Mengapa Konten Marketing Penting Untuk Bisnis? Ini Dia Jawabannya!

Mengapa Konten Marketing Penting Untuk Bisnis? Ini Dia Jawabannya!

PENULISKONTEN.ID - Konten marketing merupakan bagian dari strategi digital marketing yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun. Sebab, Anda bisa memberikan berbagai informasi penting kepada para calon customer yang tidak akan hilang termakan waktu. Tujuan dari pemasaran ini adalah menunjukkan, mengenalkan, dan menarik customer akan produk, jasa dan brand yang Anda miliki untuk jangka panjang dan berkelanjutan.

Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak mengerti mengapa mereka butuh konten marketing. Bagi entitas bisnis mana pun, tentu dibutuhkan promosi barang dan jasa yang dibuat sehingga customer sadar atau setidaknya tahu produk tersebut. Setelah mereka tahu, maka Anda bisa menarik customer potensial. Ketika memakai konten marketing maka Anda telah membangun eksistensi dan kepercayaan customer akan suatu brand.

Agar konten yang dibuat menjadi efektif, Anda harus membangunnya berdasarkan kebutuhan para customer serta mampu menjawab permasalahan mereka. Anda bisa menggunakan sebuah masalah atau isu yang tepat agar konten tersebut dibaca dan dipahami para calon pelanggan.

Konten marketing memiliki peran yang penting untuk bisnis Anda. Jika dimanfaatkan dengan baik, maka bisnis Anda akan berkembang dengan pasti. Pemasaran konten ini tidak hanya berupa tekstual, tapi bisa juga memakai grafik, gambar, infografis, video dan lainnya. 

Terdapat beberapa keuntungan dari konten tersebut, yaitu:

  1. Bagian fundamental dari kampanye pemasaran digital.
  2. Bisa menjadi faktor pendorong website Anda sebagai sumber informasi yang paling utama, dan hal ini dapat dipadukan dengan teknik SEO sehingga semakin mudah melakukan digital marketing.
  3. Dapat dibagikan di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya sehingga kampanye marketing Anda semakin luas.
  4. Meningkatkan kesadaran bagi customer potensial untuk lini bisnis Anda, termasuk produk dan jasa melalui informasi yang relevan.
  5. Konten marketing ini bisa menjadi acuan bagi website lainnya sehingga Anda memperoleh tautan atau link yang dapat meningkatkan ranking situs. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan pesaing di lini bisnis yang sama.
  6. Bisa meyakinkan customer untuk membeli produk atau layanan yang Anda sediakan.

Setelah mengetahui hal di atas, Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan dari pemasaran konten pada kampanye digital marketing untuk bisnis Anda, yaitu:

  • Meningkatkan keterlibatan customer. Konten dengan isi yang informatif serta relevan dapat meningkatkan keterlibatan customer melalui komentar, like serta jumlah artikelmu yang di share di media sosial.
  • Meningkatkan brand awareness. Karena melalui konten berkualitas, maka kemungkinan untuk di share akan semakin tinggi. Jika hal ini dilakukan dengan baik maka bisnis dan brandmu akan semakin dikenal para calon pelanggan.
  • Ranking mesin pencarian yang lebih baik. Semakin baik konten yang dibuat maka situsmu akan semakin sering dilihat para user. Hal ini tidak hanya baik untuk konten marketing tapi juga meningkatkan otoritas websitemu secara menyeluruh.
  • Melalui marketing ini, Anda bisa mengubah pelanggan potensial menjadi sungguhan dan membuat mereka loyal akan produk dari brand milikmu.
  • Pendapatan yang lebih tinggi. Pemasaran dengan memakai konten yang baik dan berkualitas dapat menarik customer untuk membeli jasa dan produk yang kamu tawarkan. Jika hal ini dapat dimaksimalkan, maka pendapatanmu akan melonjak drastis.

Nah, Anda sudah mengetahui keuntungan dan manfaat konten marketing tersebut. Namun, tidak semua pemasaran konten dapat berjalan dengan maksimal dan sesuai harapan. Terdapat beberapa ukuran yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah pemasaran dengan konten tersebut berhasil atau tidak, antara lain:

  1. Untuk mengetahui bagaimana marketing konten Anda berpengaruh pada kesadaran merek yang dimiliki dapat dilihat dari jumlah orang yang melihat video, download, link, trafik website, komentar dan page view.
  2. Anda bisa melihat bagian komentar pada website atau blog, share tweet untuk mengetahui pendapat dan kesadaran audiens.
  3. Sedangkan untuk penjualan bisa diketahui dari jumlah transaksi pembelian baik online atau offline, laporan harian dan lainnya.
  4. Untuk mengetahui perkembangan penjualan produk baru yang dipromosikan dari konten marketing bisa dilihat dari banyaknya jasa atau produk yang laku terjual.
  5. Anda bisa melihat tingkat efektifitas pemasaran konten tersebut melalui banyaknya jumlah pelanggan baru yang memakai produk atau jasa bisnis Anda. Dari hal ini, Anda juga bisa membuat strategi berikutnya apakah fokus mencari pelanggan baru atau fokus pada pelanggan lama.

Sekarang, Anda perlu tahu berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi konten marketing tersebut? Jawabannya tidaklah pasti, karena bergantung kepada content creatornya. Jika Andau memakai yang berpengalaman, maka kemungkinan akan butuh biaya lebih mahal namun tingkat keberhasilannya juga akan lebih tinggi. Namun sebenarnya, Anda selalu bisa mendiskusikan bujet yang Anda miliki untuk berkompromi agar sama-sama optimal.

Berikut ini kisaran biaya di bawah ini untuk konten marketing di luar negeri, meski demikian bisa kamu jadikan sebagai perkiraan.

  • Riset konten, yang fungsinya memeriksa konten yang telah dibuat sebelumnya. Orang ini akan memeriksa konten pemasaranmu dan melihat apa saja yang perlu diperbaiki agar sesuai dengan strategi marketing yang digunakan. Biasanya biaya dibutuhkan sekitar $100-$200.
  • Untuk blog, sosial media dan konten website biaya yang diperlukan $100-$2000. Tapi harga ini tidak pasti, dan untuk di Indonesia bisa jauh lebih murah.
  • Jasa SEO untuk optimasi website agar memiliki ranking yang baik. Dana yang dibutuhkan sekitar $2000-10000 per bulan.

Sekali lagi, biaya di atas berlaku di luar negeri. Sedangkan di Indonesia bisa jadi butuh bujet lebih sedikit. Namun, pada dasarnya, segala sesuatu bisa didiskusikan. Karenanya, pastikan Anda memilih partner konten marketing yang terpercaya.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk konten marketing, PenulisKonten.id dapat membantu Anda untuk hal-hal yang terkait dengan digital marketing, social media marketing, dan branding.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?