Mengapa Sosial Media Marketing Organik Itu Penting?



PENULISKONTEN.ID - Sosial media merupakan platform yang banyak digunakan oleh para marketer untuk melakukan pemasaran. Mereka paham bahwa sosial media memiliki peluang yang besar untuk menjual produk dengan lebih efektif, sedangkan biaya marketing yang digunakan jauh lebih sedikit. Sebab itu, sosial media marketing tetaplah penting bagi entitas bisnis mana pun.

Di samping itu, kegiatan marketing yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan reach organik di mana pembeli akan mengunjungi akun sosial media Anda berdasarkan keinginan pribadinya. Hal ini bisa Anda lakukan walaupun butuh usaha ekstra. Memang dibutuhkan investasi besar dari waktu dan dana untuk membangun image yang baik di sosial media. 

Nah, ada beberapa alasan mengapa Anda harus berinvestasi untuk memperoleh pencarian organik di sosial media, yaitu:

  • Setiap biaya yang dikeluarkan dapat Anda gunakan secara efektif. Selain itu, setiap update feed bisa dikemas dengan strategi marketing yang berbeda-beda bergantung kepada keadaan pasar sehingga marketing di sosial media lebih fleksibel.
  • Lebih mudah diperhatikan oleh user lainnya. Hampir seluruh pengguna smartphone memiliki sosial media, jadi bisnis Anda memiliki peluang yang tinggi untuk dilirik. Selain itu, jika Anda bisa membuat akun bisnis yang ramah kepada pembeli maka brand yang dimiliki dapat dibangun di mata user dengan lebih baik.
  • Bisa memakai iklan. Sosial media marketing biasanya menggunakan layanan iklan yang bisa Anda lihat dan gunakan baik itu di Instagram, Facebook dan lainnya. Buatlah iklan semenarik mungkin, lalu bangun profil bisnis di akun Anda dengan baik sehingga calon pembeli semakin tertarik akan produk yang ditawarkan.
  • Bebas berkreasi. Sosial media tidak pernah menghalangi kreativitas penggunanya. Anda bisa memakai berbagai cara kreatif untuk menarik user lainnya seperti memakai video, gambar yang lucu dan unik, membuat event, giveaway, promo dan lainnya.
  • Bisa dijadikan sebagai forum untuk pelanggan. Sosial media marketing juga memanfaatkan setiap platform yang ada sebagai tempat untuk mendengar dan merespon setiap keluhan dari customer. Pastikan sosial media yang dimiliki selalu update, karena hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda selalu aktif sehingga perkembangannya mudah dipantau para pengguna.
  • Bisa membangun komunitas yang lebih efektif. Sosial media juga bisa digunakan untuk membagun komunitas bisnis Anda. Pada awalnya, user tidak akan tahu akan bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Namun, lambat laun satu persatu user akan muncul. Saat mereka suka terhadap produk Anda, maka ia akan merekomendasikan dan memantau setiap update di akun milik Anda. Hal ini kemudian akan merambah ke pengguna lainnya dan pada akhirnya akan hadir komunitas yang suka dan proaktif akan bisnis dan produk yang Anda tawarkan dengan sendirinya.
  • Mendongkrak SEO. Sosial media marketing pasti selalu memakai website dan media sosial sebagai bagian dari SEO Off-Page. Karena postingan yang ditautkan di media sosial akan menarik user untuk melihat situs tersebut. Hal ini kemudian akan meningkatkan trafik website dan jika dilakukan terus menerus dengan baik maka skor SEO situs akan meningkat dan akhirnya menempatkan website pada halaman pertama di mesin pencari.

Setelah Anda mengetahui mengapa berinvestasi di sosial media itu penting. Maka sekarang Anda harus tahu bagaimana membangun akun sosial media yang kuat dan baik sehingga dapat menarik user untuk mengunjungi akun Anda secara organik. 

Terdapat tujuh cara yang bisa digunakan, yaitu:

1. Kembangkan Strategi Sosial yang Kuat

Sosial media marketing harus membangun akun bisnis dengan perencanaan yang baik. Anda harus membuat daftar hal yang penting untuk membangun strategi brand sosial media yang baik. Adapun daftar tersebut adalah:

  • Seberapa sering membuat postingan?
  • Seberapa sering menulis update? Setidaknya dilakukan sekali dalam seminggu.
  • Bagaimana Anda menampilkan sisi kemanusiaan dari bisnis Anda? Apakah dari video, project berikutnya dan lainnya?
  • Berapa sering Anda promosikan brand setiap update? Sebagian besar orang akan menerapkan 80/20. Dimana 80 tidak berhubungan dengan brand dan 20 untuk promosi brand milik Anda.
  • Berapa sering Anda update berupa video, gambar ataupun artikel?
  • Hashtag apa yang akan digunakan?
  • Apakah Anda menggunakan waktu liburan atau musim tertentu untuk melakukan promosi?

Tentunya terdapat hal lainnya yang harus diperhatikan. Namun, Anda harus mempertimbangkan hal ini dengan baik untuk membangun brand dengan baik dan elegan.

2. Share Cerita Anda

Untuk membangun akun sosial media yang hidup, Anda dapat memberikan cerita di balik bisnis Anda. 

Anda bisa melakukannya melalui orang-orang yang ada di balik bisnis yang dibangun, project apa yang sudah dan akan dikerjakan serta passion selama menggeluti usaha tersebut.

3. Ikut Sertakan Fans Anda

Cara sederhana untuk mendorong pengikut untuk mengikuti Anda adalah dengan melibatkan mereka. Caranya adalah dengan tanggapi pendapat mereka, minta pendapat mereka, repost atau retweet dan lainnya. Tunjukkan perhatian Anda kepada para pengikut karena hal ini akan meningkatkan loyalitas follower tersebut.

4. Gunakan Video dan Foto

Sosial media marketing juga sebaiknya menggunakan foto dan video. Dua media ini dapat memperkaya konten sosial media Anda sekaligus menarik perhatian para follower untuk memperhatikan setiap update yang dilakukan.

5. Berinteraksi Sesering Mungkin

Melakukan interaksi secara berkala merupakan langkah yang baik. Anda bisa melakukannya dengan update postingan, menyampaikan pertanyaan di story, menggunakan IG live dan lainnya.

6. Ikut dalam Percakapan

Sosial media marketing yang baik juga harus ikut serta dalam perbincangan terkini yang ada di sosial media. Dengan memberikan komentar atau reaksi akan event tersebut baik secara langsung dengan hashtag atau tidak maka Anda telah ikut serta dan aktif akan isu-isu terkini.

7. Integrasikan Akun Tersebut dengan Praktik SEO Terbaik

Cara terakhir adalah dengan menerapkan SEO untuk meningkatkan image brand milik Anda. Gunakan link yang ada di blog atau website bisnis Anda dengan akun sosial media yang dimiliki. Cara ini akan meningkatkan SEO dan menaikkan image brand di mata para pengikut Anda.


Anda membutuhkan bantuan untuk membangun personal branding Anda atau bisnis Anda di media sosial? PenulisKonten.id dapat membantu Anda menyediakan berbagai konten yang akan mendukung upaya Anda ini.

Silakan email kami, ataupun menghubungi kami via WhatsApp.

0 komentar

Apa pendapat Anda?