Strategi Marketing Agar Sukses Menjalankan Bisnis Online di E-Commerce

5 Strategi Marketing Agar Sukses Menjalankan Bisnis Online di E-Commerce

PENULISKONTEN.ID - Bisnis online memang menjadi usaha yang cukup menjanjikan di era digital seperti saat ini. Cukup menggunakan internet dalam mempromosikannya, maka Anda sudah bisa menjangkau pembeli di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Hal ini terjadi karena tatap muka dengan pelanggan tidak diperlukan lagi dalam proses transaksi.

Akan tetapi, jika sebelumnya mempromosikan produk atau jasa secara offline cukup dengan cara berkomunikasi langsung menawarkan pada pelanggan, bisnis online lebih mengandalkan konten atau tulisan melalui media untuk menyampaikannya.

Pada kenyataannya memasarkan produk secara online memang tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan waktu jangka panjang dalam mengembangkannya, tidak bisa dilakukan secara instan.

Maka agar berhasil saat menjalankan bisnis online, dibutuhkan strategi marketing e-commerce untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penjualan online yang lebih terarah serta tepat sasaran.

Mengapa Strategi Marketing Penting untuk Bisnis Online?

Strategi marketing yang baik dapat memberikan bisnis online Anda menduduki urutan pertama dalam mesin pencarian produk yang dilakukan oleh pengguna internet. Saat ini ada sekitar 63% bisnis online yang baru merintis dari berbagai macam bidang usaha. Jika Anda salah satunya yang menerapkan strategi marketing, maka Anda bisa jadi lebih unggul dari yang lainnya.

Tetapi, untuk menjalankan strategi yang baik biasanya tergantung dari anggaran atau bujet yang disediakan, target audiens yang dipilih, produk atau pelayanan yang dijalankan, dan juga sumber daya manusia.

Nah, langsung saja simak di bawah ini beberapa strategi bisnis online yang bisa Anda gunakan untuk bisnis online Anda.


Strategi Marketing untuk Bisnis Online

Blogging untuk Meningkatkan Traffic

Blogging merupakan salah satu cara strategi paling efektif yang bisa Anda gunakan untuk membantu meningkatkan traffic dari hasil pencarian. 

Ada banyak pebisnis online yang berusaha memaksimalkan penjualan tanpa menggunakan strategi corporate blogging. Padahal, blog menjadi salah satu cara yang mampu meningkatkan traffic ke situs toko online Anda dan berpeluang besar meningkatkan grafik penjualan.

Anda bisa memanfaatkan strategi blogging ini dengan membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang tepat. Buatlah tulisan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan atau menghibur mereka sehingga tertarik untuk berlama-lama dalam blog tersebut. Nantinya, konten ini dapat menggiring banyak calon konsumen untuk membeli produk atau jasa Anda.

Strategi ini salah satunya banyak diterapkan pada bisnis online yang menjual produk kecantikan. Konten yang dibuat biasanya bersifat informatif atau berbentuk sebuah review yang menjelaskan produk mereka secara detail. Sebab itu, pastikan konten yang Anda buat menarik, unik, dan tidak membosankan.

Selain itu, buatlah artikel yang cukup panjang agar lebih informatif, dan terutama, hindari copy-paste artikel milik orang lain. Gunakan sinonim-sinonim sehingga tidak menggunakan kata yang sama berulang kali.

Gunakan Video Produk

Video produk merupakan media yang penting digunakan sebagai alat pemasaran berkelanjutan, mengingat saat ini banyak orang yang lebih tertarik dengan gambar daripada tulisan. Tentunya video produk akan sangat mendukung perkembangan bisnis online Anda.

Ada berbagai macam jenis video produk yang bisa Anda gunakan, yaitu video perkenalan perusahaan, review produk, hingga testimoni pelanggan. Tujuannya agar calon pembeli dapat mengenal bisnis Anda sekaligus membangun kepercayaan.

Video produk ini nantinya bisa Anda sisipkan di website bisnis pada homepage, landing page, sales page, postingan blog tertentu, dan di katalog produk Anda. Anda juga bisa menambahkan video ini saat mengirim email pada customer dan menambahkannya pada sosial media bisnis online Anda.

Gunakan Newsletter

Menggunakan newsletter dalam strategi bisnis online dapat mendorong peningkatan traffic website. Misalnya saat pengunjung mengunjungi suatu halaman, maka akan muncul newsletter sign up yang berisi penawaran diskon menarik dengan mengisi alamat email atau melakukan email subscribe. 

Nantinya email yang diterima berisi pop up yang berfungsi untuk mengajak pengunjung kembali mengunjungi website dan membeli produk.

Berdasarkan data tahun 2019, ada 3,9 miliar orang yang melakukan kegiatan komunikasi menggunakan email, dan diperkirakan akan mencapai hingga 4,3 milyar di tahun 2023. Maka, dengan memanfaatkan strategi newsletter melalui email sangat efektif untuk beberapa tahun ke depan.

Untuk mendapatkan potensi keberhasilan dengan persentase tinggi, Anda harus konsisten untuk mengirimkan email kepada para subscriber. Cara ini juga bisa dimanfaatkan sebagai big data atau email list dalam menunjang kesuksesan bisnis online Anda di e-commerce secara berkelanjutan.

Memasang AdWords Remarketing

Strategi AdWords Remarketing diklaim ampuh dalam meningkatkan konversi penjualan produk bisnis online. Remarketing ini merupakan salah satu fitur advanced di AdWords untuk Google Display Network.

Fitur remarketing ini bekerja dengan cara menampilan iklan Google AdWords kepada  para pengunjung yang pernah membuka website bisnis online Anda. Nantinya iklan bisnis online Anda akan muncul saat pelanggan mengunjungi blog atau website yang memasang script Google Adsense. 

Nah, disitulah fungsi remarketing bekerja untuk mengingatkan kembali terhadap produk bisnis online Anda kepada pengunjung sebelumnya.

Misalnya saja, saat Anda sedang membuka situs berita online, muncul banner Traveloka hampir pada semua halaman dari situs berita yang sedang Anda kunjungi. Hal ini terjadi karena Anda sebelumnya telah atau pernah mengunjungi situs Traveloka. Prinsipnya, komputer telah menyimpan histori atau riwayat kunjungan yang dilakukan sebelumnya. Hal ini efektif dilakukan agar produk bisnis online A ndamuncul pada pengunjung saat mereka berada di laman atau situs lain.  


Nah, itu dia beberapa strategi marketing untuk bisnis online.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat strategi marketing bisnis, PenulisKonten.id dapat membantu Anda untuk hal-hal yang terkait dengan digital marketing, social media marketing, dan branding.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?