13 Cara Mengembangkan Usaha Kecil dengan Biaya Murah

13 Cara Mengembangkan Usaha Kecil dengan Biaya Murah

PENULISKONTEN.ID - Bisa memiliki usaha sendiri merupakan impian semua orang. Namun, hal ini tidaklah mudah dilakukan. Tapi, kita selalu bisa memulai dari menumbuhkan usaha kecil terlebih dahulu. 

Terkendala modal untuk bisa menumbuhkan usaha kecil Anda? Well, ada kok cara murah untuk menumbuhkan usaha kecil tersebut dengan mudah dan juga aman.

Hanya saja, memang tidak ada cara yang instan. Anda harus melakukannya dengan rajin, konsisten dan terus belajar agar usaha yang dilakukan dapat berkembang dengan baik. Anda bisa melakukan hal ini secara mandiri atau dengan memanfaatkan tim kecil. Akan butuh keterampilan dan keahlian tertentu untuk melakukan hal ini, tetapi yakin, Anda pasti bisa.

Apa sajakah cara tersebut? Mari kita lihat satu per satu


Cara Mengembangkan Usaha Kecil dengan Biaya Murah

1. Produksi Konten

Cara murah untuk menumbuhkan usaha kecil yang pertama adalah dengan memproduksi konten. Cara ini bahkan tidak memiliki biaya “zero cost”, bahkan sebaliknya konten yang dibuat bisa dijual kepada pihak lain yang membutuhkan.

Tapi, masalahnya, konten yang seperti apa? Tidak semua jenis konten serta merta bisa menumbuhkan usaha dengan efektif.

Yes, fokuslah pada membuat konten yang mendukung produk atau jasa Anda. Hal ini dapat meningkatkan jumlah follower untuk waktu yang cukup singkat dan memungkinkan untuk pengikut tersebut menjadi pembeli produk Anda sehingga menjadi pendapatan bagi usaha kecil Anda.

2. Social Media Marketing yang Ditargetkan

Cara yang kedua adalah menggunakan pemasaran melalui media sosial dengan target tertentu. 

Memang, memperoleh follower yang akan langsung menyukai produk dan jasa Anda tidaklah mudah. Bahkan meskipun Anda telah menerapkan teknik pemasaran internet yang terbaik sekalipun.

Namun, dengan menargetkan user tertentu pada media sosial seperti Facebook grup atau Instagram akan mempercepat tumbuhnya sekelompok pelanggan yang akan menyukai atau setidaknya mendukung usahamu. Hal ini kemudian akan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

3. Membuat Produk Terbaik

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis produk maupun jasa. Dengan cara memberikan produk dan layanan jasa terbaik, Anda bisa memenangkan hati para pembeli dengan mudah. Ketika mereka senang, maka produk Anda akan direkomendasikan kepada orang lain dari mulut ke mulut atau melalui review online.

Jika hal ini terus di-maintenance dengan baik, maka usaha kecil Anda dapat berkembang dengan pesat. Hanya saja syarat utamanya adalah miliki layanan ataupun produk dengan kualitas terbaik agar para pelanggan selalu puas dengan produk usaha Anda.

4. SEO

Cara murah untuk menumbuhkan usaha kecil yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO). 

SEO ini biasa dipakai agar website berada di puncak tertinggi untuk pencarian kata kunci tertentu. Namun, memperoleh hal ini tidak mudah karena butuh usaha, rencana, dan strategi SEO yang baik.

Jika Anda dapat melakukan hal ini dengan baik, maka pemasaran produk secara online akan semakin mudah dilakukan. Selain itu, peluang untuk memperoleh pelanggan baru juga sangat besar.

5. Public Speaking

Memiliki kemampuan public speaking yang baik juga bisa menjadi cara murah dalam mengembangkan usaha kecil milik Anda. Karena melalui konferensi, dengan menjadi pembicara event, seminar ataupun webinar bisa menjadi ajang untuk mengenalkan diri Anda dengan orang lain yang bisa menjadi rekan bisnis nantinya.

