Bagaimana Cara Membuat Newsletter untuk Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan Loyal Anda?

Bagaimana Cara Membuat Newsletter untuk Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan Loyal Anda?
 

PENULISKONTEN.ID - Anda ingin membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda? Membuat newsletter bisa jadi salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk memulainya.

Newsletter adalah sebuah sebuah buletin elektronik khusus yang dibuat secara spesifik untuk kebutuhan dan menarik para pembaca, pelanggan, dan fans yang memberikan kontribusi khusus terhadap perkembangan website ataupun bisnis Anda.

Newsletter ini umumnya bersifat pribadi dan orang hanya bisa bergabung jika diundang, jadi tidak diiklankan secara publik. Lantas, mengapa Anda perlu membuat newsletter?

Alasan Penting Membuat Newsletter untuk Users Website UMKM Anda

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya, mengapa Anda disarankan untuk membuat newsletter untuk para pelanggan yang Anda miliki. Berikut adalah alasan penting yang tidak dapat Anda abaikan saat membuat newsletter.

Anda Menghargai Hubungan dengan Special Users

Anda pasti menginginkan hubungan yang dekat dan hangat dengan pelanggan yang telah berkontribusi khusus untuk usaha Anda, bukan? Dengan membuat newsletter, Anda dapat membangun hubungan jangka panjang yang harmonis dengan pelanggan setia Anda.

Untuk Mensegmentasikan Audience Anda

Alasan lain yang perlu Anda ketahui mengapa penting untuk membuat newsletter adalah Anda bisa mendapatkan pelanggan yang lebih tersegmen. Dengan demikian, Anda dapat mengelompokkan pelanggan ke dalam berbagai kelompok berdasarkan kebutuhan unik mereka, sehingga Anda bisa memberikan layanan yang customized dan bersifat personal bagi mereka.

Meminimalkan Tersebarnya Informasi yang Tidak Benar Terkait Usaha Anda

Dengan newsletter, Anda dapat meminimalkan tersebarnya informasi yang tidak benar terkait usaha Anda. Anda dapat memberikan arahan kepada pelanggan loyal menggunakan newsletter yang Anda kirim secara private.

Newsletter Bersifat Privat dan Tempat Berlindung yang Aman

Tidak seperti pelanggan biasa dan penggemar dari media sosial, yang nampaknya menghargai sebutan publik, beberapa fans dan subscribers yang paling setia tidak menunjukkan minatnya untuk ditampilkan pada website UMKM Anda. Dengan adanya newsletter, Anda mampu menjaga kerahasiaan dari pelanggan loyal Anda tersebut.

Email Dipercaya Memberikan Keintiman

Untuk sebagian pelanggan loyal, email dinilai lebih baik daripada forum karena dapat menjamin bahwa korespondensi akan tetap rahasia dan intim, sehingga pelanggan Anda juga dapat menyuarakan keprihatinan mereka tanpa dibaca oleh orang lain.

Untuk Membangun Komunitas

Subscribers atau pelanggan loyal akan sangat antusias menjadi bagian dari kelompok kecil yang spesial. Tidak jarang pelanggan loyal ini juga menunjukkan minat untuk saling mengenal melalui forum pribadi, lho.

Itulah sejumlah alasan yang perlu Anda pertimbangkan mengapa Anda perlu membuat newsletter untuk website UMKM dan bisnis Anda.

So, bagaimana cara membuat newsletter?

Cara Membuat Newsletter

Pada dasarnya tidak ada yang berbeda dari membuat regular newsletter, namun berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda implementasikan untuk mengurangi kepusingan, menghemat uang dan waktu Anda.

Menggunakan MailChimp

Mailchimp menawarkan fitur segmentasi dan group bagi pengguna gratis dan berbayar. Dengan fitur ini, maka akan memudahkan Anda untuk mengirim konten yang diminati oleh pelanggan dan hanya konten yang menjadi fokus mereka.

Anda memiliki dua cara untuk mensegmentasikan kelompok:

  1. Membiarkan pengguna mendaftar ke group pilihan mereka, sehingga Anda memiliki subset yang berbeda dari daftar
  2. Mensegmentasikannya secara manual untuk membuat sub-list.

Untuk mensegmentasikannya secara manual, berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

  1. Buka daftar Anda
  2. Klik menu “Segment”, kemudian scroll ke bawah untuk menu “All Subscriber” dan klik menu “Create a New Segment”
  3. Anda dapat memilih segmen Anda dari berdasarkan data atau bidang lainnya
  4. Jika sudah, Anda perlu mengklik  tombol “Preview Segment” untuk memilih segmentasi yang cocok untuk Anda
  5. Pengguna MailChimp gratis dapat memilih hingga 5 kondisi dan hanya dapat menggunakan logika segmentasi dasar.

Menggunakan Solusi Hosting Sendiri

Jika newsletter Anda hanya terdiri dari beberapa kontak atau mungkin kurang dari 100, Anda dapat memilih solusi hosting sendiri yang tidak akan membuat Anda bermasalah dengan ISP. Caranya pun cukup mudah, lho.

Pertama, Anda membuat kontak grup dan menetapkan siapa saja yang akan terlibat dalam grup tersebut. Kedua, Anda hanya perlu menulis email dan mengirimkannya ke dalam grup tersebut.

Mudah bukan? Langkah ini memang sangat direkomendasikan jika list kontak Anda sangat kecil atau bahkan kurang dari seratus.

Jika Anda membutuhkan jasa profesional untuk membantu Anda, PenulisKonten.id dapat memenuhi kebutuhan konten Anda.

Silahkan hubungi kami via email maupun WhatsApp, ya. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?