Cara Jualan dan Membuka Toko Online Sendiri di Shopee Agar Dagangan Anda Cepat Laku

Cara Jualan dan Membuka Toko Online Sendiri di Shopee Agar Dagangan Anda Cepat Laku

Fenomena bisnis atau membuka toko online sendiri memang sudah menjamur di kalangan masyarakat. Kondisi pandemi yang tak kunjung usai, memaksa masyarakat memaksimalkan platform jual-beli online untuk membatasi interaksi langsung demi memutus rantai penyebaran COVID-19. 

Kemudahan bertransaksi tersebut juga didukung dengan banyaknya platform yang hadir di tengah-tengah berkembangnya teknologi saat ini. Salah satu platform jual-beli online yang populer di masyarakat adalah Shopee. Perusahaan yang sering dikenal dengan “Si Oren” ini menyediakan layanan dan fasilitas luar biasa demi memenuhi kebutuhan para penggunanya. 

Fasilitas dan layanan jual-beli online yang ditawarkan oleh Shopee ini berhasil menempati ruang tersendiri di hati para user. Tidak hanya membeli sejumlah barang dengan tawaran yang menarik, Anda juga bisa membuka toko online sendiri di Shopee, lho. 

Membuka toko online di Shopee nampaknya cukup menguntungkan. Membayangkan puluhan hingga ratusan orderan yang masuk melalui bisnis online ini, nampaknya menyenangkan, ya. Jika Anda salah satu orang yang tertarik untuk membuka bisnis online via Shopee, maka artikel ini akan sangat membantu.

Baca juga: Meng-online-kan Bisnis, ini yang Harus Anda Perhatikan!

Terdapat dua cara berjualan di Shopee, yakni dengan melalui aplikasi Shopee dan berjualan melalui Shopee Call Center. Lantas, bagaimana cara membuka dan berjualan online di Shopee untuk pemula?

Yuk, simak ulasan terkait bagaimana cara membuka toko online sendiri di Shopee untuk memaksimalkan penjualan produk Anda. 

Membuka Toko Online via Aplikasi Shopee

Berikut adalah sejumlah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai berjualan di Shopee:

  1. Download aplikasi Shopee di Smartphone
  2. Klik “Daftar”, lalu isi informasi akun
  3. Setelah itu, Anda perlu memverifikasi nomor telepon dan alamat email
  4. Setelah mendapat pemberitahuan bahwa akun Anda sudah terverifikasi, Anda perlu mengatur produk sebelum memulai berjualan
  5. Buka “Halaman Saya”, kemudian klik menu “Mulai Jual”
  6. Pilih menu “Tambah Produk Baru”
  7. Di tahapan berikutnya, Anda perlu menambahkan atribut produk mulai dari foto, deskripsi dan rincian produk, hingga jasa pengiriman.
  8. Jika semua sudah terisi, maka Anda hanya perlu mengeklik ikon centang yang terletak di pojok kanan atas
  9. Dan Voila! produk Anda sudah akan muncul di Shopee. 

Perlu Anda ketahui bahwa produk yang baru diunggah, akan ditinjau langsung oleh Shopee. Jadi, jangan pernah mencoba mengunggah barang-barang atau produk yang dilarang, ya. Jangan lupa, lengkapi juga profil toko Anda agar tidak terlihat amatir. 

Baca juga: 9 Tip Belajar Berbisnis Agar Cepat Sukses, yang Wajib Anda Lakukan!

Membuka Toko Online via Situs Shopee atau Shopee Seller Center

Selain melalui aplikasi, Anda dapat memulai berjualan dengan menggunakan Shopee Seller Center. Caranya pun tidak kalah mudah dengan berjualan melalui aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan ketika membuka toko online via Shopee Seller Center:

  1. Buka browser dan kunjungi situs Shopee Seller Center
  2. Jika Anda sudah pernah memiliki akun Shopee, Anda hanya perlu melengkapi email dan password, lalu klik “Login”
  3. Namun, jika Anda belom pernah memiliki akun Shopee, maka Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan klik menu “Daftar” dan melengkapi informasi akun
  4. Setelah mendaftar, Anda perlu melakukan verifikasi nomor telepon dan email terlebih dahulu
  5. Jika sudah terverifikasi, klik menu “Jual” yang tertera pada jendela Shopee Seller Center
  6. Pilih menu “Pengaturan Toko”, kemudian lengkapi profil toko Anda mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo atau foto untuk profil toko, alamat toko, jasa pengiriman hingga tambahkan rincian rekening Bank. Jangan lupa untuk klik menu “Simpan” setelah semuanya terisi, ya.
  7. Setelah informasi toko sudah lengkap, Anda bisa memulai berjualan dengan menambahkan produk dan melengkapi informasinya mulai dari foto produk, deskripsi serta atribut lainnya.
  8. Kemudian klik menu “Simpan” dan produk akan segera muncul di etalase toko Shopee milik Anda. 

Agar terlihat tidak amatir, Anda perlu memasukkan minimal dua foto produk dengan kualitas gambar terbaik. Beri nama dan detail produk yang akurat agar produk Anda banyak dilirik pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa membuat voucher toko untuk menarik para pembeli, lho. 

Nah, demikianlah langkah-langkah yang perlu diperhatikan pemula untuk memulai berjualan di Shopee. Cukup mudah bukan? Tunggu apa lagi? Mulai jualan dari Shopee sekarang, yuk. 


0 komentar

Apa pendapat Anda?