Konten Website yang Membangkitkan Emosi dan Meningkatkan Engagement

Konten Website yang Membangkitkan Emosi dan Meningkatkan Engagement

PENULISKONTEN.ID - Prinsip dasar dalam pemasaran konten adalah Anda harus menjaga agar audiens tetap tertarik pada tulisan-tulisan Anda. Anda dapat melakukan hal ini dengan berbagai cara, lho. Namun, salah satu cara ampuh dan efektif dalam hal ini adalah membuat konten yang emosional.

Membuat konten website yang menghibur memang tidaklah mudah. Untuk itu, simak 13 tips jitu yang mudah diterapkan untuk mengemas lebih banyak personalitas dan emosi ke dalam konten website Anda. 

Tip Menulis Konten yang Membangkitkan Emosi

Ceritakan Kisah yang Bagus

Seperti yang kita ketahui, bahwa orang-orang sangat menyukai cerita. Membuat cerita yang memiliki nilai hiburan dan pesan yang relevan dengan konten website Anda dipercaya dapat menarik perhatian pembaca, lho. 

Penggunaan anekdot dalam konten website yang tidak berlebihan ternyata mampu mencuri perhatian para pembaca. 

Dapatkan Respons Emosional dari Pembaca Anda

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa cerita yang menimbulkan respon emosional baik itu respon positif maupun negatif seperti kemarahan, frustrasi, atau kecemasan; lebih potensial untuk dibagikan dibanding konten yang tidak melibatkan emosi pembaca.

Untuk membuat sebuah cerita yang menggugah emosi pembaca, Anda perlu mengemas tulisan dengan kata-kata yang bermuatan emosi, menceritakan kisah untuk mendapatkan respons tertentu dari pembaca, dan bentuklah nada konten website dengan emosi yang Anda minati.

Ajukan Pertanyaan-pertanyaan Retoris

Pertanyaan retoris dapat membuat pembaca berpikir untuk diri mereka sendiri, meskipun hal tersebut hanya sesaat. Jadi, dengan menyusun pertanyaan retoris, pembaca tidak hanya akan menyerap informasi dari konten website Anda saja, lho.

Tentukan format

Pemformatan konten website adalah aspek yang tidak boleh Anda abaikan. Penggunaan spasi paragraf yang baik, bold, tipe huruf, dan perangkat lain seperti numbering atau bullet akan jauh lebih enak dipandang. 

Dengan demikian, Anda dapat memberikan user experience yang menarik meskipun dengan kata-kata yang sama. Jangan lupa untuk menggunakan paragraf pendek agar pembaca Anda tidak bosan secara visual, ya.

Perluas Kosakata

Dengan memperluas kosakata, Anda memiliki banyak diksi untuk menulis konten website yang tidak membosankan. 

Pilihlah diksi yang menarik, mudah dimengerti, tapi sekaligus bervariasi dan jarang terdengar dalam kehidupan sehari-hari agar menarik perhatian pembaca. Namun, jangan melakukan hal ini secara berlebihan, ya. 

Tarik pada Topik yang Anda Tulis

Bagaimana Anda bisa mengharapkan pembaca Anda tertarik dengan apa yang Anda tulis jika Anda sendiri tidak tertarik untuk menulisnya? Telitilah topik yang Anda tulis sampai Anda menemukan hal-hal yang membuatnya menarik.

Sertakan Fakta Menarik 

Saat orang membaca, terdapat dua motif alasan yang mendasari kegiatan tersebut yakni untuk dihibur dan untuk belajar. 

Dalam postingan blog Jakob Nielsen yang berjudul Fakta Menarik Membuat Halaman Web Menarik, sebuah penelitian mengungkap bahwa pembaca online tertarik pada informasi yang belum banyak diketahui.

Dengan mencantumkan fakta menarik seperti ini pada konten website, Anda dapat mendidik sekaligus menghibur para pembaca dengan informasi yang luar biasa yang Anda temukan.

Tulislah Seperti Ketika Anda Berbicara

Bagi sebagian besar penulis, mengambil pendekatan percakaan terhadap konten website, dinilai cukup efektif untuk menarik pembaca. 

Berkomunikasilah dengan jelas, seperti yang dilakukan dalam keseharian Anda. Dengan begitu, personalitas akan secara otomatis tertuang dalam konten website Anda.

Gunakan bahasa sebagaimana Anda berkomunikasi untuk membangun hubungan baik dengan audience. Gunakanlah bahasa-bahasa yang biasa digunakan dalam percakapan, agar lebih luwes, untuk menumbuhkan keterlibatan mereka dalam konten website Anda. Namun, Anda juga harus mengukur, sampai di mana bahasa percakapan ini bisa dipakai. Jika digunakan tanpa aturan, konten website dengan bahasa percakapan juga bisa menimbulkan kesan tidak profesional. Jadi, pilihlan dengan bijak.

Bangunlah Ketegangan

Membangun ketegangan dalam konten website adalah sebuah keterampilan tingkat tinggi. Ta banyak penulis bisa melakukannya. 

Meskipun Anda tidak sedang menulis novel misteri, Anda juga dapat membangun ketegangan dalam konten website juga, lho. Tanyakan pada diri Anda, bagian apa yang paling menarik dari karya Anda kemudian bangunlah menuju pengungkapannya. 

Ketahui Aturannya, tapi Jangan Kaku

Konten adalah media kasual. Meskipun demikian, tidak semua aturan tata bahasa dapat Anda abaikan. 

Anda boleh saja "menciptakan" tata penulisan konten website ala Anda sendiri untuk menciptakan ciri khas, tetapi Anda harus tetap berpegang pada kebutuhan audiens. Akan percuma kalau apa yang Anda tulis tidak dapat mereka mengerti.

Nah, semoga tip ini dapat membantu Anda untuk menciptakan konten web yang mampu membangkitkan emosi audiens sehingga dapat meningkatkan engagement ya.

0 komentar

Apa pendapat Anda?