanpa ada kesalahan tata bahasa, gaya bahasa atau kesalahan pengeditan.

Jangan pernah lupa untuk melakukan self editing terhadap konten-konten dalam website Anda. Pastikan konten Anda readable, shareable, dan likeable. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah membentuk pembaca loyal yang akann terus kembali untuk membaca-baca konten Anda.

Ide yang Tepat Adalah Kunci

Salah satu hal yang menantang dalam membuat konten website adalah pemilihan topik yang tepat. Besar kemungkinan, tak akan mudah bagi para pemilik situs untuk bisa menemukan ide dan inspirasi yang konsisten demi membangun branding.

Tempat terbaik untuk mencari ide dan inspirasi adalah dengan melihat apa yang sedang tren dan ranking kompetitor. Temukan apa yang sedang ingin didiskusikan oleh orang-orang, kemudian Anda dapat menawarkan konten yang menarik dan kreatif kepada mereka.

Namun, jika hal ini juga membuat Anda merasa kesulitan, akan selalu ada peluang untuk mencari pihak yang tepat untuk melakukannya bagi Anda. PenulisKonten.id salah satunya.

Bangun Piramida Pemasaran Konten

Piramida pemasaran konten adalah sebuah strategi penting untuk setiap marketer dan pembuat konten. Berdasarkan prinsip piramida pemasaran konten, untuk mendapatkan hasil terbaik Anda perlu melakukan sejumlah hal berikut:

  • Investasikan waktu dan upaya Anda untuk membuat tulisan yang mampu menggugah pikiran dan mencerahkan orang lain. Pastikan Anda menulisnya dengan baik, sehingga konten tersebut memiliki standar kualitas yang tinggi. Tidak perlu menulisnya setiap hari. Kalau memang tulisan ini sangat berkualitas, Anda bisa membuat konten website ini minimal seminggu sekali.
  • Gunakan sisa waktu Anda untuk menulis artikel yang lebih pendek dna ringan—semacam gimmick—di antara konten-konten berat, tetapi tetap menarik. Perhatikan infografis, uraian, posting dan konten harian untuk website Anda, ya.

Call to Action

Jangan sepelekan adanya call to action, alias ajakan untuk melakukan sesuatu. Faktanya, elemen ini justri sangatlah penting dalam sebuah konten.

Tak harus selalu direpresentasikan untuk membujuk orang agar melakukan pembelian, Anda bisa mengajak pembaca untuk ikut berdiskusi, ikut berbagi pengalaman, bahkan curhat. 

Nah, itulah hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan agar konten yang Anda tulis lebih “hidup” atau lebih memiliki emosi

Jika Anda merasa kerepotan, PenulisKonten.id bersedia membantu Anda membuat konten yang lebih “hidup”, lho. 

Silahkan hubungi kami via email maupun WhatsApp, ya. (Riri)


0 komentar

Apa pendapat Anda?