5 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Performa Konten Video Anda di Segala Platform

5 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Performa Konten Video Anda di Segala Platform

PENULISKONTEN.ID - Tahukah Anda, bahwa video merupakan konten digital yang paling menarik di kalangan masyarakat? Namun, sayangnya masih banyak creators yang tidak mendapatkan hasil memuaskan karena mengabaikan beberapa detail elemen dari koten video yang dibuat. 

Padahal elemen-elemen kecil yang sering terabaikan ini mampu meningkatkan performa dari konten video Anda, lho.  Lantas, bagaimana cara meningkatkan performa konten video tersebut?

Langkah-langkah Meningkatkan Performa Konten Video Anda

Berikut adalah sejumlah langkah-langkah sederhana yang tidak boleh Anda abaikan untuk meningkatkan performa konten video Anda.

1. Masukkan Caption dalam Video Anda

Hampir semua platform sosial media saat ini dilengkapi fasilitas yang memungkinkan Anda untuk mengunggah konten video. Bahkan, saat ini ketika Anda mengunggah konten video di Facebook, maka akan secara otomatis video yang sudah terunggah tersebut terputar dengan suara yang dibisukan.  Di Instagram sendiri, sekarang Anda bisa membuat berbagai format konten video, mulai dari Stories, Instagram Video, IGTV, sampai Reels.

Jangan lupa untuk selalu menyertakan caption. Caption akan membuat users dengan mudah mengetahui maksud dari konten video yang Anda buat. Dengan adanya caption, Anda dapat memastikan bahwa konten video tersebut mampu menyampaikan pesan yang telah dibuat. 

Dengan menambahkan teks pada video, maka hal ini dapat meningkatkan performa video hingga rata-rata 12%, lho. Penambahan caption atau teks pada video juga dipercaya akan memudahkan pengguna dengan gangguan pendengaran yang tertarik dengan konten video Anda. 

2. Buatlah Thumbnails atau Cover Video yang Menarik

Beberapa pengguna mungkin mematikan autoplay, sehingga memasang gambar thumbnails yang menarik dapat mencuri perhatian mereka. Ini terutama berlaku untuk konten video YouTube. Dan juga akan tampak pada Instagram profile. Dengan thumbnails ataupun cover yang menarik, Anda dapat membuat users penasaran dengan konten video yang Anda buat. 

Pikirkan bagaimana thumbnails Anda akan muncul untuk merepresentasikan konten video yang telah Anda buat. Jadi, jangan sekali-kali mengabaikan kekuatan thumbnails dalam proses pembuatan video, ya.  

3. Lakukan A/B Test untuk Meningkatkan ROI

A/B test yang juga dikenal sebagai split test ini menawarkan para pemasar sebuah kesempatan untuk bereksperimen dengan beberapa versi video untuk mengetahui video mana yang akan menghasilkan yang terbaik. 

Split test yang baik, harus memiliki satu variabel kontrol pada satu waktu dan membiarkan yang komponen lainnya tetap sama. Test ini dipercaya dapat membantu Anda untuk meningkatkan performa video selangkah demi selangkah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

4. Sesuaikan File Video dengan Platform  

Langkah berikutnya adalah Anda perlu membuat file video yang sesuai dengan platform apa yang akan Anda gunakan untuk mengunggahnya. Pasalnya, setiap platform memiliki format-format video tertentu. 

Menggunakan format video yang sesuai dengan platformnya, akan konten video Anda terlihat lebih profesional. Anda dapat melihat saran format video dengan melakukan beberapa riset terhadap beberapa platform.

5. Aktifkan Fitur Hanya Putar Otomatis untuk Koneksi WiFi 

Dengan mengaktifkan fitur ini, bisa dipastikan Anda telah peduli dengan users experience. Pasalnya, jika users hanya menggunakan jaringan 4G atau 3G, video Anda mungkin akan memberikan users experience yang buruk.  Ingat, Anda sudah mengganggu mereka dengan Facebook Ads. 

Di Facebook, Anda dapat memilih mengaktifkan fitur putar otomatis saat users terhubung dengan WiFi. Anda cukup centang kotak di samping “Hanya saat tersambung ke WiFi” ketika Anda mengedit pengaturan penempatan iklan di Facebook. 

Demikianlah ulasan mengenai langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa konten video yang Anda buat. Penting Anda ketahui, bahwa selalu pertimbangkan audiens/users Anda saat membuat iklan video di semua platform, ya. 

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan performa iklan video yang Anda buat. Jika Anda perlu bantuan profesional, PenulisKonten.id akan membantu Anda menemukan strategi untuk meningkatkan performa video Anda.

Silakan hubungi kami via email maupun WhatsApp, ya. (Riri)

0 komentar

Apa pendapat Anda?