13 Cara Penulis Menemukan Inspirasi Kreatif untuk Membuat Ide Konten yang Menarik

13 Cara Penulis Menemukan Inspirasi Kreatif untuk Membuat Ide Konten yang Menarik


PENULISKONTEN.ID - Anda tertarik untuk menulis lebih banyak artikel namun terbentur dengan ide konten? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak pembuat konten yang terkadang mengalami kebuntuan dalam menemukan ide konten yang menarik.

Menemukan inspirasi kreatif untuk membuat ide konten yang menarik memang tidaklah mudah. Lantas, bagaimana Anda dapat menemukan inspirasi?

Membuat ide konten yang kreatif memang cukup menantang, dan biasanya bergantung pada jam terbang si penulis. Artikel ini akan memberikan Anda referensi bagaimana cara menemukan inspirasi kreatif untuk membuat ide konten yang menarik. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

13 Cara Membuat Ide Konten yang Menarik

Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menemukan inspirasi kreatif dalam rangka membuat ide konten yang menarik:

1. Tulis tentang hal yang Membuat Anda Kesal

Menulis tentang sesuatu yang membuat Anda kesal bisa menjadi alternatif ide konten yang menarik, lho. Seorang penulis dan pengusaha pernah mengungkapkan bahwa, beliau menulis sebuah topik yang sebenarnya tidak begitu membuatnya kesal. Namun, beliau peduli dan hendak membantu orang lain untuk menghindari rasa sakit dari kesalahan yang ia buat. 

2. Lakukan Sesuatu yang Luar Biasa, Kemudian Tulis mengenainya

Bayangkan cerita yang bisa Anda tulis jika Anda melakukan perjalanan dengan sepeda seperti yang dilakukan oleh Ewan McGregor dan Charley Boorman di tahun 2004 dengan melewati 20.000 kilometer, 12 negara dan 19 zona waktu. Tentu mereka melakukannya untuk sejumlah tujuan, seperti charity. 

Namun, tak harus begitu juga kok. Dewasa ini banyak usaha kecil luar biasa yang dapat Anda lakukan. Nah, Anda dapat membuatnya menjadi salah satu ide konten untuk ditulis.

3. Mulai Membuat Blog dan Tulis Satu Topik untuk Satu Waktu

Hal ini akan bekerja dengan baik untuk beberapa topik khusus. Raih pengikut setia Anda dengan menulis serangkaian postingan blog tentang sesuatu yang Anda minati. 

4. Buatlah Podcast dan Undang Guest

Membuat podcast dengan mengundang guestar yang menarik bisa menjadi alternatif Anda dalam menemukan ide konten menarik untuk tulisan, lho.  

Pengusaha Lewis Howes mengambil pendekatan ini untuk menulis buku terlarisnya yang berjudul New York Times, The School of Greatness. Beliau membagikan semua hal yang telah dipelajari setelah ia mewawancarai ratusan kreatif top di seluruh dunia.

5.Tanyakan kepada Teman, Topik Apa yang Paling Menarik untuk Mereka

Teman Anda bisa jadi adalah audiens Anda yang paling setia. Tanyakan kepada mereka tentang topik atau hal apa yang paling sering mereka baca, atau paling menarik perhatian mereka. Atau Anda juga bisa menanyakan, hal apa yang ingin mereka ketahui dan bisa Anda jelaskan. 

Tulis buku atau konten dengan membayangkan bahwa target pembacanya adalah teman Anda. 

6. Catat Hal-hal yang Membuat Anda Tertawa dalam Satu Minggu, dan Tulis Cerita tentangnya

Anda selalu membawa smartphone ke mana pun Anda pergi? Jadi, bukan hal yang sulit untuk Anda membuat catatan tentang hal-hal yang dapat membuat Anda tertawa selama satu minggu. 

Konon, hal tersebut mampu membantu Anda menemukan inspirasi kreatif untuk membuat ide konten yang menarik, lho.

7. Tulis Hal yang Membuat Anda Tertawa Paling Keras

Bagi sebagian banyak orang, cerita lucu dan menimbulkan tawa adalah hal yang benar-benar hebat serta biasanya sangat menular. 

Konon, semakin aneh atau semakin memalukan ceritanya, semakin besar potensi cerita tersebut menarik audiens untuk membaca tulisan Anda.

8. Tulislah Hal atau Pengalaman yang Paling Membuat Anda Marah

Sering kali orang-orang tertarik untuk membaca, menonton atau mendengar cerita traumatis yang menyoroti kesulitan yang pernah dialami oleh orang lain dalam hidup. 

Meskipun tidak mudah membagikan kekecewaan atau kesulitan dalam hidup, namun kemungkinan besar orang-orang akan mendapatkan insight atau pelajaran tentang bagaimana Anda dapat melalui kegagalan tersebut.

9. Menulis tentang Orang yang Paling Berpengaruh dalam Hidup Anda

Pernahkah Anda memiliki seorang figure yang meninggalkan kesan abadi dalam hidup atau karir Anda? 

Pikirkan tentang bagaimana orang ini dapat memengaruhi hidup Anda, tarik pelajaran khusus yang dia berikan kepada Anda, dan persembahkan sebuah tulisan atau buku sebagai ucapan terima kasih kepada orang tersebut. 

10. Abadikan Kota Anda dan Tulislah Pengalaman Anda Tinggal di Kota Tersebut

Apakah Anda tinggal di sebuah kota yang menarik dan dinamis? Jika iya, orang-orang senang mendengar cerita tentang orang-orang menarik di tempat yang menarik. 

11. Tulis tentang Hobi Anda

Orang-orang tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang hobinya. Jika Anda memiliki hobi, maka Anda berpotensi untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama dengan Anda. 

12. Ceritakan Pengalaman Karier Anda Saat Ini

Apakah Anda telah bekerja cukup lama dalam sebuah industri? Jika iya, Anda dapat membagikan pengalaman Anda kepada pembaca tentang bagaimana untuk menjadi seorang ahli di bidang yang Anda kuasai sekarang. 

13. Rekam Pembicaraan atau Workshop yang Anda Berikan dan Transkripkan

Pernahkah Anda berkesempatan untuk memberikan workshop atau menjadi pembicara dalam seminar untuk mengajari orang-orang tentang materi tertentu? Hal ini dapat berkaitan dengan pekerjaan, atau bisa saja orang-orang mengenali Anda sebagai seorang yang berpengetahuan. Menulis materi yang Anda sampaikan dalam sebuah blog dapat menjadi ide konten yang menarik dan dipercaya dapat memperluas audiens Anda, lho. 

Nah, itu dia beberapa cara untuk menemukan ide tulisan. Semoga bermanfaat ya.


0 komentar

Apa pendapat Anda?