6 Elemen Membangun Personal Branding Pemilik Bisnis

6 Elemen Membangun Personal Branding Pemilik Bisnis

PENULISKONTEN.ID - Membangun personal branding yang kuat bisa jadi merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis ke khalayak umum. 

Ketika berhasil membangun personal branding, maka secara otomatis pula, daya saing menjadi lebih kuat. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memosisikan diri sebagai seorang ahli kepada target audience dan target pasar Anda. 

Dengan demikian, trust pun akan kita dapatkan. 

Jika Anda masih terbilang baru di dunia bisnis, maka berikut merupakan 6 elemen dasar untuk difokuskan dalam membangun personal branding Anda.

Elemen Personal Branding 

1. Orisinalitas

Orisinalitas merupakan salah satu elemen paling penting dari melakukan personal branding. 

Tak termungkiri juga kalau menjaga orisinalitas ini bukan perkara yang mudah. Pasalnya, menjadi otentik atau asli berarti kita harus tahu siapa diri kita sendiri dan produk apa saja yang kita tawarkan. Ketika membranding produk berarti juga memuat substansi bisnis dan nilai-nilai merek. 

Untuk memastikan produk Anda bisa tampil secara otentik di lingkungan target pasar Anda, maka luangkan waktu untuk memperdalam pemahaman terhadap identitas target pasar dan tujuan penjualan. Fokuslah untuk memberi kualitas daripada kuantitas terhadap layanan Anda. 

2. Point of view

Sudut pandang memberikan kesan yang berbeda. Being standout di tengah keramaian adalah hal penting dalam upaya membangun personal branding.

Salah satu caranya adalah dengan memperlihatkan atau memperkenalkan point of view, atau sudut pandang, yang berbeda dengan pandangan umum. 

Pesan yang menonjol di dalam konten promosi kita bisa meningkatkan minat konsumen. 

So, kKetika membuat konten, cobalah untuk memperkuat pesan dan jangan sampai menuruti kecenderungan untuk menjadi mirip dengan pesaing produk. Kembangkan sudut pandang yang unik kepada target konsumen. 

Kalau berhasil, dijamin cara ini akan memberikan dampak luas terutama bagi bisnis Anda. 

3. Konsistensi

Salah satu bagian penting dari melakukan personal branding—terutama di dunia digital—ialah konsistensi.

Yes, konsistensi kerap diyakini sebagai kunci sukses untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai suatu brand. 

Postinglah konten-konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, tapi dikemas dengan feature yang tidak mudah kedaluwarsa. Bisa dibilang, berkutatlah dengan konten yang relevan sepanjang waktu. 

4. Storytelling

Siapa sih yang tak suka mendengarkan cerita?

And so, storytelling menjadi semacam kunci untuk menarik minat calon konsumen, sehingga hal ini pun menjadi salah satu aspek penting dalam membangun personal branding. 

Kenapa begitu? Jawabannya, karena pada dasarnya, orang-orang tidak membeli bisnis. Mereka membeli apa yang mereka sukai, yang bisa mereka percayai, yang dekat dengan kehidupan pribadi mereka, dan yang mereka butuhkan. So, jadilah dibutuhkan, dipercayai, dan disukai oleh konsumen. 

Bangunlah kedekatan emosional dengan pelanggan. Banyak ahli menjamin kalau berhasil memenuhi syarat itu, Anda pun bisa dengan mudah masuk ke berbagai kalangan target pasar. 

5. Keahlian

Satu hal penting lainnya dalam membranding produk, tidak hanya menjadi otentik dan memiliki sudut pandang berbeda saja, Anda pun harus merilis produk yang benar-benar terpercaya. 

Produk atau layanan yang bisa menjadi jaminan lantaran Anda memang ahli di bidangnya. Hal ini berkaitan dengan tujuan menjadi solusi dari masalah yang dimiliki orang pada umumnya, yang kemudian Anda sediakan solusinya melalui produk atau layanan yang Anda jual. 

Anda bisa berbagi keahlian Anda dengan follower akun media sosial Anda. Posisikan diri sebagai ahli atau sebagai orang yang mampu memberikan solusi. Bisa dalam bentuk apa pun, mulai dari blog, podcast, webinar, Q&A, atau sekadar analisis kritis. 

6. Networking

Kemudian hal penting lain dalam membangun personal branding ialah networking. Membangun koneksi dengan orang lain sama dengan membuka peluang bagi produk Anda untuk dikenal. 

Kunci untuk membangun networking yang kuat adalah fokus membangun hubungan dengan orang-orang yang dapat membuat perbedaan dalam karier kita. Berusahalah untuk selalu menciptakan situasi yang menyenangkan bagi semua orang, dan fokus lebih banyak memberi daripada menerima. 

Di samping itu, salah satu cara agar Anda bisa dengan mudah terhubung dengan orang-orang yang satu visi ialah dengan memulai grup jaringan sendiri. Di sini, kamu bisa berbagi banyak hal, termasuk peluang-peluang kerja sama atau penjualan produk baru. 


Nah, bagaimana? Siap untuk melejitkan personal branding Anda? Atau, Anda butuh bantuan untuk membuat strateginya? Butuh bantuan untuk membangun branding di media sosial?

PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?