Dengan banyak sharing pengalaman dan ilmu, Anda juga akan semakin dikenal sebagai ahli untuk bidang tertentu--yang pastinya dapat mendukung bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

6. Menyewa Jasa Freelancer

Kebanyakan orang berpikir bahwa menyewa freelancer itu tidak penting karena bisa dikerjakan sendiri. 

Namun, dengan memakai jasa freelancer ahli--misalnya dengan penulis konten--dengan bujet tertentu Anda bisa fokus melakukan hal lain yang lebih penting untuk meningkatkan bisnis milik Anda. Seperti jika Anda bekerja sama dengan PenulisKonten.id. Anda dapat fokus pada pengembangan usaha kecil Anda, sedangkan untuk urusan konten dan strategi digital marketing bisa Anda serahkan pada PenulisKonten.id.

7. Memiliki Proses Penagihan yang Lebih Cepat

Kebanyakan perusahaan memiliki banyak uang dalam bentuk piutang, sehingga pembayaran baik fisik dan digital bisa jadi akan terhambat. 

Anda bisa menghindari hal ini dengan mengirimkan berbagai faktur setelah melakukan transaksi. Cara ini akan menghindarkan diri Anda dari masalah kemacetan arus kas.

8. Referensi Pelanggan

Pemasaran mouth to mouth merupakan cara yang paling efektif baik dari segi biayanya yang murah dan dapat membangun kepercayaan dengan baik.

Anda bisa melakukan ini dengan membuat produk dan layanan terbaik sambil memberikan diskon, poin belanja, thank you notes, merchandise, dan lainnya. Cara ini akan membuat pelanggan untuk merekomendasikan usaha Anda dengan cepat.

9. Blog

Cara lainnya adalah dengan membuat blog. Dalam blog, Anda bisa memberikan berbagai artikel tip yang bermanfaat untuk pelanggan Anda.

Blog bisa Anda buat baik secara gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, biayanya juga ada yang sangat terjangkau. 

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah adalah bangun blog dengan sungguh-sungguh, dan terapkan teknik SEO dengan benar. Anda juga bisa melakukan promosi brand dan usaha yang dimiliki melalui blog tersebut.

10. Program Afiliasi

Cara murah untuk menumbuhkan usaha kecil selanjutnya adalah dengan program afiliasi. 

Coba pikirkan model dan strategi afiliasi yang memungkinkanmu untuk menambah jangkauan penjualan. Anda bisa mempertimbangkan bekerja sama dengan situs ataupun blog lain yang sudah established lebih dulu dan sudah settled.

Hal ini tidak hanya menghemat waktu dan uang tapi juga tenaga, sehingga Anda dapat melakukan strategi pemasaran lainnya.

11. Penulis Tamu

Cara lainnya adalah dengan menjadi penulis tamu di situs atau blog lain. 

Menjadi penulis tamu tidak hanya akan mempromosikan diri Anda, tapi juga bisnis yang Anda jalankan. Saat pembaca tertarik dan mencari nama Anda di mesin pencari maka bisnis yang dilakukan juga akan muncul di search engine tersebut.

12. Penjualan Melalui Email

Cara murah untuk menumbuhkan usaha kecil lainnya dengan melalui email. 

Anda bisa memberikan penawaran, promosi produk, iklan dan lainnya melalui email kepada calon pelanggan yang ideal. Cara ini telah lama digunakan dan diyakini masih efektif untuk saat ini.

13. Menjual Produk pada Pelanggan Lama

Cara yang terakhir adalah dengan fokus pada pelanggan setia Anda. 

Setiap produk yang baru dirilis bisa Anda tawarkan kepada pelanggan sebelumnya. Cara ini tidak hanya menghemat biaya pemasaran tapi juga meningkatkan kepercayaan pelanggan karena mereka merasa diperlakukan dengan spesial.

Demikian 13 cara menumbuhkan usaha kecil dengan biaya murah yang dapat Anda lakukan.

Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk menumbuhkan usaha kecil yang saat ini sedang Anda jalani? PenulisKonten.id dapat membantu Anda untuk hal-hal yang terkait dengan digital marketing, social media marketing, dan branding.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.


0 komentar

Apa pendapat Anda?