Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Mulai Membuat Website UMKM/Bisnis

Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Mulai Membuat Website UMKM/Bisnis

PENULISKONTEN.ID - Apakah saat ini tebersit dalam benak Anda untuk memulai menggunakan platform website demi mengembangkan bisnis atau UMKM? Jika demikian, Anda telah mengunjungi situs yang tepat. 

Jika Anda masih ragu untuk membuat website UMKM ataupun bisnis dan belum tahu harus mulai dari mana, artikel ini akan dapat membantu menjawab keraguan Anda.

Simak sejumlah hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai membuat website UMKM atau bisnis!

5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membuat Website UMKM atau Bisnis

Berikut adalah hal-hal dasar yang dapat Anda pelajari agar website UMKM ataupun bisnis Anda ramai dikunjungi oleh users.

1. Tentukan Tema atau Objek UMKM atau Bisnis Anda

Menentukan objek usaha Anda menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Lakukan sejumlah riset kompetitor, peluang pasar, dan sejumlah riset lainnya sebelum menentukan usaha apa yang harus Anda mulai. 

Objek usaha yang Anda pilih akan memengaruhi bagaimana nantinya website UMKM atau bisnis yang akan dibangun.

2. Bagian Teknis Website UMKM atau Bisnis

Bagian teknis akan menyangkut bagaimana pembuatan hingga pengelolaan website. Hal ini mungkin terkesan rumit untuk pemula. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan pengelolaan website. Jasa yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari menentukan platform, hosting, desain, pembuatan, pengelolaan hingga pemasarannya.

Penuliskonten.id juga menyediakan jasa ini untuk Anda. Silakan hubungi kami, baik melalui email ataupun WhatsApp.

3. Branding

Ketika sudah memutuskan nama yang cocok untuk website UMKM Anda, sekarang adalah waktu Anda untuk memikirkan branding. Sebelum melakukan branding, pertimbangkan sejumlah tip pemasaran dasar berikut ini:

  • Apakah namanya mudah diingat?
  • Apakah namanya mudah untuk diucap?
  • Adakah hal yang membuat website UMKM ataupun bisnis Anda lebih menonjol?
  • Apakah website Anda sudah memiliki URL atau domain yang bagus?
  • Apakah ada kata kunci di dalamnya?
  • Dapatkah Anda menyukai nama tersebut untuk lima tahun ke depan?
  • Apakah Anda memiliki logo atau skema warna tertentu?

Hal-hal di atas adalah hal krusial yang perlu Anda pikirkan matang-matang sebelum memulai membuat website UMKM. Pasalnya, dengan begitu tampilan website akan memberikan users experience yang mengesankan.

Branding website Anda adalah merepresentasikan UMKM ataupun bisnis Anda secara visual, meskipun demikian Anda dapat mengubahnya di masa yang akan datang. Namun, perlu Anda ingat bahwa apa yang Anda tampilkan akan menjelaskan bagaimana usaha Anda.

4. Menentukan Komunitas Website UMKM atau Bisnis Anda

Setelah membuat website UMKM, Anda perlu menargetkan siapa saja yang akan menjadi users dan mengunjungi situs Anda. Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan users untuk mengembangkan UMKM atau bisnis Anda.

Terdapat sejumlah cara untuk membuat users mengunjungi situs Anda. Selain mengisi website Anda menggunakan konten yang menarik, Anda juga perlu menerapkan multimedia dalam situs tersebut.

Anda juga perlu mengintegrasikan situs milik Anda ini menggunakan akun-akun sosial media untuk mengembangkan komunitas Anda.

5. Ingat Alasan Anda Membuat Website UMKM

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum memutuskan untuk membuat website adalah menemukan alasan dan motivasi. Semakin awal Anda mengetahuinya, maka akan semakin baik. Mengapa Anda memulai menggunakan website? Apa tujuannya? Dan ke mana website ini akan Anda bawa?

Gali lebih dalam dan lihatlah apakah Anda dapat menemukan alasan utama dalam pembuatan website ini. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apa saja yang akan menjadi konten dari website UMKM yang Anda bangun.

Sebagian besar orang percaya bahwa, memahami alasan mendasar untuk memulai membuat website UMKM ataupun bisnis, maka akan menghasilkan output yang lebih baik.

Nah, demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai membuat website UMKM atau bisnis. Jika Anda mengalami kesulitan, PenulisKonten.id siap membantu upaya Anda ini. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?